Wajib Tahu, Ini 8 Jurusan Kuliah yang Bisa Kerja di Jepang!

Jepang adalah salah satu negara maju dengan perekonomian yang terus berkembang dan kesejahteraan masyarakatnya yang tinggi. Tidak heran jika negara ini menjadi salah satu negara impian bagi para pekerja asing untuk mengembangkan karier. Artikel ini akan memberikan informasi seputar 8 jurusan kuliah yang bisa kerja di Jepang, mulai dari jurusan bidang teknik, kesehatan, pertanian, sampai perikanan.

 

8 Jurusan kuliah yang bisa kerja di Jepang

1. Teknik mesin

Jepang adalah negara dengan inovasi teknologinya yang maju, terutama pada industri mesin dan otomotif. Beberapa perusahaan otomotif di Jepang adalah Toyota, Honda, Nissan, Suzuki, Mitsubish, Kawasaki, Yamaha, dan lain-lain. Dalam perkembangan industri ini, lulusan teknik mesin dan otomotif dibutuhkan untuk merancang, memproduksi, dan memelihara peralatan produksi.

2. Teknik komputer

Jurusan selanjutnya adalah jurusan teknik komputer. Jepang membutuhkan lulusan ini untuk menghadapi tantangan analisis data yang kompleks. Saat bekerja di bidang ini, para pekerja akan ditugaskan untuk mengolah data, mengembangkan kecerdasan buatan, dan memperkuat keamanan siber.

3. Teknik informatika

Lulusan jurusan ini memiliki peminat yang tertinggi di Jepang karena perkembangan teknologi di Jepang semakin pesat. Perusahaan-perusahaan di Jepang sangat memerlukan pekerja lulusan ini untuk memelihara infrastruktur teknologi dan merancang solusi inovatif dengan perangkat lunak.

4. Teknik elektro

Jurusan selanjutnya masih tidak jauh-jauh dengan jurusan teknik. Negara sakura ini juga memiliki industri elektronik yang maju. Beberapa contoh perusahaan di bidang elektronik adalah Hitachi, Panasonic, Sony, Sharp, Toshiba, dan masih banyak lagi. Lulusan di bidang ini akan dibutuhkan untuk memelihara perangkat elektronik, sistem kendali, dan teknologi telekomunikasi.

5. Bidang kesehatan

Dengan tingkat populasi usia lanjut yang semakin tinggi, Jepang membutuhkan banyak tenaga kerja di bidang kesehatan. Bahkan, Jepang sampai membuka peluang kerja bagi tenaga kerja dari luar negeri yang ingin bekerja di Jepang di bidang kesehatan. Oleh karena itu, lulusan jurusan ini masih sangat dibutuhkan di Jepang.

6. Teknik kimia

Teknik kimia adalah salah satu jurusan yang bidang pekerjaannya terbuka luas di Jepang. Lulusan dari jurusan ini sangat dibutuhkan dalam industri kimia, farmasi, dan bioteknologi untuk mengembangkan dan memperbaiki proses produksi dan teknologi di Jepang.

7. Pertanian

Pertanian termasuk ke dalam salah satu industri yang menonjol di Jepang. Dengan memanfaatkan penerapan teknologi yang canggih, pertanian di Jepang menghadirkan banyak inovasi dan produk berkualitas tinggi. Jepang juga membuka peluang kerja bagi para pekerja asing untuk bisa bekerja di pertanian Jepang melalui program visa keterampilan spesifik.

8. Perikanan

Permintaan akan konsumsi ikan di Jepang terus meningkat naik karena banyaknya makanan khas Jepang yang menggunakan ikan. Maka dari itu, bidang ini membuka peluang kerja yang besar bagi para lulusan jurusan perikanan, baik dari dalam negeri maupun luar negeri. Pekerja di bidang ini akan melakukan eksplorasi hewan laut, pengoperasian mesin industri, hingga penangkapan ikan.

 

Baca Juga : Info Terkini untuk Bisa Kerja Perikanan di Jepang

 

Rekomendasi bimbingan persiapan kerja di Jepang

Ingin lolos kerja di Jepang? Yuk konsultasi dengan konsultan expert Schoters agar persiapan kerja di luar negerimu lebih terarah.

Butuh program lain untuk persiapan kerja di luar negeri? Cek program Work Abroad Academy dari Schoters untuk bimbingan persiapanmu, dijamin terlengkap.