10 Daftar Prospek Kerja Manajemen yang Wajib Kamu Tahu

Jurusan manajemen merupakan salah satu bidang yang sangat penting dalam dunia kerja. Bidang ini berkaitan dengan perencanaan, pengorganisasian, pengarahan, dan pengendalian sumber daya perusahaan untuk mencapai tujuan yang telah ditetapkan. Dalam era globalisasi saat ini, perkembangan teknologi dan digitalisasi membuka banyak prospek kerja manajemen yang dapat diisi oleh siapapun yang memiliki kecakapan manajemen. 

Dalam artikel ini, akan kita bahas 10 prospek kerja bagi lulusan manajemen. Apakah ada pekerjaan impian kalian di salah satunya?

1. Manajer Proyek

Pegawai pada posisi ini bertanggung jawab untuk mengelola seluruh proses dari awal hingga akhir proyek, termasuk merencanakan, mengkoordinasikan, dan mengawasi pelaksanaan proyek. Mereka juga bertanggung jawab untuk menjamin bahwa proyek berjalan sesuai dengan anggaran, waktu, dan kualitas yang diharapkan.

2. Analis Bisnis

Jika kamu adalah seorang analis bisnis, maka kamu bertanggung jawab untuk mengevaluasi kebutuhan bisnis perusahaan dan mengembangkan solusi untuk meningkatkan efisiensi dan efektivitas operasi. Kamu wajib menganalisis data, mengidentifikasi masalah, dan merancang strategi untuk menyelesaikan segala masalah dan mencapai tujuan perusahaan.

 

Baca Juga : Kenali Lebih Lanjut Universitas Dengan Jurusan Manajemen Terbaik di Dunia!

 

3. Manajer Penjualan

Seorang manajer pemasaran bertanggung jawab untuk mengembangkan dan mengeksekusi strategi pemasaran untuk mencapai tujuan penjualan dan laba perusahaan. Mereka melakukan analisis pasar, mengevaluasi kompetitor, dan merancang kampanye promosi untuk meningkatkan brand awareness dan penjualan.

4. Manajer SDM

Seorang manajer SDM bertanggung jawab untuk mengelola dan mengatur aktivitas yang berhubungan dengan sumber daya manusia, termasuk rekrutmen, pelatihan, pengembangan karir, pengelolaan kinerja, dan pengelolaan konflik. Mereka juga bertanggung jawab untuk menjaga komunikasi yang efektif antara manajemen dan karyawan serta memastikan karyawan diterima dan dihargai dengan baik.

5. Manajer Risiko

Manajer risiko bertanggung jawab untuk menganalisis dan mengelola risiko bisnis. Mereka mengevaluasi potensi risiko dan mengembangkan rencana untuk mengurangi atau menghilangkan dampak negatif dari operasi bisnis. Mereka juga melakukan pemantauan secara terus-menerus atau berkala untuk kemudian melaporkan hasilnya kepada manajemen.

6. Manajer Rantai Pasokan

Manajer rantai pasokan bertanggung jawab untuk mengelola aliran barang dan jasa dari berbagai pemasok untuk kebutuhan produksi di pabrik. Mereka mengkoordinasikan aktivitas pembelian, transportasi, persediaan, distribusi dan pengiriman pasokan bahan baku untuk mencapai efisiensi dan efektivitas biaya untuk laba perusahaan.

7. Manager Distribusi

Manajer distribusi bertanggung jawab untuk mengelola jalur distribusi produk atau jasa dari produsen ke konsumen akhir. Mereka memastikan bahwa produk tersedia di tempat yang tepat pada waktu yang tepat dan dengan harga yang wajar. Selain itu, mereka juga bertanggung jawab untuk mengelola hubungan dengan pemasok dan mitra distribusi.

 

Baca Juga : Ini Dia Daftar Universitas Manajemen Terbaik di Indonesia

 

8. Manajer Informasi dan Teknologi (TI)

Manajer TI bertanggung jawab untuk mengelola dan mengkoordinasikan kegiatan teknologi informasi dalam sebuah organisasi. Mereka bertanggung jawab untuk mengembangkan, mengimplementasikan dan mengelola sistem teknologi informasi untuk meningkatkan efisiensi dan produktivitas perusahaan. Mereka juga bertanggung jawab untuk mengelola tim IT dan memastikan bahwa semua proyek teknologi dapat berjalan dengan baik dalam membantu perusahaan mencapai tujuannya. 

9. Manajer Keamanan

Seorang manajer keamanan bertanggung jawab untuk mengidentifikasi dan mengelola risiko keamanan, mengembangkan program keamanan, dan melakukan investigasi jika terjadi pelanggaran keamanan dalam semua lini perusahaan dari produksi hingga distribusi produk. Mereka juga bertanggung jawab untuk menjaga keselamatan staf dan aset perusahaan serta menjamin bahwa perusahaan memenuhi regulasi keamanan yang berlaku.

10. Manager Riset dan Pengembangan (R&D)

Manajer R&D bertanggung jawab untuk mengembangkan dan menerapkan strategi penelitian dan pengembangan produk baru. Mereka bertanggung jawab untuk mengkoordinasikan karya tim R&D dan menjamin bahwa proyek-proyek berjalan sesuai rencana dan dalam batas anggaran. Mereka juga bertanggung jawab untuk memastikan bahwa produk yang dihasilkan sesuai dengan standar kualitas dan regulasi yang berlaku.

Kuliah di jurusan manajemen universitas luar negeri dapat lebih membuka wawasan, perspektif, dan relasi. Hal ini dikarenakan budaya dan pengalaman yang berbeda serta mahasiswa yang berasal dari berbagai belahan dunia. 

Untuk itu, jika kalian ingin memperdalam ilmu manajemen demi karir yang lebih baik, segera hubungi Schoters yang akan siap dan sigap dalam membantu kalian melanjutkan studi ke luar negeri dengan beasiswa yang kalian impikan!

Banner K2 - Mau StudyAbroad 800x400 px