Simak, Ini Cara Mendapatkan LoA Jika Berniat Kuliah di Luar Negeri!

Persyaratan Beasiswa, 18 Okt 2022

LoA adalah surat pernyataan diterima di kampus yang dituju. Lalu, bagaimana cara mendapatkan LoA?

Salah satu langkah awal untuk menempuh pendidikan tinggi di luar negeri adalah dengan mengantongi Letter of Acceptance atau yang biasa dikenal dengan LoA. Lalu, bagaimana cara mendapatkan LoA?

Letter of Acceptance ini berfungsi untuk mengajukan beasiswa pendidikan, baik beasiswa yang berasal dari dalam negeri maupun beasiswa dari luar negeri. Untuk mendapatkan LoA ini dapat dilakukan dengan dua cara.

Apa Itu LoA?

LoA adalah surat penerimaan yang dikeluarkan oleh universitas kepada para calon mahasiswanya. Pada surat tersebut dinyatakan bahwa calon mahasiswa yang bersangkutan telah diterima di universitas tersebut.

Biasanya LoA ini dikeluarkan oleh pihak dekan arsitektur atau rektor dari universitas yang dituju oleh calon mahasiswa yang bersangkutan. Dalam surat tersebut juga dikonfirmasi perihal lanjutan proses penerimaan sebagai mahasiswa.

Manfaat dari LoA ini tentunya sangat berpengaruh ketika Anda mengajukan beasiswa, seperti LPDP dan beasiswa yang berasal dari Kemendikbud, hingga beberapa program beasiswa yang berasal dari luar negeri, seperti Chevening Scholarship dari Inggris.

cara mendapatkan loa

Jenis-jenis LoA

Sebelum membahas tentang cara mendapatkan LoA, alangkah baiknya untuk mengetahui jenis-jenis LoA. Letter of Acceptance atau LoA terdiri dari dua jenis, yaitu LoA conditional dan LoA unconditional. Berikut adalah penjelasan dari kedua jenis LoA tersebut.

  1. LoA Conditional

    LoA Conditional adalah sebuah surat pernyataan dari universitas yang menyatakan bahwa Anda dinyatakan sebagai calon mahasiswa apabila telah memenuhi ketentuan-ketentuan tertentu. Menurut IDP ketentuan umum yang diajukan universitas dalam surat yaitu :

    1. Perihal ketentuan akademik, seperti syarat minimal IPK atau lulus program matrikulasi dengan ambang batas nilai tertentu.
    2. Perihal persyaratan bahasa asing yang sesuai dengan bahasa pengantar yang digunakan di universitas tersebut., seperti IELTS atau TOEFL yang sesuai dengan standar yang berlaku pada universitas tersebut.
    3. Perihal kelengkapan dokumen, seperti surat pernyataan, transkrip nilai, dan berbagai persyaratan yang lainnya.
  2. LoA Unconditional

    Menurut situs LPDP LoA Unconditional adalah jenis LoA yang menyatakan bahwa Anda telah dinyatakan diterima sebagai calon mahasiswa pada sebuah universitas tanpa membutuhkan syarat tambahan.

    Yang artinya adalah Anda telah memenuhi persyaratan dan hanya butuh membayar biaya kuliah dan mengikuti proses orientasi sebagai mahasiswa baru pada universitas tersebut. Pada LoA Unconditional ini biasanya berisi tentang :

    1. Program studi atau jurusan yang akan menerima Anda sebagai mahasiswa
    2. Lama Anda dalam belajar
    3. Jadwal perkuliahan Anda
    4. Perihal informasi registrasi ulang mahasiswa baru
    5. Perihal agenda orientasi mahasiswa baru

    Ketika Anda mendapatkan surat ini, maka Anda harus memperhatikan hal-hal yang tercantum pada setiap detail dari informasi yang diberikan. Apabila terdapat informasi yang membutuhkan penjelasan lebih lanjut, Anda bisa menghubungi pihak universitas.

    Namun, jangan lupa apabila Anda telah memutuskan untuk menerima LoA Unconditional tersebut itu berarti Anda telah berkomitmen untuk menjadi mahasiswa pada universitas tersebut. jadi, alangkah baiknya untuk mempertimbangkan terlebih dahulu sebelum memutuskan untuk menerimanya.

          Baca Juga: Persiapkan CV dari Sekarang, Berikut Tips Jitunya!

4 Cara Mendapatkan LoA

Banyak yang bertanya perihal cara mendapatkan LoA. Baik untuk pengajuan beasiswa dalam negeri maupun beasiswa luar negeri. Dalam mendapatkan LoA ini Anda harus memperhatikan beberapa hal. Berikut adalah hal-hal yang harus Anda perhatikan dalam cara mencari LoA.

  1. Menentukan negara tujuan

    Namun, apabila Anda mengandalkan mesin pencarian pada google Anda akan diarahkan pada masterportal negara yang bersangkutan. Kemudian ketikkan bidang studi yang Anda inginkan. Jika universitas di Eropa, sebagian besar pendaftaran masuk sudah melalui online.

    Hal pertama yang harus Anda perhatikan cara mendapatkan LoA adalah dengan menentukan negara tujuan yang Anda inginkan sebagai tempat Anda belajar. Untuk mencarinya Anda dapat mengandalkan mesin pencarian pada google atau bertanya pada teman yang mengetahui.
  2. Melakukan riset tentang universitas tujuan

    Setelah menentukan negara dan universitas yang Anda tuju, cara mendapatkan LoA yang selanjutnya adalah Anda harus melakukan riset perihal universitas tujuan Anda. Terdapat beberapa hal yang harus Anda perhatikan, seperti:

    1. Persyaratan apa saja yang dibutuhkan untuk mendaftar pada universitas tersebut
    2. Proses seleksi yang harus Anda lalui
    3. Jadwal pendaftaran mahasiswa baru yang berlaku

    Sebagian besar pihak universitas menyediakan berbagai dokumen, seperti ijazah dan transkrip nilai, serta beberapa dokumen pendukung untuk mendaftar sebagai mahasiswa. Tidak hanya itu beberapa universitas lainnya juga mewajibkan calon mahasiswa untuk mengikuti seleksi wawancara.

    Jadi, apabila Anda hendak mendaftar sebaiknya perhatikan dengan seksama perihal hal-hal apa saja yang harus Anda lakukan yang sesuai dengan jadwal yang sudah ditentukan oleh pihak universitas yang Anda tuju.

  3. Melengkapi dokumen yang diperlukan

    Cara mendapatkan LoA yang selanjutnya adalah dengan melengkapi berbagai dokumen yang dibutuhkan. Apabila Anda hendak mendaftar di universitas luar negeri jangan lupa untuk sesegera mungkin menerjemahkan dokumen ke dalam bahasa pengantar dari universitas yang Anda tuju.

    Selain itu pastikan juga dokumen-dokumen tersebut diterjemahkan oleh penerjemah tersumpah atau penerjemah yang telah memiliki lisensi. Anda bisa menemukan jasa penerjemah dokumen dari aliansi negara yang bersangkutan melalui lembaga asing yang ada di Indonesia.

    Setelah beberapa dokumen yang diterjemahkan telah lengkap, Anda bisa langsung mengirimkan dokumen tersebut sesuai dengan jadwal yang telah ditentukan oleh universitas. Namun, biasanya universitas di Eropa sudah melakukan pendaftaran secara online.

  4. Ikuti proses seleksi sesuai dengan jadwal yang berlaku

    Cara mendapatkan LoA yang terakhir adalah dengan mengikuti proses seleksi yang telah ditentukan oleh universitas yang Anda tuju. Seperti yang sudah dijelaskan bahwa beberapa universitas mengharuskan calon mahasiswanya untuk mengikuti seleksi wawancara.

    Oleh sebab itu Anda harus mengikuti proses seleksi agar universitas yang Anda tuju bisa menilai apakah Anda memenuhi kualifikasi yang diinginkan oleh pihak universitas ataukah tidak. Biasanya beberapa hal umum yang ditanyakan adalah sebagai berikut :

    1. Tentang prestasi akademik dan non akademik
    2. Tentang pengalaman dan keterampilan yang relevan dengan program studi yang hendak Anda ikuti
    3. Tentang antusiasme terhadap bidang studi yang hendak Anda pelajari
    4. Tentang apa yang Anda katakan dalam surat referensi atau rekomendasi perihal Anda

Setelah mengikuti semua tahap seleksi dalam universitas akan menilai apakah Anda dinyatakan lolos seleksi dan diterima sebagai mahasiswa pada universitas tersebut ataukah tidak. Apabila dinyatakan lulus universitas akan mengirimkan surat penerimaan untuk Anda.

          Baca Juga: Sudah Dapat LoA? Saatnya Mendaftar Beasiswa Berikut!

Surat penerimaan tersebut bisa melalui email atau bisa juga dikirimkan ke alamat Anda. Jadi, apakah Anda bisa mendapatkan LoA unconditional ataupun mendapatkan LoA conditional. Semua itu tergantung pada hasil penilaian universitas yang Anda tuju.

LoA merupakan salah satu syarat dokumen untuk mengikuti proses seleksi beasiswa sehingga dapat membantu biaya pendidikan hingga biaya pendidikan selama kuliah berlangsung. Cara mendapatkan LoA dalam negeri pun tidak jauh beda dengan cara mendapatkan LoA dari luar negeri.

Cara Mendapatkan LoA Kampus Impian Bersama Schoters

Setelah menyimak tips mendapatkan LoA dari universitas, apakah kamu masih merasa kesulitan untuk menyiapkan pendaftaran seorang diri? -> Yuk, ikuti bimbingan bersama mentor expert Schoters dan dapatkan LoA dari kampus impian mu.

Persiapan berkas pendaftaran seperti jasa penerjemah tersumpah serta pelatihan dan tes bahasa asing juga bisa kamu temukan di Schoters!

bimbingan beasiswa luar negeri