Master Mind Scholarship: Syarat hingga Cara Daftar!

Melalui Master Mind Scholarship, Kementerian Pendidikan dan Pelatihan Flemish memberikan beasiswa program master di Flandria dan Brussels kepada pelajar mahasiswa seluruh dunia. Yuk simak artikel ini selengkapnya untuk panduan beasiswa Master Mind Scholarship.

 

Cakupan Master Mind Scholarship

Beasiswa Master Mind mencakup dana hibah beasiswa sebesar €9.600  (Rp 157 juta) per tahun dan pembebasan biaya sekolah per tahun akademik (60 ECTS) kepada setiap mahasiswanya. Beasiswa yang diterima tersebut mencakup di dalamnya biaya akomodasi, asuransi, dan biaya hidup.

 

Daftar perguruan tinggi di Flandria

Universitas: 

  1. KU Leuven / University of Leuven
  2. University of Antwerp
  3. Ghent University
  4. Hasselt University
  5. Vrije Universiteit Brussel

Universitas Ilmu Pengetahuan dan Seni Terapan:

  1. Antwerp Maritime Academy
  2. AP University of Applied Sciences and Arts
  3. Erasmus Brussels University of Applied Sciences and Arts
  4. HOGENT University of Applied Sciences and Arts
  5. KdG University of Applied Sciences and Arts
  6. LUCA School of Arts
  7. PXL University of Applied Sciences and Arts

 

Persyaratan umum Master Mind Scholarship

  1. Pelamar mendaftar untuk mengambil program gelar master di salah satu perguruan tinggi di Flandria.
  2. Pelamar tersebut mempunyai Indeks Prestasi Kumulatif (IPK) 3,5 dari 4,0.
  3. Mahir berbahasa Inggris (minimum skor IELTS 7.0 atau total skor TOEFL 94, atau level C1 untuk Common European Framework of Reference). Atau hasil serupa dalam tes bahasa resmi lainnya (diakui oleh lembaga tuan rumah).
  4. Bagi yang mendaftar di bidang seni minimum skor IELTS 6.5, atau total skor TOEFL 90, atau level B2 untuk Common European Framework of Reference.
  5. Universitas tuan rumah juga melakukan pemeriksaan akademis terhadap file mahasiswa. Mahasiswa harus diterima di universitas untuk dapat memperoleh beasiswa meskipun keputusan universitas diambil setelah beasiswa diberikan ke mahasiswa
  6. Pelamar hanya dapat dicalonkan oleh satu institusi pendidikan tinggi Flandria. Jika pemohon dipilih sebelumnya oleh lebih dari satu institusi pendidikan tinggi, dia harus memilih satu institusi pendidikan tinggi Flandria untuk mengirimkan aplikasinya ke perangkat Mobility Online.
  7. Semua kewarganegaraan bisa mendaftar, kecuali warga negara Rusia. Gelar yang diperoleh sebelumnya haruslah dari perguruan tinggi yang berlokasi di luar Flandria.
  8. Mahasiswa yang sudah terdaftar di institusi perguruan tinggi Flandria tidak bisa mendaftar. Satu-satunya pengecualian dibuat untuk mahasiswa internasional yang saat pendaftaran Musim Semi 2023, sudah terdaftar dalam program persiapan khusus untuk memulai program magister pada bulan September 2023.
  9. Mahasiswa yang mendaftar pada program berikut untuk tahun akademik 2023-2024 tidak memenuhi syarat untuk beasiswa Master Mind:

a. Program persiapan

b. Program penghubung

c. Kuliah jarak jauh

10. Mahasiswa mobility ke perguruan tinggi mitra di luar Flandria dan Brussel selama program master diperbolehkan. Namun, setidaknya setengah dari kredit program master harus diambil di universitas Flandria.

 

Tertarik dengan beasiswa Master Mind dan ingin berkonsultasi lebih lanjut dengan konsultan expert? Schoters bisa bantu kamu mulai dari persiapan memilih universitas, beasiswa, persyaratan dokumen hingga interview.

Silahkan klik tombol “Konsultasi Kuliah di Luar Negeri” di bawah ini dan kamu bisa bebas tanya apapun 👇

 

Baca Juga: Ketahui Alasan Harus Kuliah di Belgia dan Rekomendasi Beasiswanya!

 

Proses pendaftaran Master Mind Scholarship

  1. Periksa apakah pelamar memenuhi syarat untuk mendaftar dan apakah universitas Flemish pilihan Hunters berpartisipasi dalam Beasiswa Master Mind.
  2. Mengirimkan lamaran beasiswa ke universitas tuan rumah.
  3. Universitas tuan rumah menyeleksi terlebih dahulu permohonan yang memenuhi syarat.
  4. Universitas tuan rumah memulai prosedur aplikasi untuk Beasiswa Master Mind dengan membuat file aplikasi di alat aplikasi Mobility-Online.
  5. Pelamar menerima email yang dihasilkan oleh alat Mobility-Online yang memberitahukan bahwa pelamar terpilih untuk Beasiswa Master Mind.
  6. Pelamar mendaftar di alat Mobility-Online dan melengkapi berkas lamaran Anda di alat tersebut sebelum batas waktu.
  7. Universitas tuan rumah memvalidasi dan menyerahkan berkas lamaran lengkap di alat Mobility-Online sebelum batas waktu.

 

Dokumen persyaratan Master Mind Scholarship

  1. Foto ukuran paspor.
  2. Paspor atau KTP.
  3. Curriculum Vitae.
  4. Salinan transkrip akademik. Jika tidak ditulis dalam bahasa Belanda, Perancis, Jerman atau Inggris, sediakan terjemahan resminya ke dalam bahasa tersebut.
  5. Hasil tes kemampuan bahasa Inggris.
  6. Motivation letter dalam bahasa Inggris.
  7. Dua (2) surat rekomendasi dari profesor perguruan tinggi asal atau atasan kerja dalam bahasa Inggris.
  8. Salinan ijazah. Jika ditulis selain dalam bahasa Prancis, Belanda, Jerman, atau Inggris, sediakan terjemahan resminya

 

Deadline Master Mind Scholarship

Batas waktu pengumpulan berkas lamaran beasiswa Master Mind adalah 28 April 2023.

 

Rekomendasi bimbingan persiapan Master Mind Scholarship

Ingin lolos beasiswa Master Mind Scholarship? Yuk konsultasi dengan konsultan expert Schoters agar persiapan daftar beasiswamu lebih terarah.

Butuh program lain untuk persiapan daftar beasiswa ke luar negeri? Cek program terbaik dari Schoters untuk bimbingan persiapanmu, dijamin terlengkap.

master mind scholarship

Sumber : 

  1. https://www.studyinflanders.be/