7 Massachusetts Institute of Technology Alumni

Sebagai salah satu perguruan tinggi terbaik dunia, Massachusetts Institute of Technology kini memiliki setidaknya 145.000 alumni yang tersebar dan aktif di seluruh penjuru dunia. Berbekal pengetahuan dan pengalaman yang diperoleh dari MIT, banyak Massachusetts Institute of Technology alumni yang kemudian menjadi tokoh penting yang sukses membangun karier di bidangnya masing-masing. 

 

7 Massachusetts Institute of Technology Alumni

Siapa saja sosok sukses dunia yang pernah menempuh studi di MIT? Simak beberapa sosok Massachusetts Institute of Technology alumni yang penting untuk kamu ketahui di bawah ini. 

1. Buzz Aldrin

Buzz Aldrin adalah astronot, engineer, dan pilot pesawat tempur dari Amerika Serikat yang menjadi orang kedua yang berjalan di atas permukaan bulan setelah Neil Amstrong pada tahun 1969. Buzz Aldrin menyelesaikan pendidikan Doktoral dan mendapatkan gelar Doctor of Science untuk jurusan Astronautics, pada tahun 1963, Buzz Aldrin menjadi astronot pertama yang pernah mendapatkan gelar Doktor. Beberapa tahun belakangan, Aldrin menyebutkan dukungannya untuk misi penerbangan ke Mars dan rencana kolonisasi Mars di tahun 2040.

2. Kofi Atta Annan

Kofi Atta Annan adalah diplomat dari Ghana yang menduduki posisi Sekretariat Jenderal Persatuan Bangsa-Bangsa dari tahun 1997–2006, sekaligus penerima Nobel Peace Prize di tahun 2001. Sebelum menempuh karir di bidang diplomasi dunia, Annan menempuh studi di MIT Sloan School of Management dan mendapatkan gelar Master di bidang manajemen.

3. I.M Pei

Massachusetts Institute of Technology alumni lain yang penting dikenal adalah Ieoh Ming Pei atau yang lebih akrab dipanggil dengan sebutan I.M Pei, seorang arsitek Tionghoa-Amerika yang merancang berbagai bangunan ikonik dunia seperti Museum Louvre di Perancis, Luce Memorial Chapel di Taiwan, National Gallery Art di Washington, JFK Presidential Library and Museum di Boston, Bank of China Tower di Hongkong, Museum Miho di Jepang, sampai Museum of Islamic Art di Qatar. Pei menempuh studi Arsitektur di MIT sampai mendapatkan gelar Bachelor of Science in Architecture pada tahun 1940. Arsitek legendaris dunia ini tutup usia dalam usia 102 tahun pada tahun 2019.

4. Drew Houston

Drew Houston adalah salah satu Massachusetts Institute of Technology Alumni yang telah memberikan kontribusi besar di dunia teknologi dunia dengan mendirikan online file hosting service yang diberi nama Dropbox. Saat ini, Dropbox tercatat sudah memiliki lebih dari 700 pengguna terdaftar dan lebih dari 15 juta pengguna layanan premium dengan nilai valuasi pasar mencapai USD 7.72 Milyar. 

Menariknya, inspirasi Houston mendirikan Dropbox datang dari pengalaman pribadinya sebagai seorang mahasiswa di MIT yang sering lupa membawa flashdisk saat kuliah. Di MIT, Houston mendapatkan gelar Bachelor Degree untuk jurusan Computer Science.

5. Sal Khan

Salman Amin Khan atau yang akrab disapa dengan panggilan Sal Khan adalah entrepreneur di bidang pendidikan yang mendirikan Khan Academy, sebuah platform pendidikan online non-profit yang menyediakan lebih dari 8000 video pelajaran yang dapat diakses gratis untuk berbagai bidang studi. Saat ini, lebih dari 135 juta orang menggunakan Khan Academy, termasuk di antaranya 2.3 juta siswa yang memanfaatkan Khan Academy untuk mempersiapkan diri menghadapi SAT. 

Selain Khan Academy, Sal Khan juga mendirikan Khan Lab School, sebuah sekolah swasta yang berlokasi di California, Amerika Serikat. Sebelum mendirikan Khan Academy, Sal Khan menempuh studi dan mendapatkan gelar Bachelor of Science sekaligus Master of Science di jurusan Electrical Engineering dan Computer Science. Setelah itu, Sal Khan juga masih mengejar gelar Bachelor Degree untuk jurusan Mathematics di MIT.  

6. Andrea Wong

Massachusetts Institute of Technology Alumni selanjutnya adalah Andrea Wong, yang pernah menjabat sebagai International President untuk Sony Pictures, CEO dari Lifetime Networks sekaligus mastermind dari banyak acara televisi terbaik di Amerika Serikat. Sebelum menjadi figur ternama di dunia hiburan Amerika Serikat, Wong menyelesaikan studi jenjang S1 di MIT di bidang Electrical Engineering

Salah satu serial televisi yang dikembangkan oleh Andrea Wong adalah The Crown, serial drama yang berhasil mendapatkan banyak penghargaan – salah satunya adalah Golden Globes untuk Best Drama Television Series. Selain itu, Wong juga mengembangkan banyak program televisi terkenal lainnya seperti The Bachelor, Dancing With The Stars (Amerika Serikat) dan Extreme Makeover: Home Edition.

7. Payal Kadakia

Massachusetts Institute of Technology Alumni berikutnya yang perlu kamu ketahui adalah Payal Kadakia, pendiri sekaligus CEO dari Classpass, sebuah platform kesehatan dan olahraga terkenal yang membantu pengguna mendapatkan akses ke berbagai kelas fitness, gym, dan berbagai fasilitas kesehatan lainnya di seluruh dunia. Nama Kadakia sendiri masuk ke dalam daftar 100 Most Creative People oleh Fast Company dan daftar 40 under 40 majalah Forbes Amerika Serikat. Di MIT, Kadakia mendapatkan gelar Bachelor of Science dengan konsentrasi di bidang Operations Research.

 

Baca Juga: Tertarik Kuliah di MIT? Simak Daftar Jurusan yang Tersedia di MIT 

 

Rekomendasi Bimbingan Persiapan Lolos di Massachusetts Institute of Technology

Ingin lolos masuk ke salah satu jurusan di Massachusetts Institute of Technology? Yuk konsultasi dengan konsultan expert Schoters agar persiapan daftar universitasmu lebih terarah.

Butuh program lain untuk persiapan menembus Massachusetts Institute of Technology? Cek program terbaik dari Schoters untuk bimbingan persiapanmu, dijamin terlengkap.

massachusetts institute of technology alumni