10 Universitas dengan Jurusan Manajemen Terbaik di Dunia

Jurusan manajemen adalah salah satu jurusan yang paling banyak diminati oleh mahasiswa di seluruh dunia. Selain mendapatkan keterampilan dan pengetahuan mengenai seluk beluk manajemen, lulus dari jurusan manajemen juga memberikan banyak keuntungan. Beberapa keuntungan tersebut antara lain kesempatan untuk mendapatkan pekerjaan high demand dengan gaji tinggi, kesempatan untuk membangun relasi bisnis serta kesempatan untuk mendapatkan skill yang dibutuhkan untuk membangun usaha sendiri.

Kalau kamu tertarik untuk melanjutkan jurusan manajemen di universitas di luar negeri, kamu bisa mempertimbangkan beberapa universitas dengan jurusan manajemen terbaik di dunia berikut sebagai pilihan tujuan studi kamu di masa depan.

Harvard University

Universitas pertama dalam daftar ini adalah Harvard University, salah satu universitas terbaik dunia yang namanya tidak asing lagi. Berdasarkan daftar perguruan tinggi terbaik dunia yang dirilis QS 2023, universitas yang berlokasi di Massachusetts ini menduduki peringkat 5 terbaik dunia. Bagi yang tertarik untuk melanjutkan studi manajemen di Harvard University, dapat memilih program studi Business Administration and Management untuk jenjang sarjana atau memilih beragam program studi terkait manajemen di tingkat pascasarjana seperti Management, Business Administration, Organizational Behavior dan masih banyak lagi

INSEAD

Insitusi berikutnya yang menawarkan jurusan manajemen terbaik di dunia adalah INSEAD Business School, sebuah institusi pendidikan yang memiliki spesialisasi di bidang bisnis dan manajemen yang berlokasi di Fontaineblue, Perancis. INSEAD membuka berbagai program Master dan Doktoral yang berhubungan dengan manajemen, serta berbagai program non-degree dalam bentuk Executive Education Program.

Salah satu program Master di INSEAD, Master of Business Administration, berhasil menduduki peringkat terbaik di dunia untuk program MBA pada tahun 2016, 2017 dan 2021 serta peringkat 3 terbaik di tahun 2022 menurut The Financial Times. Sayangnya INSEAD tidak membuka program jenjang S1 (undergraduate).

London Business School (LBS)

Serupa dengan INSEAD, institusi berikutnya dengan jurusan manajemen terbaik di dunia adalah London Business School (LBS) yang berlokasi di Baker Street, London. Institusi ini menawarkan berbagai program MSc, MBA dan Executive MBA yang mencakup berbagai bidang studi seperti accounting, economics, finance, management science and operations, marketing, organizational behavior, strategy and entrepreneurship. Menariknya, 94% lulusan Master jurusan Manajemen dari London Business School langsung diterima bekerja dalam waktu 3 (tiga) bulan setelah lulus dengan rata-rata gaji pendahuluan sebesar $58,223 (£42,573).

          Baca Juga: Intip 10 Universitas Terbaik di Asia 2023

Stanford University

Jurusan manajemen terbaik berikutnya bisa ditemukan di Stanford University, salah satu universitas terbaik dunia yang berada di peringkat 3 dunia berdasarkan daftar yang dirilis QS 2023. Universitas yang berlokasi di California ini menawarkan berbagai program studi di bidang manajemen di seluruh jenjang pendidikan baik S1, S2 maupun S3. Tidak hanya menawarkan program studi dan jurusan manajemen terbaik di dunia, Stanford University juga terkenal juga dengan berbagai program investasi dan kewirausahaan untuk mahasiswa.

Massachusetts Institute of Technology (MIT)

Universitas lainnya di dunia yang membuka jurusan manajemen terbaik adalah Massachusetts Institute of Technology (MIT), yang merupakan universitas terbaik di dunia versi QS 2023. MIT menawarkan berbagai program studi terkait manajemen di seluruh jenjang pendidikan, dari S1, S2 maupun S3, yang dikelola di bawah MIT Sloan Business School. Sama dengan Stanford University, MIT Sloan Business School juga terkenal dengan berbagai ekosistem kewirausahaan yang membawa dampak besar dalam bentuk penjualan tahunan (annual revenue) senilai nyaris 2 triliun dolar, melalui 30.000 perusahaan aktif yang dibentuk oleh alumni MIT.

 

Bocconi University

Universitas dengan jurusan manajemen terbaik di dunia berikutnya dalam daftar ini adalah Bocconi University, sebuah universitas swasta yang berlokasi di Milan, Italia. Universitas yang memiliki spesialisasi di bidang studi economics, finance, law, management, political science, public administration dan computer science ini membuka berbagai jurusan manajemen di jenjang sarjana dan pascasarjana, termasuk program studi Master of Business Administration, yang merupakan program MBA terbaik di Italia, program MBA terbaik nomor 5 di Eropa dan program MBA terbaik nomor 13 di dunia menurut The Financial Times.

University of Pennsylvania

Salah satu universitas terbaik dunia lainnya yang membuka jurusan manajemen terbaik di dunia adalah University of Pennsylvania, yang memiliki peringkat 13 terbaik di dunia versi QS 2023. Salah satu universitas tertua di Amerika Serikat yang berlokasi di Pennsylvania ini membuka berbagai program studi terkait manajemen untuk semua jenjang pendidikan, baik sarjana maupun pasca sarjana, yang dikelola oleh Wharton Business School, business school pertama di dunia. Hingga saat ini, Wharton Business School sudah melahirkan lebih dari 100 ribu alumni dan 13.000 eksekutif yang mengikuti program di Wharton Business School.

           Baca Juga: Fakta Menarik 10 Universitas Terbaik di ASEAN!

University of Cambridge

Selanjutnya, universitas yang menawarkan jurusan manajemen terbaik di dunia adalah University of Cambridge yang berlokasi di Cambridge, Inggris. Salah satu universitas tertua di dunia yang kini menduduki peringkat 2 universitas terbaik berdasarkan hasil yang dirilis oleh QS 2023 menawarkan berbagai program studi terkait manajemen untuk semua jenjang pendidikan, baik Sarjana, Master maupun Doktoral, di bawah Cambridge Judge Business School. Untuk mendukung berbagai program studi di bidang manajemen, University of Cambridge juga menyediakan Enterpreneurship Centre dan Venture Creation untuk membangun ekosistem kewirausahaan bersama mahasiswa.

University of Oxford

Universitas berikut dalam daftar universitas dengan jurusan manajemen terbaik di dunia adalah University of Oxford, universitas tertua di dunia pendidikan barat yang kini menduduki peringkat 4 dalam daftar universitas terbaik dunia yang dirilis oleh QS Tahun 2023. Universitas yang berlokasi di Oxford, Inggris ini membuka program studi manajemen untuk seluruh jenjang pendidikan, dengan pengelola utama program studi di bawah Department of Economics dan Said Business School.

HEC Paris School of Management

Institusi terakhir dalam daftar ini adalah HEC Paris School of Management, yang berlokasi di Kota Jouy-en-Josas, Perancis. Salah satu sekolah bisnis tertua dan terbaik di Eropa ini sudah berdiri sejak tahun 1881 dan kini menawarkan program studi di bidang bisnis dan manajemen untuk jenjang Master dan Doktoral serta berbagai program non-degree. Mahasiswa HEC juga memiliki kesempatan berharga untuk menjalin relasi dalam hal research, teaching projects, corporate initatives dan lain sebagainya bersama 43 perusahaan global yang kini tergabung dalam HEC Corporate Connections, seperti Total Energies, Volkswagen, Cartier dan lain-lain.

Rekomendasi Bimbingan Lolos Universitas Manajemen Terbaik di Dunia 2023

Ingin Lolos beasiswa di salah satu universitas di atas? Bisa banget dong, yuk konsultasiin berkas admission dan beasiswa kamu bareng konsultan expert Schoters agar peluang lolosnya menjadi lebih besar.

Study Abroad with Schoters