3 Beasiswa Swiss: Info Seputar Syarat dan Cakupan

Tertarik melanjutkan pendidikan di Eropa tapi masih bingung memilih negaranya? Mungkin kamu bisa memasukkan Swiss sebagai salah satu negara di Benua Eropa yang menarik untuk dipertimbangkan sebagai salah satu negara tujuan studi.

Perlahan tapi pasti, popularitas negara yang berada di bagian tengah Eropa ini sebagai salah satu negara idaman pelajar internasional yang ingin menempuh pendidikan tinggi di luar negeri terus menanjak dari tahun ke tahun. Tentu saja, salah satu alasan utama yang mendorong pelajar internasional menjatuhkan pilihannya pada Swiss adalah kualitas pendidikan kelas dunia yang diberikan oleh perguruan tinggi di Swiss.

Berdasarkan daftar yang dirilis oleh QS Tahun 2023, setidaknya terdapat 3 (tiga) perguruan tinggi di Swiss yang berhasil masuk dalam deretan 100 besar perguruan tinggi terbaik dunia. Selain kualitas pendidikan, pelajar internasional yang belajar di Swiss juga memiliki kesempatan untuk menikmati lingkungan belajar yang multikultural, aman, dan juga indah.

Khawatir dengan kendala biaya untuk studi di Swiss? Tidak perlu khawatir karena terdapat banyak alternatif beasiswa Swiss yang bisa kamu coba untuk membiayai studi kamu di negara tempat lahirnya Palang Merah ini. Apa saja beasiswa Swiss tersebut? Simak ulasannya di bawah ini.

1. Swiss Government Excellence Scholarship

Swiss Government Excellence Scholarship adalah program beasiswa Swiss yang dibuka oleh Pemerintah Swiss kepada pelajar internasional yang ingin melanjutkan pendidikan tinggi di jenjang doktoral atau post doktoral serta pelajar internasional ingin melakukan penelitian di Swiss (non-degree research students).

Persyaratan Beasiswa

Untuk mendaftar beasiswa ini, beberapa persyaratan umum yang harus dipenuhi antara lain:

  1. Sudah menyelesaikan pendidikan Master untuk pelamar program studi Doktoral dan program studi Research;
  2. Sudah menyelesaikan pendidikan Doktoral untuk pelamar program studi Post-Doktoral;
  3. Berusia maksimal 35 tahun untuk pelamar program studi Doktoral dan program studi Research (tidak ada batasan usia untuk pelamar program studi Post-Doktoral);
  4. Menyertakan proposal penelitian yang dilengkapi dengan kerangka waktu penelitian (timeframe);
  5. Wajib menyertakan surat dukungan dan CV Professor di universitas tujuan di Swiss.

Cakupan Beasiswa

Penerima beasiswa ini berhak mendapatkan beberapa hal sebagai berikut:

  1. Tunjangan bulanan sebesar 1920 CHF (23.040 CHF per tahun) untuk pelamar program studi Doktoral dan Research;
  2. Tunjangan bulanan sebesar 3500 CHF (42.000 CHF per tahun) untuk pelamar program studi Post-Doktoral;
  3. Tunjangan akomodasi sebesar 300 CHF yang diberikan sebanyak 1 (satu) kali;
  4. Asuransi kesehatan;
  5. Biaya penerbangan kembali ke negara asal.

 

Baca Juga: Mengenal Zurich University, Salah Satu Kampus Unggulan di Swiss

 

2. Excellence Scholarship and Opportunity Programme di ETH Zurich   

Beasiswa Swiss berikutnya adalah Excellence Scholarship and Opportunity Programme yang diberikan oleh ETH Zurich, salah satu universitas terbaik dunia dan Swiss, kepada pelajar internasional yang berminat melanjutkan pendidikan tinggi di jenjang Master.

Persyaratan Beasiswa

Untuk mendaftar beasiswa ini, beberapa persyaratan umum yang diperlukan antara lain:

  1. Lulus dari jenjang Sarjana dengan hasil sangat baik (berada di Top 10% untuk jenjang S1);
  2. Menyertakan nomor telepon yang bisa dihubungi dalam CV, mengingat proses seleksi bisa dilakukan melalui telepon;
  3. Memiliki kemampuan berbahasa Inggris yang baik dengan menunjukkan skor tes bahasa Inggris seperti IELTS minimal 7.0 atau TOEFL iBT minimal 100 atau skor C1 Advanced yang berusia tidak lebih dari 2 (dua) tahun;
  4. Selain tes bahasa Inggris, pendaftar juga bisa menyertakan hasil tes bahasa Jerman seperti Goethe-Zertifikat C1, TestDaF, dan tes lainnya yang setara.

Cakupan Beasiswa

Beasiswa Swiss ini mencakup beberapa hal sebagai berikut :

  1. Pembebasan biaya kuliah;
  2. Tunjangan hidup dan studi sebesar 12.000 CHF per semester.

 

Tertarik melanjutkan pendidikan dengan beasiswa Swiss dan ingin berkonsultasi lebih lanjut dengan konsultan expert? Schoters bisa bantu kamu mulai dari persiapan memilih jurusan, beasiswa Swiss yang bisa dicoba, persyaratan dokumen hingga interview. Silahkan klik tombol “Konsultasi Kuliah di Luar Negeri” di bawah ini dan kamu bisa bebas tanya apa pun👇

[Schoters] Form Konsultasi Harvester

3. Digital Society Initiative (DSI) Excellence Program di University of Zurich

Program beasiswa Swiss selanjutnya adalah Digital Society Initiative yang ditawarkan oleh University of Zurich, salah satu universitas di Swiss, kepada mahasiswa jenjang Doktoral yang berminat mempelajari bidang transformasi digital.

Program beasiswa Swiss ini memiliki durasi waktu 2 (dua) tahun dengan fokus pembelajaran meliputi keahlian di bidang data handling and analytics, data visualization, legal and ethical aspects of data management dan research methods in various disciplines.

Persyaratan Beasiswa

Persyaratan umum yang diperlukan untuk mendapatkan beasiswa ini antara lain :

  1. Kandidat Ph.D yang berminat melakukan penelitian di bidang transformasi digital;
  2. Memiliki gelar MSc atau MA dengan nilai baik;
  3. Memiliki kemampuan berbahasa Inggris yang baik.

Cakupan Beasiswa

Penerima beasiswa Swiss ini berhak mendapatkan penghasilan setara dengan penghasilan mahasiswa Doktoral yang ditetapkan dalam Swiss National Science Foundation (SNSF).

 

Baca Juga: Ingin Mendaftar Beasiswa Swiss? Simak Tips Membuat CV untuk Apply Beasiswa

 

Rekomendasi bimbingan lolos beasiswa Swiss

Ingin lolos mendapatkan beasiswa Swiss? Yuk konsultasi dengan konsultan expert Schoters agar persiapan daftar universitasmu lebih terarah.

Butuh program lain untuk persiapan menembus beasiswa Swiss? Cek program terbaik dari Schoters untuk bimbingan persiapanmu, dijamin terlengkap.

beasiswa Swiss