3 Peluang Kerja di Korea untuk lulusan SMK, Apa Saja?

Korea Selatan terus membutuhkan tenaga kerja terampil dari berbagai jenjang pendidikan, termasuk dari jenjang pendidikan SMK. mereka dibutuhkan untuk mengisi lowongan kerja di Korea untuk lulusan SMK.

Di Korea, lulusan SMK memiliki banyak peluang kerja di berbagai sektor dengan gaji yang kompetitif. Lantas, peluang kerja di Korea apa saja yang bisa diisi oleh para lulusan SMK? Berikut ulasannya!

Peluang Kerja di Korea untuk Lulusan SMK

1. Bidang Teknik Mesin

Peluang kerja di Korea untuk lulusan SMK yang pertama datang dari bidang teknik mesin. Nantinya, mereka akan bertugas untuk merawat, memelihara, dan peralatan industri. 

Selain itu, para lulusan SMK yang bekerja di bidang teknik mesin ini juga akan terlibat dalam merancang, memasang, dan memperbaiki komponen-komponen mesin. 

Pekerja di Korea di bidang teknik mesin ini memiliki gaji yang terbilang tinggi. Mereka berpeluang untuk mendapatkan gaji sekitar Rp5 juta rupiah hingga Rp10 juta per bulannya.

2. Bidang Pertanian

Peluang kerja di Korea untuk lulusan SMK selanjutnya datang dari bidang pertanian. Jika Hunters bekerja di bidang ini, kamu akan terlibat dalam berbagai aspek produksi pertanian, mulai dari penanaman, perawatan tanaman, hingga pengolahan hasil pertanian.

Selain itu, Hunters juga akan terlibat dalam kegiatan pengolahan hasil pertanian, seperti panen, pengemasan, dan distribusi produk-produk pertanian. Hal ini melibatkan penggunaan peralatan pertanian dan teknologi modern untuk memastikan efisiensi dalam proses pengolahan dan penanganan hasil pertanian. 

Jika Hunters bekerja di bidang pertanian di Korea, kamu akan mendapatkan upah berkisar Rp5 juta hingga Rp10 juta per bulan. Cukup tinggi, bukan?

3. Bidang Administrasi

Peluang kerja di Korea lulusan SMK terakhir datang dari bidang administrasi, termasuk administrasi umum, administrasi kantor, administrasi keuangan, dan sebagainya. 

Jika Hunters bekerja di Korea di bidang administrasi, kamu akan bertugas mengelola dokumen dan data, menyusun jadwal pertemuan, mengatur perjalanan dinas, serta memberikan dukungan administratif kepada departemen yang kamu layani.

Berbagai tugas seorang pekerja di bidang administrasi tersebut membutuhkan kemampuan menggunakan software, seperti Microsoft Office (Word, Excel, PowerPoint).

Gaji untuk lulusan SMK di bidang administrasi di Korea bervariasi, tergantung pada faktor-faktor seperti lokasi geografis, ukuran perusahaan, dan pengalaman kerja. Namun, umumnya, lulusan SMK di posisi administratif akan mendapatkan gaji awal sekitar 1,5 hingga 2,5 juta won atau setara Rp17 hingga Rp29 juta per bulan. 

 

Baca Juga: Simak Peluang Kerja untuk Lulusan SMK

 

Cara Daftar Kerja di Korea untuk Lulusan SMK

Secara umum, ada dua cara yang bisa Hunters gunakan untuk mendaftar kerja di Korea. Kedua cara tersebut, yakni mengikuti program G to G dari Pemerintah atau dengan menggunakan jasa agen penyalur tenaga kerja.

Namun, sebaiknya, jika Hunters memang ingin bekerja di Korea,  gunakanlah jalur resmi program G to G. Berikut langkah-langkah untuk mengikuti program G to G Korea Selatan:

  1. Melakukan Pendaftaran Online;
  2. Mengumpulkan berkas yang dibutuhkan;
  3. Mengikuti Proses Verifikasi Data;
  4. Mengikuti tes tertulis EPS-TOPIK (Employment Permit System-Test Of Proficiency in Korean);
  5. Mendapatkan SLC (Standard Labour Contract);
  6. Mengikuti Preliminary Education;
  7. Menunggu Jadwal Terbang.

 

Syarat Kerja di Korea untuk Lulusan SMK

  1. Warga Negara Indonesia (WNI);
  2. Usia 18 Tahun hingga tidak lebih dari 35 tahun bergantung pada persyaratan posisi perusahaan atau bidang yang dilamar;
  3. Pendidikan terakhir minimal SMP, diutamakan SMK atau SMA;
  4. Tidak buta warna dan dapat melampirkan surat keterangan dokter yang sah dengan masa berlaku 3 bulan lamanya;
  5. Sehat Jasmani Rohani;
  6. Tidak terlibat hukum pidana maupun pernah menjadi residivis;
  7. Memiliki rekening pribadi yang masih aktif;
  8. Memiliki Email pribadi yang masih aktif;
  9. Tidak pernah dideportasi dari suatu negara;
  10. Khusus: Memiliki pengalaman bekerja atau tinggal di Korea Selatan tidak lebih dari 5 tahun lamanya;
  11. Bukan orang dengan kebutuhan khusus atau tidak cacat jari serta amputasi;
  12. Lulus ujian EPS-TOPIK; 

 

Syarat Dokumen Lamaran

  1. Kartu identitas/ KTP;
  2. Kartu Keluarga/ Family Card;
  3. Ijazah pendidikan terakhir;
  4. Akta Kelahiran;
  5. Kartu Kuning atau kartu pencari kerja;
  6. Paspor dengan masa berlaku cukup untuk long stay serta keadaan paspor yang tidak rusak,luntur dan sebagainya;
  7. SKCK;
  8. Surat keterangan tidak buta;
  9. Letter Permission atau surat perizinan dari kerabat dekat seperti orangtua, wali, suami atau istri yang mana diketahui oleh lurah serta telah diberi legalisir berupa stempel basah.

 

Nah, itu dia, Hunters, beberapa ulasan mengenai peluang kerja di Korea untuk lulusan SMK. Semoga bermanfaat, ya!

Rekomendasi Bimbingan Persiapan Kerja di Korea

Ingin kerja di Korea? Yuk, konsultasi dengan konsultan expert Schoters agar persiapan kerja di Korea semakin terarah.

Butuh program lain untuk persiapan kerja di luar negeri? Cek program Work Abroad Academy dari Schoters untuk bimbingan persiapanmu, dijamin terlengkap.