3 Kampus Ramah Disabilitas Dunia, Mana Kampus Impianmu?

Bagi penyandang disabilitas, melanjutkan pendidikan di universitas di luar bisa menjadi salah satu momok yang menakutkan ketika dihadapkan dengan kesulitan beradaptasi di lingkungan yang baru. Tapi tidak perlu khawatir, ada banyak sekali kampus ramah disabilitas yang bisa dijadikan alternatif destinasi studi di dunia. Dimana saja kampus ramah disabilitas ini berada? Simak beberapa pilihannya di bawah ini.

 

University of Leeds

University of Leeds yang berlokasi di kota Leeds, Inggris ini adalah salah satu kampus ramah disabilitas di dunia. University of Leeds memiliki bagian Disability Services yang bertugas memberikan dukungan kepada mahasiswa penyandang disabilitas sesuai dengan kebutuhan. Selain itu, University of Leeds juga memiliki banyak fasilitas yang ramah disabilitas termasuk asrama kampus, ruang belajar, pusat olahraga dan masih banyak fasilitas kampus lainnya yang dirancang sesuai dengan National Accessible Scheme (NAS) yang berlaku. 

Selain itu, untuk membantu mahasiswa tuna rungu atau memiliki masalah pendengaran, University of Leeds juga memiliki sistem deaf alerter yang akan memberi peringatan bahaya kebakaran atau bencana lainnya menggunakan radio.

 

The University of Sydney

Universitas dengan kampus ramah disabilitas berikutnya adalah The University of Sydney yang berlokasi di Sydney, Australia. Sama seperti universitas sebelumnya, The University of Sydney juga memiliki Inclusion and Disability Service yang akan membantu penyandang disabilitas menentukan fasilitas yang mereka perlukan dari universitas, termasuk akses ke teknologi pendamping (assistive technology) yang diperlukan sampai penyesuaian format ujian yang diterima. Bantuan dari universitas ini akan disesuaikan dengan kebutuhan individu masing-masing.

Tidak hanya itu, University of Sydney juga menyediakan layanan terapi untuk penyandang disabilitas, layanan psychometric testing untuk penyandang kesulitan belajar (learning disabilities) serta menyediakan Faculty Disability Liaison Officer, konsultan untuk penyandang disabilitas, di masing-masing fakultas di The University of Sydney.

 

Baca Juga: Kupas Tuntas The University of Sydney

 

University of Tsukuba

Kampus ramah disabilitas selanjutnya dapat ditemukan di University of Tsukuba yang berlokasi di Kota Tsukuba, Jepang. Sebagai universitas yang memiliki perkumpulan peneliti penyandang disabilitas terbesar di Jepang, banyak fasilitas di University of Tsukuba yang sudah disesuaikan untuk mengakomodasi para penyandang disabilitas, termasuk di antaranya ruang kelas, kamar mandi, elevator, pintu masuk dan pintu keluar di universitas.

Selain fasilitas fisik, University of Tsukuba juga berusaha membangun budaya membantu di tengah-tengah mahasiswa dengan mengajak mahasiswa lainnya menjadi peer tutors atau asisten belajar bagi mahasiswa penyandang disabilitas. Mahasiswa yang bersedia menjadi peer tutors akan mendapatkan dukungan finansial, seminar pelatihan serta sertifikat khusus dari universitas. 

Seluruh fasilitas yang diberikan oleh University of Tsukuba yang diberikan kepada penyandang disabilitas akan terus dievaluasi oleh Senmonbukai atau tim professional yang terdiri dari peneliti di bidang visual disability, hearing disability, physical disability dan developmental disability untuk memastikan bahwa semua fasilitas yang diberikan sudah sesuai dengan kebutuhan mahasiswa penyandang disabilitas.

 

Baca Juga: Kupas Tuntas University of Tsukuba

 

Rekomendasi Bimbingan Lolos Kuliah di Kampus Ramah Disabilitas

Ingin tahu lebih banyak tentang kampus ramah disabilitas? Yuk konsultasi dengan konsultan expert Schoters agar persiapan daftar universitasmu lebih terarah.

Butuh program lain untuk persiapan menembus kampus ramah disabilitas? Cek program terbaik dari Schoters untuk bimbingan persiapanmu, dijamin terlengkap.

Kampus Ramah Disabilitas