5 Beasiswa S1 Hong Kong yang Wajib Kamu Coba!

Info Beasiswa, 23 Sep 2022

Selain Korea Selatan dan Jepang, Hong Kong bisa menjadi salah satu alternatif tujuan menarik pelajar internasional yang ingin menempuh pendidikan lebih lanjut. Kota yang terkenal dengan percampuran budaya Barat dan Timur di setiap sudutnya merupakan rumah dari beberapa perguruan tinggi terbaik di dunia yang secara konsisten menduduki peringkat 100 besar dunia berdasarkan penilaian yang dilakukan oleh Times Higher Education, termasuk di antaranya  University of Hong Kong (peringkat 30 dunia), Chinese University of Hong Kong (peringkat 49 dunia) dan The Hong Kong University of Science and Technology (peringkat 66 dunia).

Kualitas perguruan tinggi yang baik juga dibarengi dengan berbagai kesempatan yang terbuka lebar bagi pelajar internasional yang belajar di sana mengingat status Hong Kong sebagai pusat keuangan internasional atau The SIllicon Valley of Asia. Belajar di Hong Kong bisa menjadi kesempatan berharga untuk membangun jaringan professional yang tidak bisa ditemukan di tempat lain.  

Daftar Beasiswa Hong Kong Kendala Bahasa?

Worry not, Hong Kong juga menawarkan beragam pilihan jurusan yang menggunakan Bahasa Inggris sebagai bahasa pengantar utama – tentu saja, sambil tetap memberikan kesempatan kepada pelajar internasional untuk lebih terbiasa menggunakan Bahasa Mandarin dan Bahasa Kanton yang umumnya digunakan dalam kehidupan sehari-hari di Hong Kong. Selain itu, lokasi Hong Kong yang strategis dan reputasinya sebagai salah satu kota teraman di dunia membuat Hong Kong layak dinobatkan menjadi salah satu tujuan studi terfavorit untuk pendidikan tinggi.

          Baca Juga: Persiapan Bahasa Mandarin untuk Kuliah di Hong Kong

Yang paling menarik adalah perguruan tinggi di Hong Kong juga menawarkan berbagai kesempatan beasiswa yang bisa dicoba oleh pelajar internasional yang tertarik untuk melanjutkan pendidikan di Hong Kong, termasuk beasiswa untuk calon mahasiswa S1. Beberapa beasiswa yang dapat dicoba untuk jenjang Sarjana di Hong Kong antara lain:

Beasiswa S1 di Hong Kong University

Hong Kong University menawarkan berbagai jenis beasiswa untuk pelajar internasional di tingkat S1. Salah satunya adalah HKU Belt and Road Scholarship yang ditawarkan kepada pelajar internasional dari negara-negara seperti Indonesia, Thailand, Malaysia, Myanmar dan negara lainnya. Penerima beasiswa ini akan mendapatkan beasiswa masuk senilai uang kuliah yang dibutuhkan selama periode studi atau lebih. Untuk mendapatkan beasiswa ini, calon pelajar internasional diminta untuk menyiapkan beberapa dokumen yang diperlukan seperti essay, CV dan dokumen pendukung lainnya yang relevan. Pendaftaran untuk HKU Belt and Road Scholarship biasanya ditutup pada bulan Februari setiap tahunnya.

Hong Kong University juga menawarkan beasiswa HKU Foundation Scholarships for GCE A-Level and International Advanced Level Qualified Students bagi pelajar internasional yang sudah mendapatkan skor 5A untuk GCE-A Level atau kualifikasi International A-Level yang akan menempuh pendidikan Sarjana di Hong Kong University selama 1 tahun akademik (September-Agustus). Penerima beasiswa akan mendapatkan pembebasan biaya kuliah penuh selama belajar di universitas.  

Beasiswa S1 di Hong Kong Baptist University

Sama seperti Hong Kong University, Hong Kong Baptist University juga menawarkan beasiswa bagi pelajar S1 yang ingin berkuliah di universitas tersebut. Salah satunya adalah Admission Scholarship Scheme for Overseas Applicants yang memberikan beberapa jenis beasiswa kepada pelajar internasional yang akan belajar di sana untuk seluruh bidang studi, termasuk di antaranya Full Scholarship sebesar HK$ 195.000, Tuition Waive Scholarship sebesar HK$ 145.000 dan Half Scholarship sebesar HK$ 97.500 (angka beasiswa untuk penerimaan tahun 2022). Calon penerima beasiswa akan secara langsung ditentukan oleh universitas saat proses seleksi masuk universitas. 

Pendaftaran untuk jurusan S1 di Hong Kong Baptist University dibuka dalam beberapa tahapan antara lain :

  • Pendaftaran Periode Awal (Early Round Application) : Sekitar bulan Oktober
  • Penutupan Periode Awal : Sekitar bulan November
  • Pendaftaran Periode Utama (Early Round Application) : Sekitar bulan Desember
  • Penutupan Periode Awal : Sekitar bulan Januari
  • Pendaftaran Periode Tambahan (Extended Round Application) : Sekitar bulan Februari
  • Penutupan Periode Awal : Sekitar bulan Mei

Beasiswa S1 di The Education University ofHong Kong

Calon mahasiswa S1 yang ingin belajar di The Education University of Hong Kong dapat mencoba melamar beasiswa EduHK Entransce Scholarship for Non-Local Students dengan skema full scholarship sebesar HK$ 185.000 (dapat diperbaharui setiap tahun akademik), tuition scholarship sebesar HK$ 140.000 (dapat diperbaharui setiap tahun akademik) dan half-tuition scholarship sebesar HK$ 70.000 (dapat diperbaharui setiap tahun akademik. Calon mahasiswa S1 yang berhak menerima beasiswa ini akan dipilih langsung oleh universitas saat proses seleksi masuk jurusan.

Pendaftaran untuk jurusan S1 di The Education University of Hong Kong dibuka dalam beberapa tahapan sebagai berikut :

  • Pembukaan Pendaftaran Periode I : Sekitar bulan September
  • Wawancara Calon Mahasiswa S1 Tahap I : Akhir bulan Desember   
  • Pembukaan Pendaftaran Periode II : Sekitar bulan Desember – Februari
  • Wawancara Calon Mahasiswa S1 Tahap II : Sekitar bulan Februari
  • Pembukaan Pendaftaran Periode III : Sekitar bulan Februari - April
  • Wawancara Calon Mahasiswa S1 Tahap III : Pertengahan April – Awal Mei
  • Pembukaan Pendaftaran Periode Akhir (hanya dibuka tergantung ketersediaan kuota pada masing-masing jurusan) : Sekitar bulan April - Mei

cara lolos beasiswa s1 hongkong

Admission Scholarship di Chinese University of Hong Kong (CUHK)

CUHK juga menawarkan beasiswa kepada pelajar internasional tingkat S1 dengan nilai beasiswa yang bervariasi dari HK$ 5.000, pembebasan biaya kuliah seluruhnya sampai tambahan biaya hidup hingga HK$ 45.000 per tahunnya. Penerima beasiswa akan ditentukan langsung oleh universitas berdasarkan prestasi akademik dan non-akademik calon pelajar yang melamar masuk ke CUHK. Selain itu, prestasi akademik ini juga akan mempengaruhi periode beasiswa bagi mahasiswa yang bersangkutan.  

Deadline pendaftaran jurusan S1 di CUHK adalah sebagai berikut :

  • Deadline pendaftaraan untuk Advance Offer: 17 November setiap tahunnya
  • Pengumuman penerimaan untuk Advance Offer: Sekitar pertengahan Januari
  • Deadline pendaftaran untuk periode regular: Sekitar bulan Januari
  • Pengumuman penerimaan untuk periode regular: Sekitar bulan Februari – Mei

          Baca Juga: 20 List Pertanyaan Beasiswa yang Sering Ditanyakan

Skema Pendaftaran Beasiswa di City University of Hong Kong

City University of Hong Kong juga menawarkan beasiswa bagi pelajar internasional tingkat S1 berdasarkan prestasi akademik melalui beberapa skema sebagai berikut :

  • Top Scholarship senilai USD 23.500, yang mencakup biaya kuliah, biaya on-campus accommodation dan biaya hidup selama menempuh studi S1
  • Full Tuition Scholarship yang mencakup pembebasan biaya kuliah sepenuhnya (bernilai kurang lebih USD 18.500)
  • Half Tuition Scholarship, yang mencakup pembebasan separuh biaya kuliah (bernilai kurang lebih USD 9.250)

Sejak tahun akademik 2022-2023, penerima beasiswa ini diharuskan untuk mempertahankan nilai IPK minimal 3.4 atau lebih setiap tahun selama periode studi untuk mempertahankan beasiswa yang diterima. Periode pendaftaran dibuka dari bulan September dan ditutup di bulan November (untuk periode awal) dan Januari (untuk periode biasa).

Mau Lolos Beasiswa S1 Hong Kong?

Apakah kamu sudah siap mendaftar salah satu dari 5 beasiswa tersebut? Apabila kamu butuh bantuan, Schoters bisa membimbing kamu untuk mencapai tujuanmu meraih beasiswa di Hong Kong.

Tertarik? Yuk langsung chat -> di sini

Pengan cari tau program yang cocok buat kamu? Bisa cek langsung ke sini -> Layanan Schoters

Selamat mencoba!

bimbingan beasiswa s1 hong kong