Info Lengkap ETH Zurich: Rangking, Jurusan, hingga Beasiswa!

Kabar baik bagi para Hunters yang ingin melanjutkan pendidikan atau karirnya dalam bidang teknologi! Kali ini kita kenalan dengan ETH Zurich yang ada di Swiss. Merupakan salah satu institut teknologi terkemuka di dunia dengan keunggulan dalam bidang ilmu pengetahuan, teknologi dan teknik. Berikut Schoters Bedah Kampus edisi ETH Zurich!

 

Selayang Pandang ETH Zurich

Didirikan langsung oleh salah satu ilmuwan paling berpengaruh di dunia, Albert Einstein, ETH Zurich (Swiss Federal Institute of Technology Zurich) berdiri pada tahun 1854. ETH Zurich dibangun berdasarkan pada perkembangan industri di Swiss pada abad ke-19. Hingga hari ini, ETH Zurich terus menjadi salah satu institut teknologi terkemuka di dunia. Universitas ini dikenal karena penelitian inovatifnya, keunggulan akademik, dan kemitraan erat dengan industri. ETH Zurich telah menghasilkan banyak ilmuwan, insinyur, dan pemimpin industri yang berpengaruh, serta berkontribusi pada kemajuan ilmiah dan teknologi global.

 

Ranking Dunia dan Jurusan Pilihan di ETH Zurich

Sebagai salah satu universitas terbaik di dunia, ETH Zurich berada di peringkat ke-9 dunia berdasarkan QS World University Rankings 2023. ETH Zurich sendiri menyediakan beberapa program pendidikan seperti jenjang Sarjana, Pascasarjana, Teacher Training, Continuing Education, dan lain sebagainya. Sedangkan jurusan dan bidang studi yang ditawarkan oleh ETH Zurich antara lain:

1. D-ARCH (Architecture)

2. D-CHAB (Chemistry and Applied Biosciences)

3. D-INFK (Computer Science)

4. D-MAVT (Mechanical and Process Engineering)

5. D-BAUG (Civil, Environmental and Geomatic Engineering)

6. D-ERDW (Earth Sciences)

7. D-ITET (Information Technology and Electrical Engineering)

8. D-MTEC (Management, Technology, and Economics)

9. D-BIO (Biology)

10. D-GESS (Humanities, Social and Political Sciences)

11. D-MATH (Mathematics)

12. D-PHYS (Physics)

13. D-BSSE (Biosystems Science and Engineering)

14. D-HEST (Health Sciences and Technology)

15. D-MATL (Department and Materials)

16. D-USYS (Environmental System Science)

Nah, apakah ada jurusan yang sedang Hunters cari sekarang?

 

Baca Juga: Ayo Cek 7 Daftar Beasiswa Eropa Tanpa Beasiswa Untuk Kamu

 

Berkas dan Dokumen yang Diperlukan ETH Zurich

Sebelumnya, Hunters perlu tahu kalau sistem pendidikan di Swiss sangat selektif bahkan dari jenjang Sekolah Menengah Atas (SMA). Oleh karena itu program Sarjana dan Pascasarjana di ETH Zurich sangat kompetitif dan hanya siswa terbaik yang akan diterima. 

Meskipun begitu, tidak ada minimal IPK yang harus dicapai jika ingin melanjutkan studi di ETH Zurich. Berikut berkas dan sertifikat bahasa yang Hunters persiapkan.

1. Transkrip nilai.

2. Bukti pendaftaran atau konfirmasi matrikulasi.

3. Ijazah.

4. Diploma Supplement atau HEAR Report. 

5. Sertifikat bahasa Inggris atau bahasa Jerman (klik link berikut ini).

6. CV atau Resume.

7. Portfolio.

8. Surat motivasi.

9. Surat rekomendasi.

10. Sertifikat matrikulasi.

11. Salinan paspor.

12. Surat deklarasi.

13. Dan beberapa tambahan dokumen lainnya menyesuaikan dengan jurusan yang dipilih disini.

Sedangkan untuk penjelasan lebih lengkap mengenai berkas dan dokumen yang harus dipersiapkan, Hunters bisa klik link website resminya di sini

 

Panduan Pendaftaran dan Biaya Pendaftaran di ETH Zurich

ETH Zurich membuka pintunya selebar mungkin bagi para pelajar dari seluruh dunia untuk sekolah dan belajar bersama mereka. Namun, tidak bisa dipungkiri jika seleksi masuk ETH Zurich ini sangat selektif dan mereka hanya menerima mahasiswa yang kemauan belajar yang tinggi. Oleh karena itu ada baiknya, Hunters menanyakan beberapa pertanyaan berikut ini kepada diri sendiri, seperti:

1. Apakah Hunters memenuhi profil persyaratan dan prasyarat penerimaan lainnya?

2. Bisakah Hunters mencapai sertifikat bahasa yang diperlukan?

3. Dokumen aplikasi apa yang Hunters butuhkan untuk program yang Anda inginkan?

Jika Hunters sudah dapat menjawab tiga pertanyaan di atas, selanjutnya Hunters bisa mendaftar via eApply. Pada sistem registrasi ini, Hunters akan diminta untuk mengisi semua informasi yang dibutuhkan dan Hunters juga akan dipandu untuk mengunggah dokumen yang dibutuhkan.

Agar melengkapi aplikasi Hunters, Hunters akan diarahkan secara otomatis ke halaman pembayaran untuk pembayaran biaya aplikasi dengan kartu kredit. Hunters akan diminta untuk membayar CFH 150 atau Rp464.688,00 setiap satu jurusan dan satu jenjang pendidikan yang diinginkan. Perlu diingat juga bahwa uang pendaftaran ini tidak dapat dikembalikan.

Kemudian Hunters akan menerima konfirmasi melalui email segera setelah Hunters mengirimkan aplikasi online Hunters. Sedangkan pengumuman hasil pendaftaran sendiri akan diinformasikan pula lewat email. 

 

Timeline Pendaftaran di ETH Zurich

Secara garis besar, ETH Zurich membuka pendaftaran sebanyak dua kali dalam setahun. Berikut rinciannya.

A. 1 November – 15 Desemper (Termin 1)

Termin pertama terbuka untuk semua siswa. Wajib untuk:

1. Siswa dengan gelar Sarjana dari luar Swiss.

2. Siswa yang ingin mendaftar ke Excellence Scholarship & Opportunity Program (ESOP)

3. Siswa dengan gelar Master / PhD dari universitas Swiss yang memperoleh gelar sarjana mereka di luar Swiss.

B. 1 April – 30 April (Termin 2)

Termin kedua hanya untuk siswa dengan gelar Sarjana Swiss. Aplikasi dari kandidat yang memperoleh gelar Sarjana/Sarjana di luar Swiss tidak dapat dipertimbangkan, meskipun mereka memiliki gelar Master atau doktor Swiss.

Bagi kandidat yang melamar di termini pertama tetapi telah ditolak tidak dapat melamar program Master yang sama di putaran aplikasi kedua.

 

Biaya Kuliah dan Biaya Hidup di ETH Zurich

Biaya kuliah di ETH Zurich dibebankan sesuai dengan Peraturan Biaya Domain ETH (Siswa Swiss dan non-Swiss) sebesar CHF 730/Semester atau sebesar Rp2.317.290 setiap satu semester.

Perihal rincian lebih banyak mengenai biaya kuliah dan biaya hidup di ETH Zurich bisa Hunters baca melalui dokumen berikut ini. 

 

Baca Juga: Inilah 3 Informasi Beasiswa di Swiss yang Bisa Jadi Pertimbangan

 

Beasiswa Pelajar Indonesia di ETH Zurich

Sebagai salah satu institusi pendidikan terbaik di dunia, ETH Zurich menawarkan beberapa program beasiswa bagi mahasiswa internasional, salah satunya Indonesia. Berikut beberapa beasiswa yang bisa Hunters coba!

1. Excellence Scholarship & Opportunity Program (ESOP)

ETH Zurich mendukung siswa berprestasi dengan Excellence Scholarship & Opportunity Program (ESOP) selama program Master serta dengan pengawasan khusus dan akses ke jaringan eksternal. Beasiswa unggulan mencakup biaya studi dan hidup penuh (CHF 12.000 per semester), serta pembebasan biaya kuliah untuk durasi studi reguler (empat semester). 

Beasiswa ini diberikan kepada siapa saja yang memiliki prestasi akademik yang baik yang dibuktikan dengan CV dan hasil interview. Untuk mengikuti beasiswa ini, Hunters bisa langsung mendaftar diri saat melakukan proses registrasi di eApply. Informasi lebih lanjut tentang beasiswa ini bisa Hunters cek melalui laman resminya di sini. 

2. D-​BAUG Pegoraro Scholarship – ETH Zurich

Seperti namanya, program beasiswa ini diberikan kepada mahasiswa Sarjana dan Pascasarjana yang mendaftar di D-BAUG (Civil, Environmental and Geomatic Engineering). Informasi lebih lengkapnya bisa di cek disini. 

3. D- CHAB Oskar Jeger Scholarship dan D- CHAB H. Günthard Master Scholarship – ETH Zurich

Seperti namanya, program beasiswa ini diberikan kepada mahasiswa Sarjana dan Pascasarjana yang mendaftar di D-CHAB (Chemistry and Applied Biosciences). Informasi lebih lengkapnya bisa di cek pada link di atas.  

4. D-​ERDW EASE Scholarship – ETH Zurich

Seperti namanya, program beasiswa ini diberikan kepada mahasiswa Sarjana dan Pascasarjana yang mendaftar di D-ERDW (Earth Sciences). Informasi lebih lengkapnya bisa di cek pada link berikut ini.  

 

Rekomendasi Bimbingan Persiapan Lolos ETH Zurich

Ingin lulus ETH Zurich? Yuk konsultasi dengan konsultan expert Schoters agar persiapan daftar universitasmu lebih terarah.

Butuh program lain untuk persiapan dapat universitas luar negeri? Cek program terbaik dari Schoters untuk bimbingan persiapanmu, dijamin terlengkap.

 

ETH Zurich