Mengenal Curtin University Singapore Lebih Dalam

Kalau kamu tertarik mencicipi pendidikan tinggi kelas dunia di lokasi yang lebih dekat dengan Indonesia, kamu bisa mempertimbangkan Curtin University Singapore, salah satu cabang resmi yang dibuka oleh Curtin University – universitas global Australia berorientasi riset yang memiliki kampus utama di Perth, Western Australia.

Lalu, apa saja kelebihan yang bisa didapatkan ketika kamu melanjutkan pendidikan tinggi di Curtin University Singapore? Simak informasi lengkapnya di bawah ini.

Informasi umum Curtin University Singapore

Secara umum, Curtin University Singapore adalah salah satu cabang Curtin University di Australia yang memiliki kesamaan kurikulum, materi, dan kualitas pendidikan. Curtin University Singapore sendiri berlokasi sekitar 15 (lima belas) menit dari Central Business District (CBD) Singapura sehingga mahasiswa bisa mendapatkan berbagai fasilitas yang membuat kegiatan belajar mengajar menjadi lebih produktif.

Beberapa fasilitas menarik yang dimiliki Curtin University Singapore, antara lain, student lounges, perpustakaan, wireless internet yang tersebar di seluruh kampus dan banyak laboratorium komputer untuk membantu mahasiswa saat menempuh pendidikan.

Curtin University Singapore saat ini berhasil menduduki peringkat 193 dalam daftar perguruan tinggi terbaik dunia versia QS 2023, sekaligus juga bertahan dalam deretan 1% perguruan tinggi global terbaik dunia versi Academic Ranking of World Universities (ARWU) 2022. Selain itu, universitas ini juga berhasil mendapatkan peringkat ke-17 terbaik dalam daftar universitas muda berusia kurang dari 50 tahun dalam daftar QS 50 Under 50 pada 2021.

Lebih lanjut, Curtin University Singapore juga memiliki program studi andalan yang merupakan program studi terbaik di dunia. Beberapa di antaranya adalah sebagai berikut:

  1. Program studi Mineral and Mining Engineering yang merupakan program studi nomor 2 terbaik di dunia pada bidang yang sama berdasarkan daftar QS World University Rankings by Subject 2021.
  2. Program studi Arsitektur masuk ke dalam 25 program studi Arsitektur terbaik di dunia berdasarkan University Ranking by Academic Performance (URAP) pada tahun 2019 – 2020.
  3. Program studi Hospitality and Tourism Management yang masuk dalam 50 program studi terbaik untuk bidang yang sama berdasarkan Shanghai Ranking.
  4. Program studi Nursing yang masuk dalam daftar 11 program studi terbaik untuk bidang yang sama berdasarkan QS World University Rangking by Subject pada tahun 2021.

 

Selain program studi yang berkualitas, salah satu keunggulan lain yang dimiliki oleh Curtin University Singapore adalah budaya penelitian atau riset yang dilakukan oleh mahasiswanya. Menariknya, untuk membantu membentuk budaya penelitian yang baik, universitas ini memberikan Curtinnovation Awards setiap tahunnya kepada peneliti yang sudah melakukan riset terkait produk dan layanan baru yang menguntungkan masyarakat.

Pemenang Curtinnovation Awards sebelumnya, termasuk iCetana (software untuk keamanan publik), REX Ortho (surgical screw untuk operasi patah pinggang), Renergi (teknologi baru untuk bio-energi), Hyperfire (software untuk mendeteksi ancaman terhadap jaringan sistem) dan Climateclever (online platform untuk mencapai netralitas karbon).

Kelebihan lain yang bisa kamu dapatkan ketika belajar di Curtin University Singapore adalah kesempatan untuk transfer dari satu kampus ke kampus lainnya dalam jaringan Curtin University, termasuk transfer ke kampus yang berlokasi di Perth, Malaysia, Dubai, dan Mauritius sesuai dengan kebutuhan.

Tidak hanya transfer, kamu juga mendapatkan pengalaman belajar dalam waktu singkat selama 1 semester melalui mekanisme cross campus exchange (pertukaran pelajar antar kampus) di kampus Curtin University pusat di Perth.

Selain kemudahan untuk transfer, berbeda dengan Curtin University di Australia, Curtin University Singapore juga menyediakan banyak program studi dengan sistem trimester yang dibuka setiap bulan Februari, Juli, dan November setiap tahunnya. Oleh karena itu, pelajar internasional di Curtin University Singapore dapat menyelesaikan pendidikan dalam waktu yang lebih cepat dibandingkan dengan kampus di Australia (fast-track).

Selain itu, Curtin University Singapore juga memiliki kelas yang lebih kecil dibandingkan dengan kelas di Australia, dengan jumlah maksimal mahasiswa dalam 1 (satu) kelas sebanyak 80 mahasiswa. Kelas yang lebih kecil ini tentu saja membantu interaksi yang lebih baik antara mahasiswa dan dosen sehingga dosen dapat lebih mudah mengidentifikasi kebutuhan belajar masing-masing mahasiswa dan mahasiswa juga dapat menyerap materi perkuliahan dengan lebih efektif. 

Program pendidikan di Curtin University Singapore

Curtin University Singapore membuka banyak program studi untuk berbagai jenjang pendidikan mulai dari diploma, undergraduate (sarjana), postgraduate (pascasarjana), program study abroad sampai program bahasa Inggris.

1. Program diploma 

Program Diploma di Curtin University Singapore ditujukan sebagai program pendahuluan (pathway program) bagi mahasiswa yang belum memenuhi persyaratan untuk diterima langsung di jenjang S1 di universitas. Mahasiswa yang sudah menyelesaikan program diploma di Curtin University dapat langsung melanjutkan ke tahun kedua program Sarjana atau Bachelor Degree di Curtin University tujuan. Sebagai catatan, program diploma yang dibuka di Curtin University Singapore juga dilaksanakan di kampus Curtin University pusat di Perth.

Beberapa kualifikasi di jenjang Diploma yang dibuka di Curtin University antara lain :

  1. Diploma of Arts and Creative Business, yang dapat dilanjutkan ke program studi Bachelor of Communication;
  2. Diploma of Information Technology, yang dilanjutkan ke program studi ke Bachelor of Computing (Cyber Security), Bachelor of Information Technology dan Bachelor of Science (Data Science);   
  3. Diploma of Commerce, yang dilanjutkan ke program studi ke Bachelor of Commerce.

 

2. Program undergraduate 

Program undergraduate (S1) di Curtin University Singapore mencakup berbagai bidang ilmu yang dibutuhkan oleh banyak industri di dunia kerja. Beberapa kualifikasi di jenjang S1 yang ditawarkan di Curtin University Singapore antara lain:

  1. Bachelor of Communication, dengan beberapa spesialisasi khusus seperti web media and marketing dan lain sebagainya;
  2. Bachelor of Commerce, dengan beberapa spesialisasi khusus seperti accounting, finance, management dan lain sebagainya;
  3. Bachelor of Computing (Cyber Security);
  4. Bachelor of Information Technology;
  5. Bachelor of Science (Data Science);
  6. Bachelor of Science (Nursing).  

 

Baca Juga: Cari Tahu Mengenai Perbedaan Bachelor Degree, Diploma dan Associate Degree Yuk!

 

3. Program postgraduate 

Program postgraduate (pascasarjana) di Curtin University Singapore mencakup beberapa bidang ilmu dan keahlian yang banyak dibutuhkan di dunia kerja, antara lain bidang studi business dan health sciences. Beberapa kualifikasi di jenjang pascasarjana yang bisa dicoba di Curtin University Singapore antara lain:

  1. Graduate Certificate in Business;
  2. Master of Business Administration, dengan beberapa spesialisasi khusus seperti business administration dan leadership;
  3. Master of International Business;
  4. Graduate Certificate in Supply Chain Management;
  5. Master of Supply Chain Management (Professional);
  6. Master of Advanced Practice;
  7. Master of Science (Health Practice) dengan Clinical Leadership Major.

 

Program study abroad di Curtin University Singapore

Program study abroad di Curtin University Singapore ditujukan kepada pelajar internasional dari berbagai universitas di dunia yang ingin mencoba belajar di institusi pendidikan di Singapura dalam durasi singkat. Melalui program ini, mahasiswa bisa memilih berbagai kelas dalam durasi waktu 4-8 bulan di Curtin University yang kemudian bisa dimasukkan sebagai kredit perkuliahan yang sudah diselesaikan di universitas asal.

Persyaratan Masuk Curtin University Singapore

1. Memilih program studi yang diinginkan

Langkah pertama yang perlu dilakukan adalah memilih program studi yang diinginkan di Curtin University Singapore. Selain itu, karena persyaratan masuk untuk setiap program studi dapat berbeda-beda, maka kamu perlu memastikan terlebih dahulu persyaratan yang dibutuhkan untuk program studi yang dituju sebelum mendaftar. Selain itu, kamu juga perlu memastikan waktu pelaksanaan program studi karena tidak semua program studi dilaksanakan dengan sistem trimester.

Secara umum, persyaratan yang diperlukan untuk mendaftar masuk ke jenjang Undergraduate (Sarjana) di Curtin University Singapore adalah:

  1. Lulus dari Sekolah Menengah Atas dengan nilai rata-rata 77%.
  2. Menunjukkan skor Bahasa Inggris untuk IELTS minimal 6.0 (tidak ada band kurang dari 6.0)/TOEFL iBT minimal 68/PTE Academic minimal 50 untuk program studi Bachelor of Commerce.
  3. Menunjukkan skor Bahasa Inggris untuk IELTS minimal 6.5 (tidak ada band kurang dari 6.0)/TOEFL iBT minimal 79/PTE Academic minimal 58 untuk program studi Bachelor of Communication.
  4. Menunjukkan skor Bahasa Inggris untuk IELTS minimal 7.0 (tidak ada band kurang dari 6.5)/TOEFL iBT minimal 94/PTE Academic minimal 65 untuk program studi Bachelor of Nursing.
  5. Menunjukkan skor bahasa Inggris sesuai persyaratan program studi tujuan lainnya.

 

Baca Juga: Ketahui Bahasa yang Sering Digunakan Ketika Berada di Singapore

 

Adapun persyaratan untuk mendaftar masuk ke jenjang Postgraduate di Curtin University Singapore adalah:

  1. Memenuhi persyaratan akademik untuk program studi yang dituju.
  2. Menunjukkan skor Bahasa Inggris dengan IELTS minimal 6.5 – 7.0 /TOEFL iBT minimal 79-99/PTE Academic minimal 58-65 (tergantung program studi tujuan). 

 

2. Memasukkan dokumen pendukung yang dibutuhkan

Setelah memilih program studi yang diinginkan di Curtin University Singapore, kamu bisa mulai memasukkan dokumen pendukung yang dibutuhkan ke dalam portal pendaftaran universitas secara online. Beberapa dokumen pendukung yang umumnya diperlukan saat mendaftar antara lain:

  1. Kopi elektronik ijazah dan transkrip nilai sesuai dengan deskripsi sistem penilaian yang dipakai.
  2. Dokumen identifikasi kependudukan seperti paspor dan kartu tanda kependudukan lainnya yang masih berlaku.

 

Pendaftaran untuk program diploma dan undergraduate akan diproses dalam waktu 1-2 hari kerja dalam portal pendaftaran, sementara pendaftaran untuk program postgraduate akan diproses dalam waktu 3-6 hari kerja.

Beasiswa yang tersedia

Curtin University Singapore juga menawarkan program beasiswa khusus bagi mahasiswa internasional yang memenuhi persyaratan akademik dan bahasa Inggris untuk program studi sebagai berikut:

  1. Diploma of Arts and Creative Business (Stage 1 dan 2);
  2. Diploma of Commerce (Stage 1 dan 2);
  3. Diploma of Information Techonology Stage 1 dan 2);
  4. Bachelor of Commerce;
  5. Bachelor of Computing (Cyber Security);
  6. Bachelor of Information Technology;
  7. Bachelor of Science (Data Science);
  8. Master of Business Administration;
  9. Master of International Business;
  10. Master of Supply Chain Management (Professional).

 

Nilai beasiswa yang diberikan berkisar sekitar 25% pembayaran biaya kuliah pada trimester kedua.

Baca Juga: Ingin Daftar Beasiswa di Luar Negeri? Saatnya Cari Tahu Tips Mendapatkan LoA

Rekomendasi bimbingan persiapan lolos Curtin University Singapore

Ingin lolos ke Curtin University Singapore? Yuk, konsultasi dengan konsultan expert Schoters agar persiapan daftar universitasmu lebih terarah.

Butuh program lain untuk persiapan masuk Curtin University Singapore? Cek program terbaik dari Schoters untuk bimbingan persiapanmu, dijamin terlengkap.

 

Curtin University Singapore