fbpx

Penerjemah Tersumpah Beserta 4 Hal yang Harus Diperhatikan

Tips & Trik

Halo Hunters, kalian sadar nggak kalau di zaman sekarang yang sudah serba digital ini, telah membantu banyak hal di kehidupan kita. Salah satunya adalah dengan mewadahi globalisasi di dalam negeri. Dengan begitu, akan tampak perbedaan bahasa yang hadir di Indonesia. Hal tersebut dapat diartikan bahwa profesi Penerjemah sangat dibutuhkan. Namun, tidak semua Penerjemah memiliki kredibilitas untuk mengerjakan dokumen-dokumen yang disertai legalitas. Profesi yang telah diakui kredibilitasnya untuk menangani hal tersebut adalah Penerjemah Tersumpah.

Apa Itu Penerjemah Tersumpah?

penerjemah tersumpah

Foto oleh Pixabay dari Pexels

Penerjemah Tersumpah atau Certified Translator merupakan sebuah profesi atau ahli bahasa yang telah tersertifikasi resmi oleh Himpunan Penerjemah Indonesia (HPI) karena lolos kualifikasi dari berbagai macam tes, serta telah bersumpah di depan Gubernur DKI Jakarta atau perwakilan sebagai bentuk pengukuhannya.

             Baca juga: Berapa Skor Minimum IELTS untuk Beasiswa LPDP ? Cari Tahu Jawabannya Disini 

Penerjemah Tersumpah biasanya ditugaskan untuk menerjemahkan dokumen-dokumen yang berhubungan dengan legalitas. Dokumen tersebut antara lain dokumen finansial, legal, akademis, teknikal, maupun pribadi. Sedangkan, Penerjemah Biasa ditugaskan pada hal yang tidak berhubungan pada legalitas, misalnya seperti sebuah produk, film, dan lain-lain.

Tugas dan Jasa Certified Translator

Apabila kalian sedang membutuhkan jasa Penerjemah Tersumpah, kalian harus mewaspadai hal-hal berikut agar terhindar dari hal-hal yang tidak diinginkan. Simak uraian di bawah ini, ya!

  1. Punya sertifikasi dari pemerintah. Sertifikat adalah hal wajib yang dimiliki. Namun, apabila seorang yang mengaku sebagai Penerjemah Tersumpah tidak memilikinya, sudah jelas bahwa orang tersebut hanya berpura-pura telah disertifikasi oleh HPI. So, lebih baik kalian berhati-hati sebelum memilih Penerjemah Tersumpah ya Hunters. Pastikan dulu kredibilitas orang tersebut.
  2. Memiliki situs profesional. Situs menjadi salah satu media untuk branding akan sebuah produk atau/dan jasa. Terlebih membuka situs yang ciamik dan aktif, membutuhkan tenaga profesional. Namun, sebagai calon pembeli jasa Penerjemah, tidak hanya cantik dan aktif yang perlu digaris bawahi, namun branding professionalism yang ada di situs tersebut juga wajib menjadi hal yang perlu dijadikan tolok ukur.
  3. Tarif normal. Seperti halnya membeli barang dan jasa apapun, sudah seharusnya kita melakukan perbandingan harga antar para penawar (pedagang) yang ada. Demi mendapatkan harga dan kualitas yang sesuai. Begitu pula dalam memilih Penerjemah Tersumpah, sebaiknya melakukan riset harga, agar tidak tertipu oleh harga yang terlalu murah maupun terlalu mahal.
  4. Testimoni dan rekomendasi. Pembeli jasa yang bijak seharusnya memperhatikan kualitas dari jasa ditawarkan. Hal tersebut dapat dilakukan dengan melihat testimoni dari orang-orang lain, agar tidak terkesan “membeli kucing dalam karung”. Begitu pula sebaliknya, dengan melihat testimoni, kita pun dapat menghindari para penerjemah yang nyatanya tidak kompeten.

Begitu saja hal-hal mengenai Penerjemah Tersumpah beserta 4 hal yang harus diperhatikan. Namun, jika kalian sangat membutuhkan jasa tersebut dengan segera, Schoters telah menyediakan layanan penerjemah yang dijamin bagus dan kredibel. Info lebih lanjut bisa kalian klik di sini ya.

INGIN KAMI BANTU KULIAH KE LUAR NEGERI ?

Konsultasikan Rencana Beasiswa & Kuliah Keluar Negeri-mu bersama Konsultan Expert Kami. 100% Free! Tanpa Bayar.

Pin It on Pinterest

Share This