Info Beasiswa Joint Japan World Bank Graduate Scholarship

Info Beasiswa, 16 Nov 2022

Joint Japan World Bank Graduate Scholarship Program (JJWBGSP) terbuka untuk warga negara dari negara berkembang dengan pengalaman profesional yang relevan. Beasiswa ini mendukung upaya pembangunan negara berkembang yang pelajarnya mendaftar ke program magister. JJWBGSP menawarkan beasiswa untuk 26 program, di universitas-universitas AS, Eropa, Afrika, Oseania, dan Jepang, pada bidang-bidang utama pembangunan, termasuk manajemen kebijakan ekonomi, kebijakan pajak, dan manajemen infrastruktur.

Setelah Hunters mendapatkan gelar dengan beasiswa ini, maka kamu harus berkomitmen untuk kembali ke negara asal, dan menggunakan keterampilan baru serta berkontribusi pada pembangunan sosial dan ekonomi negara asal. Tidak perlu khawatir, beasiswa JJWBGSP menyediakan biaya kuliah, tunjangan hidup bulanan, tiket pesawat pulang-pergi, asuransi kesehatan, dan tunjangan perjalanan.

            Baca Juga: 6 Tips Belajar Bahasa Jepang untuk Persiapan Kuliah di Negeri Sakura

Persyaratan Beasiswa

  1. Warga negara dari negara berkembang anggota Bank Dunia.
  2. Tidak memiliki kewarganegaraan ganda dari negara maju mana pun.
  3. Berada dalam kesehatan yang baik.
  4. Memegang gelar Sarjana (atau setara) yang diperoleh setidaknya 3 tahun sebelum tanggal batas waktu aplikasi.
  5. Memiliki 3 tahun atau lebih pengalaman kerja penuh waktu yang dibayar terkait pengembangan, setelah mendapatkan gelar Sarjana (atau setara).
  6. Pada atau sebelum tanggal batas waktu aplikasi beasiswa, diterima tanpa syarat untuk tahun akademik yang akan datang, ke salah satu program master yang berlokasi di luar negara kewarganegaraan dan negara tempat tinggal pelamar yang terdaftar. Surat penerimaan harus diunggah sebelum mengirimkan aplikasi.
  7. Bukan direktur eksekutif, penggantinya, dan/atau staf dari segala jenis penunjukan grup Bank Dunia atau kerabat dekat yang disebutkan di atas berdasarkan darah atau adopsi dengan istilah "kerabat dekat" yang didefinisikan sebagai ibu, ayah, saudara perempuan, saudara perempuan tiri, saudara laki-laki, saudara laki-laki tiri, putra, putri, bibi, paman, atau keponakan.

Proses Seleksi

Adapun proses seleksinya sebagai berikut:

  1. Dua penilai yang memenuhi syarat secara independen, meninjau setiap aplikasi yang memenuhi syarat dan menilai aplikasi pada skala 1 hingga 10, dengan mempertimbangkan empat faktor utama dan tingkat kohesi di antaranya: a) Kualitas pengalaman profesional (bobot 30%); b) Kualitas rekomendasi profesional (bobot 30%); c) Kualitas komitmen untuk negara asal (bobot 30%); dan d) Kualitas latar belakang pendidikan (bobot 10%).
  2. Sekretariat JJWBGSP menggunakan rata-rata skor kedua asesor untuk menyeleksi pelamar.
  3. Sekretariat JJWBGSP menyerahkan hasilnya kepada Komite Pengarah JJWBG (terdiri dari anggota Dewan Direksi Bank Dunia dan manajemen Bank Dunia) untuk disetujui.

Tidak ada kata menyerah untuk melanjutkan impian studi di luar negeri Hunters,  banyak pilihan beasiswa yang menantimu! 

           Baca Juga: Beasiswa MEXT-Undergraduate (Gakubu) untuk Kuliah di Jepang

Siapkan Pendaftaran Bersama Schoters

Mau berangkat ke luar negeri dan lolos beasiswa impian? Scholarship Hunters bisa mulai persiapan dari sekarang, loh. Schoters menawarkan layanan bimbingan untuk membantu Scholarship Hunters meraih beasiswa impian yuk, konsultasi dengan mentor berpengalaman.

Program bimbingan lainnya juga bisa diakses melalui halaman website Schoters.

Joint Japan World Bank Graduate Scholarship