Melanjutkan Pendidikan di City University of Hong Kong

Info Beasiswa, 25 Okt 2022

Ingin melanjutkan studi di Hong Kong? City University of Hong Kong bisa menjadi salah satu pilihan destinasi studi yang bisa dipertimbangkan. Sejak berdiri pada tahun 1984, City University of Hong Kong adalah salah satu perguruan tinggi muda di Hong Kong yang secara konsisten mempertahankan kualitas pendidikan hingga dapat terus bertahan dalam daftar 100 perguruan tinggi terbaik dunia. Berdasarkan daftar terbaru yang dirilis oleh QS World University Ranking, City University of Hong Kong kini berada di peringkat 54 perguruan tinggi terbaik dunia. Universitas berorientasi riset ini memiliki spesialisasi khusus di bidang one health, smart city dan digital society, untuk menjawab berbagai tantangan perubahan sosio-ekonomi dan teknologi modern. Berikut adalah beberapa info penting mengenai City University of Hong Kong yang penting untuk diketahui. 

Tentang City University of Hong Kong

Universitas yang berlokasi di Kowloon, salah satu area yang menjadi pusat kebudayaan, perbelanjaan dan hiburan di Hong Kong ini, merupakan universitas pertama dan satu-satunya di Hong Kong yang membuka jurusan kedokteran hewan (veterinary college). Menariknya lagi, jurusan kedokteran hewan di City University of Hong Kong dibuka dengan bekerjasama dengan Cornell University, salah satu perguruan tinggi terbaik di Amerika Serikat yang sekaligus juga merupakan perintis di bidang kedokteran hewan.

Jurusan di City University of Hong Kong

City University of Hong Kong membuka berbagai pilihan program dan jurusan untuk seluruh jenjang pendidikan di berbagai bidang studi, antara lain business, liberal arts and social sciences, veterinary medicine and life sciences, data science, law, engineering, science, creative media serta energy and environment.

Persyaratan Umum 

Beberapa persyaratan umum yang dibutuhkan untuk mendaftar di City University of Hong Kong antara lain:

Untuk calon mahasiswa S-1:

  • Memiliki ijazah SMA dan/atau General Certificate of Education (GCE) System (GCEAL/IAL and GCSE)/IB Diploma. Untuk IB Diploma diperlukan nilai minimal 30
  • Memiliki skor bahasa Inggris IELTS minimal 6.5 atau TOEFL IBT minimal 79 atau skor PTE minimal 62
  • Pendaftaran untuk jenjang S1 umumnya dibuka pada bulan September – Januari setiap tahunnya
Untuk calon mahasiswa S-2 (taught postgraduate degree
  1. Memiliki ijazah sarjana yang diakui
  2. Memiliki skor bahasa Inggris IELTS minimal 6.5 atau TOEFL IBT minimal 79
  3. Pendaftaran untuk jenjang S2 umumnya dibuka pada bulan November setiap tahunnya dengan batas waktu pendaftaran yang berbeda-beda sesuai dengan program tujuan studi masing-masing
Untuk calon mahasiswa research (MPhil dan PhD)
  • Memiliki ijazah sarjana yang diakui (untuk MPhil) dan ijazah Master yang diakui (untuk PhD)
  • Memiliki skor bahasa Inggris IELTS minimal 6.5 atau TOEFL IBT minimal 79
  • Memiliki pengalaman kerja yang relevan
  • Pendaftaran untuk program ini umumnya sepanjang tahun dengan batas waktu pendaftaran tanggal 1 Desember setiap tahunnya (aplikasi yang diterima setelah batas waktu pendaftaran akan dipertimbangkan dengan melihat ketersediaan tempat di universitas)

Sebagai catatan, program studi bisa memiliki persyaratan khusus lain yang diperlukan untuk mendaftar di program tujuan masing-masing. Informasi lengkap tentang persyaratan khusus dapat dilihat di website resmi masing-masing program studi di City University of Hong Kong. 

     Baca juga: 5 Beasiswa S1 Hong Kong yang Wajib Kamu Coba!

Program Beasiswa di City University of Hong Kong

City University of Hong Kong juga menawarkan berbagai program beasiswa yang dapat dicoba oleh pelajar internasional baik di tingkat S1, S2 maupun S3. Beberapa program beasiswa tersebut antara lain:

  1.     Entrance Scholarship Scheme, yang merupakan beasiswa fully funded dan partially funded yang ditawarkan kepada pelajar internasional tingkat S-1 penuh waktu di City University of Hong Kong. Beasiswa ini diberikan berdasarkan prestasi akademik yang dicapai setiap tahunnya dan untuk mempertahankan beasiswa ini, pelajar diharuskan untuk mempertahankan CGPA minimal 3.4 selama masa studi. Beasiswa ini mencakup biaya kuliah, biaya akomodasi dan biaya hidup (untuk beasiswa top scholarships), pembebasan biaya kuliah sepenuhnya (untuk beasiswa full tuition scholarship) dan pembebasan separuh biaya kuliah (untuk beasiswa half tuition scholarship).
  2. Belt and Road Scholarship, yang merupakan program beasiswa fully funded yang ditawarkan oleh Pemerintah Hong Kong kepada pelajar internasional (termasuk dari Indonesia) baik di tingkat S-1, S-2 maupun S3 yang berminat melanjutkan studi di Hongkong.  
  3. Hong Kong PhD Fellowship Scheme, yang merupakan program beasiswa fully funded yang ditawarkan oleh Pemerintah Hong Kong kepada pelajar internasional yang berminat melanjutkan program PhD di Hong Kong. Beasiswa ini mencakup biaya kuliah, biaya akomodasi di tahun pertama, uang saku bulanan sebanyak HK$27,100 selama maksimal 4 tahun masa studi dan biaya perjalanan untuk keperluan riset HK$13,600 selama maksimal 3 tahun masa studi.

           Baca Juga: Persiapan Bahasa Mandarin untuk Kuliah di Hong Kong

Siap Mendaftar Beasiswa Impianmu?

Masih ragu atau sudah yakin bisa menaklukkan beasiswa incaran kamu? Konsultasikan keraguan kamu kepada konsultan experts Schoters

Ingin mendapatkan program bimbingan persiapan beasiswa yang paling tepat untuk kamu? Dapatkan program terbaik di sini.

kuliah sastra jepang