Berikut 5 Kesalahan Umum IELTS Listening yang Harus Kamu Hindari!

Mau ikut tes IELTS dan baru pertama kali ikut tes IELTS? Sebelum tes, yuk ketahui 5 kesalahan umum listening IELTS yang dilakukan oleh banyak orang dan persiapkan dirimu sebaik mungkin ya!

Gambaran umum IELTS

IELTS atau International English Language Testing System adalah tes khusus bahasa Inggris yang berstandar internasional dan telah banyak diakui oleh sekolah, universitas dan lembaga di dunia. 

IELTS sendiri terdiri dari 2 jenis yaitu tes untuk akademis dan umum yang masing-masing memiliki kegunaannya masih-masing. Jika kamu mengambil Academic Test, berarti soal, bacaan, dan dialog yang akan diujikan akan banyak membahas materi akademis seperti biologi, psikologi, ekonomi dan lain sebagainya. Sedangkan tes umum biasanya digunakan untuk persyaratan tinggal di luar negeri dengan penutur bahasa Inggris. 

 

Baca juga: Berapa Lama Masa Berlaku Sertifikat IELTS? Berikut Penjelasannya!

 

5 Kesalahan Umum IELTS Listening 

Pada bagian tes IELTS Listening, kamu akan diminta untuk mendengarkan dialog, perkuliahan, denah dan lain sebagainya dan menjawab pertanyaan yang diberikan. Bagian ini termasuk gampang-gampang susah dan berikut 5 kesalahan umum IELTS Listening

1. Tidak Membaca Instruksi dengan Baik

Kesalahan umum IELTS Listening yang paling umum adalah terburu-buru dan langsung memulai mendengarkan rekaman tanpa membaca instruksi dengan baik. Instruksi penting karena dapat memberikan petunjuk tentang format, kata kunci, atau hal-hal lain yang perlu diperhatikan saat mendengarkan rekaman.

2. Tidak Fokus Mendengarkan

Kadang-kadang, kita tidak sepenuhnya fokus saat mendengarkan rekaman. Kesalahan umum IELTS Listening sering terjadi karena suara-suara di sekitar atau pikiran kita sendiri. Konsentrasi yang baik sangat penting untuk menghindari kehilangan informasi penting dalam rekaman.

 

Mau raih skor IELTS maksimal? Schoters jamin kamu bisa capai skor IELTS hingga 7.0. Ikuti kelas persiapan IELTS di Schoters dengan tutor expert lulusan kampus top dunia.

Silakan klik tombol “Konsultasi Kelas Persiapan IELTS” di bawah ini dan bisa tanya apapun sebelum bimbingan 👇

 

Konsultasi Kelas Persiapan IELTS

 

3. Tidak Memanfaatkan Waktu Persiapan

Sebelum rekaman dimulai, ada waktu persiapan yang diberikan kepada peserta untuk membaca pertanyaan. Kesalahan umum IELTS Listening selanjutnya adalah tidak memanfaatkan waktu ini untuk memahami pertanyaan dengan baik. Akibatnya, peserta mungkin kesulitan saat mencari jawaban saat rekaman dimainkan.

4. Tidak Memahami Format dan Pertanyaan

Kembali pada poin pertama, kesalahan umum IELTS Listening lainnya adalah tidak memahami format dan pertanyaan. Tes IELTS Listening memiliki berbagai format dan jenis pertanyaan, seperti multiple choice, gap filling, matching, dan lain-lain. Kamu harus memahami setiap format dan pertanyaan dengan baik sehingga dapat mengidentifikasi jawaban dengan benar.

5. Kurang Berlatih

Kesalahan umum IELTS Listening lainnya adalah kurang berlatih. Tes IELTS Listening membutuhkan keterampilan mendengarkan yang baik, dan semakin banyak latihan yang dilakukan, semakin terlatih keterampilan tersebut. 

 

Baca juga: Rekomendasi Buku IELTS untuk Persiapan Ujian Terlengkap

 

Rekomendasi Bimbingan Persiapan Latihan Listening IELTS

Ingin lebih jago menghindari 5 kesalahan umum IELTS Listening? Yuk, gabung IELTS Academy by Schoters sekarang juga!

Butuh program lain untuk persiapan dapat universitas luar negeri? Cek program terbaik dari Schoters untuk bimbingan persiapanmu, dijamin terlengkap.

kesalahan umum ielts listening