8 Negara Termudah untuk Mendapatkan Visa Kerja

Tahukah, Hunters, ada beberapa negara termudah untuk mendapatkan visa kerja. Negara-negara ini mempermudah setiap orang yang ingin membuat visa kerja melalui kantor kedutaan, kantor konsulat jenderal, maupun kantor imigrasi negara tersebut. 

Lantas, negara mana saja yang termasuk negara termudah untuk mendapatkan visa kerja? Untuk mengetahui hal tersebut, yuk, simak ulasan pada artikel Schoters berikut ini!

8 Negara Termudah untuk Mendapatkan Visa Kerja

1. Latvia

Latvia menjadi salah satu negara termudah untuk mendapatkan visa kerja. Apalagi, untuk warga yang tinggal di negara Uni Eropa. Sebab, warga Uni Eropa yang ingin bekerja di Latvia tidak membutuhkan visa kerja.

Ada empat jenis visa kerja di Latvia. Empat jenis visa kerja tersebut, antara lain, visa kerja tipe A, visa kerja tipe C dan E, visa kerja tipe D, dan visa kerja musiman. 

Visa kerja tipe A merupakan visa yang diberikan kepada orang asing yang ingin bekerja di Latvia. Visa kerja tipe C dan E merupakan visa kerja yang diberikan kepada seorang pekerja asing yang dipindahkan ke Latvia melalui transfer perusahaan.

Visa kerja tipe D merupakan visa kerja yang diberikan kepada pengusaha asing yang yang ingin mengunjungi Latvia karena kebutuhan bisnis. Sementara itu, visa kerja musiman merupakan visa kerja yang diterbitkan hanya dalam keadaan tertentu.  

2. Slovakia

Slovakia juga menjadi salah satu negara termudah untuk mendapatkan visa kerja. Ini menjadi keuntungan bagi orang yang ingin bekerja di sana. Apalagi, Slovakia juga menjadi negara yang kerap diincar para pekerja asing.

Dalam visa kerja Slovakia, ada beberapa jenis izin tercantum. Beberapa izin tersebut, antara lain, izin tinggal, izin kerja permanen, dan izin kerja musiman. 

3. Luksemburg

Selain Latvia dan Slovakia, Luksemburg juga menjadi salah satu negara termudah untuk mendapatkan visa kerja. Latvia menawarkan visa kerja jangka panjang dan jangka pendek bagi setiap orang yang ingin bekerja di sana.                       

Ada beberapa jenis visa kerja Latvia yang perlu Hunters ketahui. Ketiga jenis visa kerja tersebut, antara lain, Visa Schengen Jangka Pendek dan Visa Nasional Jangka Panjang.

Visa Schengen Jangka Panjang adalah jenis visa kerja yang dikeluarkan untuk memenuhi tujuan pekerjaan yang bersifat jangka pendek. Sementara itu, Visa Nasional Jangka Panjang adalah jenis visa kerja yang dikeluarkan untuk orang asing yang ingin bekerja di Latvia dalam jangka waktu lebih dari 100 hari. 

4. Estonia

Estonia merupakan negara dengan permintaan visa kerja yang tinggi. Itu lantaran Estonia termasuk negara termudah untuk mendapatkan visa kerja.

Ada dua jenis visa kerja di Estonia. Pertama adalah visa kerja jangka pendek. Visa ini sering disebut sebagai Visa Kerja D. Kedua adalah visa kerja jangka panjang. Visa ini biasanya digunakan bagi orang asing yang ingin bekerja di Estonia dalam jangka waktu yang cukup lama.

 

Baca Juga: Info Lengkap Visa Kerja

 

5. Jerman

Jerman juga termasuk negara termudah untuk mendapatkan visa kerja. Jerman sudah memudahkan pembuatan visa kerja bagi orang asing yang ingin bekerja di sana. 

Sebab, Jerman saat ini sedang membutuhkan tenaga kerja, terutama asing. Hal itu lantaran Jerman saat ini sedang mengalami kekurangan tenaga kerja.

6. Islandia

Islandia juga merupakan negara termudah untuk mendapatkan visa kerja. Sebab, sama dengan Estonia, Islandia juga merupakan salah satu negara dengan permintaan visa kerja tertinggi.

Di Islandia, ada beberapa jenis visa kerja yang perlu Hunters ketahui. Beberapa jenis visa kerja Islandia, antara lain, visa kerja sementara untuk pekerjaan yang membutuhkan pengetahuan ahli, visa kerja sementara untuk kekurangan tenaga kerja, visa kerja sementara bagi atlet, visa kerja sementara bagi pelajar, visa kerja sementara bagi pegawai khusus berdasarkan kontrak jasa, dan visa kerja sementara diberikan karena alasan khusus.

7. Ceko

Negara selanjutnya yang termasuk negara termudah untuk mendapatkan visa kerja adalah Ceko. Di Ceko, ada beberapa jenis visa kerja yang perlu kamu ketahui. Beberapa jenis visa kerja di Ceko, antara lain, visa bisnis tipe D, E Blu Card, visa karyawan, visa transfer karyawan intra-perusahaan.

Visa bisnis tipe D merupakan jenis visa kerja jangka panjang yang diberikan bagi orang asing yang ingin menjalankan bisnis di Ceko. E Blu Card merupakan izin tinggal dan izin kerja yang diperuntukkan bagi lulusan S1.

Visa karyawan merupakan jenis visa kerja yang diperuntukkan bagi pekerja dengan posisi tertentu. Visa kerja ini berlaku 2 tahun dan bisa diperpanjang. Sementara itu, visa transfer karyawan intra-perusahaan merupakan visa yang diperuntukkan bagi manajer, spesialis, atau peserta pelatihan yang akan dipindahkan secara internal dari perusahaan di luar UE untuk jangka waktu 3 bulan hingga 3 tahun.

8. Lithuania

Lithuania menjadi negara terakhir yang masuk ke dalam daftar negara termudah untuk mendapatkan visa kerja. Di, Lithuania ada peluang bagi pekerja non-Uni Eropa yang ingin bekerja di sana tanpa membuat visa kerja. 

Namun, ini membutuhkan sertifikat kualifikasi profesional tingkat tinggi. Dengan kata lain, hanya seorang ahli saja yang bisa bekerja di Lithuania tanpa menggunakan visa kerja.

Nah itu dia, Hunters, delapan negara termudah untuk mendapatkan visa kerja. Jadi, dari daftar di atas, mana negara yang jadi tujuanmu untuk kerja ke luar negeri? 

Rekomendasi Bimbingan Persiapan Kerja di Luar Negeri

Ingin kerja di luar negeri? Yuk, konsultasi dengan konsultan expert Schoters agar persiapan kerja di luar negerimu makin terarah.

Butuh program lain untuk persiapan kerja di luar negeri? Cek program Work Abroad Academy dari Schoters untuk bimbingan persiapanmu, dijamin terlengkap.