Mengejar Beasiswa Tahfidz Brunei Darussalam

Sebagai pemeluk agama Islam, umat Muslim juga memiliki kewajiban untuk membaca dan memahami Al-Qur’an yang digunakan sebagai pedoman dalam kehidupan sehari-hari. Kalau kamu tertarik untuk mendalami kitab suci Al-Qur’an secara lebih mendalam di jenjang pendidikan tinggi, salah satu program studi yang bisa kamu ikuti adalah program studi Tahfidz, yang bertujuan untuk mempelajari kitab suci Al-Qur’an dengan cara menghafal ayat-ayat suci yang ada di dalamnya. Menariknya, kamu tidak hanya bisa mempelajari program ini di dalam negeri, tapi kamu juga bisa mendaftar masuk ke program studi Tahfidz di luar negeri. Salah satu negara yang membuka program studi Tahfidz di berbagai universitas atau institusi perguruan tinggi adalah Brunei Darussalam.

Ingin tahu lebih banyak tentang program studi Tahfidz di Brunei Darussalam beserta beasiswa Tahfidz Brunei Darussalam yang bisa kamu coba untuk mendukung studi kamu? Simak berbagai informasinya di bawah ini.

 

Overview Program Studi Tahfidz

Secara umum, program studi tahfidz adalah program studi yang membantu mahasiswa yang berminat mengembangkan dan menyiarkan agama Islam secara luas, khususnya dengan cara menghafalkan ayat-ayat suci yang ada dalam kitab suci Al-Qur’an. Program studi ini umumnya banyak ditemui di negara-negara dengan penduduk mayoritas Muslim seperti Indonesia, Malaysia dan juga Brunei Darussalam.   

 

Baca Juga: Cek 5 Universitas Teratas di Brunei Darussalam

 

Institusi Yang Menawarkan Program Tahfidz di Brunei Darussalam

Berikut adalah beberapa institusi perguruan tinggi di Brunei Darussalam yang menawarkan program studi Tahfidz.

Universiti Islam Sultan Sharif Ali (UNISSA)

Salah satu universitas di Brunei Darussalam yang secara khusus membuka program studi Tahfidz adalah Universiti Islam Sultan Sharif Ali (UNISSA), yang berlokasi di Bandar Seri Begawan, Brunei. Universitas ini adalah universitas Islam pertama yang berdiri di Brunei Darussalam pada tahun 2007. Program studi Tahfidz yang ditawarkan universitas ini adalah Bachelor of Tahfiz and Qira’at pada jenjang S1 dengan durasi studi selama 4 (empat) tahun di bawah Fakultas Usuludin.

Kolej Universiti Perguruan Ugama Seri Begawan (KUPU SB)

Meskipun tidak membuka program studi Tahfidz secara khusus seperti UNISSA, Kolej Universiti Perguruan Ugama Seri Begawa (KUPU SB) juga membuka berbagai program studi yang mengembangkan ilmu bidang Usuludin dan agama Islam berlandaskan Al-Qur’an dan Al-Sunnah. Universitas yang juga berlokasi di Bandar Seri Begawan ini menawarkan program studi Sarjana Perguruan Ugama (Usuludin) di bawah Fakultas Usuludin.

Institut Tahfiz Al-Quran Sultan Haji Hassanal Bolkiah

Institut Tahfiz Al-Quran Sultan Haji Hassanal Bolkiah adalah salah satu institusi perguruan tinggi di bawah Kementerian Pendidikan Brunei Darussalam yang secara khusus dibentuk untuk melahirkan para Hafiz Al-Quran melalui program studi Diploma. 

Tertarik melanjutkan pendidikan dengan beasiswa tahfidz Brunei Darussalam dan ingin berkonsultasi lebih lanjut dengan konsultan expert? Schoters bisa bantu kamu mulai dari persiapan memilih jurusan, beasiswa tahfidz Brunei Darussalam yang bisa dicoba, persyaratan dokumen hingga interview. Silahkan klik tombol “Konsultasi Kuliah di Luar Negeri” di bawah ini dan kamu bisa bebas tanya apa pun.

 

Beasiswa Tahfidz Brunei Darussalam

Salah satu program beasiswa Tahfidz Brunei Darussalam yang bisa kamu coba apabila kamu tertarik untuk mendaftar berbagai program studi Tahfidz di atas adalah Brunei Darussalam Government Scholarship (BDGS). Program beasiswa ini dibuka oleh Pemerintah Brunei Darussalam kepada pelajar internasional jenjang S1 maupun S2 yang ingin melanjutkan studi di beberapa universitas di Brunei Darussalam, termasuk KUPU SB dan UNISSA. Beasiswa ini terbuka untuk banyak program studi di KUPU SB dan UNISSA, termasuk program studi terkait Tahfidz Al-Qur’an.

Cakupan Beasiswa

Program beasiswa ini mencakup beberapa hal sebagai berikut :

1. Pembebasan biaya kuliah termasuk biaya pendaftaran, ujian, registrasi dan orientasi selama studi

2. Tiket penerbangan kelas ekonomi PP

3. Tunjangan bulanan sebesar BND$500

4. Tunjangan konsumsi bulanan sebesar BND$150

5. Tunjangan buku tahunan sebesar BND$600

6. Jatah tempat tinggal atau akomodasi di asrama kampus universitas atau politeknik

7. Tunjangan pengiriman bagasi bagi penerima beasiswa di akhir masa studi sebesar maksimal BND$250 ke negara-negara ASEAN, termasuk Indonesia

8. Biaya asuransi Kesehatan selama periode studi 

Persyaratan Beasiswa

Untuk mendaftar beasiswa ini, beberapa persyaratan yang harus dipenuhi antara lain :

1. Berusia maksimal 25 tahun pada hari pertama bulan Juli saat program studi dimulai untuk jenjang S1 dan maksimal 35 tahun untuk jenjang S2 

2. Memiliki kemampuan bahasa Inggris baik yang dibuktikan dengan menunjukkan skor IELTS minimal 6.0 atau skor TOEFL minimal 550 atau skor GCE O Level Examination dengan Credit 6 atau skor IGCSE English dengan Grade C

Timeline dan Prosedur Pendaftaran

Untuk mendaftar beasiswa BDGS, pendaftar dapat mengisi formulir pendaftaran elektronik dengan menyertakan :

1. Pasfoto terbaru

2. Kopi ijazah dan transkrip yang sudah dilegalisir

3. Terjemahan ijazah dan transkrip dalam bahasa Inggris yang sudah dilegalisir

4. Kopi akta lahir dan paspor yang sudah dilegalisir

5. Surat rekomendasi 

Beasiswa ini umumnya ditutup pada bulan Februari setiap tahunnya.

 

Baca Juga: Ayo Cek Pilihan Beasiswa S2 Untuk Lanjut Studi ke Brunei Darussalam

 

Rekomendasi Bimbingan Lolos Beasiswa Tahfidz Brunei Darussalam

Ingin lolos mendapatkan beasiswa Tahfidz Brunei Darussalam? Yuk konsultasi dengan konsultan expert Schoters agar persiapan daftar universitasmu lebih terarah.

Butuh program lain untuk persiapan menembus beasiswa Tahfidz Brunei Darussalam? Cek program terbaik dari Schoters untuk bimbingan persiapanmu, dijamin terlengkap. 

Beasiswa Tahfidz Brunei Darussalam