10 Rekomendasi Lagu untuk Belajar Bahasa Inggris

Belajar bahasa Inggris memiliki banyak manfaat yang sangat penting, baik itu dalam kehidupan sehari-hari, karir, maupun akademik. Mempelajari bahasa Inggris pun kini makin mudah berkat internet. Kalian juga dapat menggunakan lagu untuk belajar bahasa Inggris. 

Kecakapan berbahasa Inggris menjadi salah satu kunci sukses dalam dunia akademik, terutama bagi mereka yang ingin melanjutkan studi ke luar negeri. Hampir semua universitas di dunia menggunakan bahasa Inggris sebagai bahasa pengantar dalam kuliah dan penelitian. Sehingga kemampuan berbahasa Inggris menjadi syarat utama bagi kalian yang ingin kuliah di luar negeri.

Mempelajari bahasa Inggris menggunakan lagu memiliki banyak kelebihan. Pertama, musik dapat membantu meningkatkan motivasi kalian dalam belajar bahasa Inggris. Lagu-lagu yang menyenangkan dan familiar dapat membuat kalian merasa lebih tertarik dan bersemangat untuk mempelajari bahasa Inggris. Kalian juga tidak akan mudah merasa bosan. 

Hal-hal di atas dapat mempercepat proses pembelajaran dan membuatnya lebih menyenangkan. Selain itu, belajar bahasa Inggris melalui lagu juga dapat membantu memperbaiki kemampuan mendengar dan meningkatkan pemahaman kosakata. Musik dan lirik yang terdapat dalam lagu dapat membantu kalian dalam dua hal tadi. 

Kedua, belajar bahasa Inggris menggunakan lagu juga dapat membantu pembelajar memahami tata bahasa atau grammar yang digunakan dalam konteks yang lebih baik. Dalam musik, bahasa Inggris sering digunakan dalam konteks sehari-hari 

Hal ini dapat membantu kalian memperkuat keterampilan komunikasi menggunakan bahasa Inggris dan dapat diterapkan dalam situasi kehidupan nyata. Selain itu, lagu juga dapat membantu kalian dalam memperbaiki intonasi dan pengucapan dalam bahasa Inggris. 

Dengan memperbaiki intonasi dan pengucapan, kalian dapat lebih percaya diri dalam berbicara dalam bahasa Inggris dan dapat berkomunikasi dengan lebih baik dengan orang lain yang juga berbicara bahasa Inggris.

 

Rekomendasi Lagu untuk Belajar Bahasa Inggris

Di bawah ini adalah 10 lagu bahasa Inggris yang dapat kalian gunakan untuk belajar bahasa Inggris dari yang mudah hingga sulit:

  1. “Let it be” oleh The Beatles: Lagu klasik ini memiliki lirik yang mudah dipahami dan juga membawa pesan yang positif cocok untuk para pemula.

  2. “Shape of You” oleh Ed Sheeran: Lagu populer ini memiliki lirik yang sederhana dan pengucapan yang jelas, sehingga mudah untuk dipelajari dan dinyanyikan.

  3. “Someone Like You” oleh Adele: Lagu ini memiliki lirik yang indah dan melodi yang mudah diikuti, cocok bagi pemula yang ingin mempelajari lagu bahasa Inggris.

  4. “Can’t Stop The Feeling!” oleh Justin Timberlake: Lagu ini memiliki lirik yang mudah diingat dan irama yang mudah diikuti, cocok bagi pemula hingga menengah yang ingin berbicara dengan tempo yang cukup cepat.

  5. “Billie Jean” oleh Michael Jackson: Lagu ini memiliki lirik yang cukup sulit, namun memiliki melodi yang mudah diikuti dan sering digunakan sebagai referensi dalam pelajaran bahasa Inggris.

  6. “Bohemian Rhapsody” oleh Queen: Lagu klasik rock ini memiliki lirik yang unik dan sulit dipahami, namun bisa membantu memperkaya kosa kata bahasa Inggris kalian.

  7. “Stairway to Heaven” oleh Led Zeppelin: Lagu rock klasik ini memiliki lirik yang dalam dan sulit dipahami, namun bisa membantu meningkatkan kemampuan pemahaman bahasa Inggris kalian karena kosa katanya yang kaya dan pengucapannya yang jelas dan cukup lambat.

  8. “Hello” oleh Adele: Lagu ini memiliki lirik yang mudah dipahami dan pengucapan yang jelas, cocok bagi pemula yang ingin memperkuat kemampuan bahasa Inggris.

  9. “Shallow” oleh Lady Gaga & Bradley Cooper: Lagu ini memiliki lirik yang indah dan melodi yang mudah diikuti, cocok bagi yang ingin mempelajari lagu populer saat ini.

  10. “Boys Don’t Cry” oleh The Cure: Lagu ini memiliki lirik yang relatif mudah dan melodi yang indah, cocok bagi yang ingin mempelajari lagu dari genre alternatif.

 

Baca Juga: Simak Kosakata Bahasa Inggris yang Wajib Diketahui

 

Tips Belajar Bahasa Inggris Menggunakan Lagu

Sudah terbayang asyiknya belajar bahasa Inggris menggunakan lagu, kan? Lagu bisa menjadi salah satu cara yang menyenangkan dan efektif untuk belajar bahasa Inggris dengan 5 tips berikut ini:

1. Dengarkan lagu dengan seksama

Dengarkan lagu bahasa Inggris dengan teliti dan cermat, fokus pada pengucapan, intonasi, dan artikulasi lirik lagu. Dengarkan beberapa kali dan perhatikan kata-kata yang mungkin sulit dipahami.

2. Baca lirik lagu

Membaca lirik lagu dapat membantu memahami kata-kata dan struktur kalimat yang digunakan dalam lagu. Hal ini juga dapat membantu meningkatkan kemampuan membaca dan mengeja kalian dalam bahasa Inggris.

3. Tulis lirik lagu

Tulis ulang lirik lagu yang kalian dengarkan. Hal ini membantu kalian untuk melatih keterampilan menulis atau mengetik dan juga membantu mengingat kata-kata dan frasa tertentu dalam bahasa Inggris.

4. Belajar kosakata baru

Dalam lagu, terdapat banyak kosakata yang dapat diperluas dan diperkaya. Pelajari kata-kata baru dan coba gunakan dalam percakapan sehari-hari. Kalian juga dapat mencoba untuk mencari sinonim kata-kata tersebut.

5. Bernyanyilah

Coba nyanyikan lagu dengan pengucapan yang benar. Hal ini membantu meningkatkan keterampilan berbicara dan memahami bahasa Inggris kalian. Selain itu, hal ini juga dapat membantu meningkatkan kemampuan mendengarkan dan memori dalam menggunakan bahasa Inggris.

 

Baca Juga: 20 Tips Cara Belajar Bahasa Inggris untuk Pemula

 

Rekomendasi Bimbingan untuk Belajar Bahasa Inggris

Ingin lolos beasiswa luar negeri? Yuk konsultasi dengan konsultan expert Schoters agar kamu lebih tahu informasi selengkapnya bersama Schoters.

Butuh program bimbingan persiapan tes bahasa Inggris? Cek program terbaik dari Schoters untuk bimbingan persiapanmu, dijamin terlengkap.

Banner CTA K2- Schoters (Feb 27, 2023 11:04 AM)