10 Universitas dengan Jurusan Manajemen Terbaik di Indonesia

Jurusan manajemen adalah salah satu jurusan favorit bagi calon mahasiswa baru. Peluang kerja yang dimiliki lulusan manajemen bisa bilang sangat luas karena bisa mencakup berbagai jenis pekerjaan dan beragam jenjang kerja.

Bekerja di sektor ekonomi dan keuangan menjadi pilihan utama bagi lulusan jurusan ini. Meskipun begitu, pada dasarnya banyak sekali potensi yang bisa Hunters kembangkan dengan mencoba untuk bekerja di sektor lainnya, seperti pendidikan, media, kreatif, dan lainnya.

Berikut adalah universitas dengan jurusan manajemen terbaik di Indonesia:

1. Universitas Indonesia

Universitas Indonesia berada diperingkat pertama, dengan ranking kedua untuk peringkat Indonesia, ranking 603 untuk peringkat dunia menurut Ranking World Universities. Akreditasi jurusan Manajemen dan Bisnis adalah A, sehingga Universitas Indonesia layak masuk daftar universitas terbaik fakultas Manajemen.

Kampus utamanya terletak di bagian Utara dari Depok, Jawa Barat tepat di perbatasan antara Depok dengan wilayah Jakarta Selatan, sementara kampus utama lainnya terdapat di Salemba, Jakarta Pusat.

Buat Hunters yang ingin sekali masuk UI, kamu wajib tahu fakta – fakta menarik tentang UI biar kamu UI banget. UI punya beberapa singkatan unik, seperti Tamling (Taman Lingkar), Takor (Taman Korea), Kutek (Kukusan Teknik), lalu gedung perpustakaan UI yang memiliki nama lain, yakni Crystal of Knowledge.

Perpustakaan ini adalah perpustakaan terbesar di Asia Tenggara. Gedung yang memiliki luas bangunan 33.000 meter persegi dengan total delapan lantai ini dibangun di atas lahan seluas 2,5 hektar. Lingkungan di sekitarnya merupakan ruang terbuka hijau dan danau yang menciptakan suasana nyaman.

2. Universitas Gadjah Mada

Universitas Gadjah Mada berada diperingkat pertama untuk Indonesia versi UniRank dan peringkat 254 versi QS World Rank. Tidak bisa dipungkiri dengan segala prestasi universitas yang telah dicapai, Universitas ini memiliki 69 program studi Sarjana dan 21 program studi Vokasi atau Sarjana Terapan.

Sebagai pelopor perguruan tinggi nasional berkelas dunia yang unggul dan inovatif, UGM menyelenggarakan program pendidikan sarjana, sarjana terapan (vokasi), magister, doktor, dan kelas internasional. Didukung juga dengan sarana prasarana yang lengkap, seperti perpustakaan pusat, gelanggang mahasiswa, rumah sakit, dan sebagainya.

Universitas Gadjah Mada adalah perguruan tinggi negeri di Daerah Istimewa Yogyakarta, Indonesia. Universitas Gadjah Mada merupakan perguruan tinggi pertama yang didirikan oleh Pemerintah Indonesia setelah Indonesia merdeka

3. Universitas Brawijaya

Jurusan Manajemen di Universitas Brawijaya berada di bawah fakultas Ekonomi dan Bisnis. Jurusan Manajemen di Universitas Brawijaya telah memiliki predikat A dari BAN-PT dan memiliki lima peminatan. Universitas Brawijaya (UB) merupakan perguruan tinggi negeri yang didirikan pada tanggal 5 Januari 1963 di Malang, Jawa Timur.

Pada umumnya, universitas – universitas di Indonesia mempunyai singkatan dari nama universitas tersebut. Misal, Universitas Indonesia biasa disingkat dengan UI, Institut Pertanian Bogor biasa disingkat dengan IPB, Universitas Padjadjaran biasa disingkat dengan UNPAD.

Nah, Universitas Brawijaya juga memiliki singkatan. Namun, yang membedakan dari universitas lain, Universitas Brawijaya ini mempunyai singkatan yang beragam. Ada beberapa mahasiswa yang menyebutnya UB, ada juga yang menyebutnya Unibra, Unbraw, dan Unibraw. Tetapi, singkatan UB yang dijadikan sebagai singkatan resmi Universitas Brawijaya.

          Baca Juga: Kenali Juga 10 Universitas Terbaik di Indonesia Bidang Pendidikan

4. Institut Teknologi Bandung

Kampus yang selalu menjadi kampus nomor satu di Indonesia ini memiliki jurusan manajemen yang dikenal dengan SBM ITB atau School of Business Management ITB. SBM ITB juga merancang mata kuliah dengan basis IBE atau Integrated Business Experience yang membuat kamu bisa mendapat pengalaman bisnis sendiri.

Institut Teknologi Bandung adalah sekolah teknik pertama di Indonesia. Untuk saat ini, Institut Teknologi Bandung (ITB) terletak di dua tempat, universitas utama adalah di Jalan Ganesa, Bandung dan satu lagi di Jatinangor, Sumedang. Selama 10 tahun terakhir, peringkat ITB naik 8 kali dan hanya sekali turun.

5. Universitas Diponegoro

Jurusan Manajemen terbaik di Indonesia selanjutnya berada di Universitas Diponegoro. Jurusan ini berada di bawah fakultas Ekonomika dan Bisnis. Selain jenjang S1, jurusan manajemen di UNDIP juga menyelenggarakan jenjang D3 dan S2.

PTN yang terletak di Semarang, Jawa Tengah ini, selain membuka kelas reguler, juga membuka program Sarjana S1 Internasional alias Internasional Undergraduate Program (IUP). Program IUP UNDIP ini bisa menjadi salah satu alternatif yang kamu ikuti jika kamu gagal diterima program kelas reguler.

Program IUP UNDIP sendiri dirancang sebagai kelas khusus dengan bahasa Inggris sebagai bahasa pengantar serta bahasa komunikasi dalam semua kegiatan di kampus.

6. Universitas Airlangga

Universitas yang biasa disebut UNAIR ini memiliki jurusan Manajemen dengan akreditasi A. UNAIR juga merupakan salah satu kampus negeri terfavorit di Indonesia, karena berada di ujung timur pulau Jawa, maka universitas ini juga populer di wilayah Indonesia tengah dan timur.

Hampir setiap tahunnya, Universitas Airlangga telah menerima lebih dari 5.000 mahasiswa baru melalui jalur – jalur pendaftaran yang dilakukan. Universitas ini juga menawarkan lebih dari 170 program studi yang bisa Hunters pilih dari jenjang S1-S3.

UNAIR juga memiliki rumah sakit berstandar Internasional. Selain menjadi tempat yang menjadi rujukan untuk melakukan riset terkait dunia medis internasional. RS UNAIR juga dilengkapi dengan tenaga medis profesional dan alat kesehatan canggih lainnya.

7. Universitas Padjadjaran

Universitas Padjadjaran memiliki program studi Manajemen yang berada di bawah fakultas Ekonomi dan Bisnis. Program studi ini juga sudah mengembangkan program The Champion yang tujuannya untuk mengembangkan kemampuan berpikir mahasiswa di segala kompetensi.

Unpad berdiri pada 11 September 1957, dengan lokasi kampus di Bandung. Rektorat UNPAD yang terletak di kampus Jatinangor ini, merupakan salah satu keunikan UNPAD. Jika dilihat dari atas gedungnya terlihat seperti stadion sepak bola yang berbentuk lingkaran dan berukuran cukup besar.

8. Institut Pertanian Bogor

Jurusan Manajemen di IPB berada di bawah fakultas Ekonomi & Manajemen. Institut Pertanian Bogor menjadi perguruan tinggi negeri yang dijuluki sebagai kampus rakyat. Hal ini dikarenakan jurusannya fokus pada bidang pertanian yang memiliki bentuk indikasi adanya keinginan universitas untuk mensejahterakan rakyat.

Selain itu, mahasiswa Institut Pertanian Bogor juga sering turun untuk membela dan meminta aspirasi demi kesejahteraan rakyat. Tidak heran, mahasiswa kampus memiliki slogan “Hidup rakyat Indonesia dan pertanian Indonesia”.

          Baca Juga: Berikut 10 Universitas Negeri Terbaik di Indonesia!

9. Universitas Hasanuddin

Jurusan Manajemen di UNHAS mulanya bernama jurusan ketatalaksanaan perusahaan dan berada di bawah fakultas Ekonomi. Ada berbagai konsentrasi yang bisa Hunters pilih, seperti Manajemen Pemasaran, Manajemen Keuangan, Manajemen SDM, Manajemen Umum, dan Manajemen Operasional.

Universitas Hasanuddin (Unhas) merupakan sebuah perguruan tinggi negeri di Makassar, Sulawesi Selatan, yang berdiri pada 10 September 1956. Universitas Hasanuddin saat ini menempati area seluas 220 hektar. Universitas Hasanuddin juga memiliki ruang – ruang publik pendukung perkuliahan.

Diantaranya ialah sarana berupa gedung olahraga, lantai dasar gedung PKM, lapangan sepak bola, taman, dan danau. Kelima fasilitas tersebut kerap kali digunakan oleh mahasiswa dan masyarakat untuk berkegiatan pada pagi dan sore hari.

10. Universitas Andalas

Jurusan manajemen di Universitas Andalas berada di bawah fakultas Ekonomi dan telah mendapat akreditasi A. Jurusan ini memiliki lima konsentrasi, yaitu Manajemen Pemasaran, Manajemen Keuangan, Manajemen SDM, Manajemen Strategi, dan Kewirausahaan.

Universitas Andalas adalah perguruan tinggi negeri Indonesia yang terletak di Kota Padang, Sumatra Barat, Indonesia. Universitas ini merupakan universitas tertua di luar Pulau Jawa yang dibuka secara resmi pada tanggal 23 Desember 1955 oleh Wakil Presiden Mohammad Hatta.

Dilihat dari sejarah berdirinya, Universitas Andalas merupakan kampus negeri pertama yang dibangun di Pulau Sumatera. Penamaannya merujuk kepada nama pulau Sumatera yang pada tahun 1956 terkenal dengan nama Pulau Andalas.

Dibangun tepat di perbukitan yang tingginya 200 mdpl membuat Unand juga cukup asri dengan banyaknya pepohonan di sekitar, serta hewan yang berkeliaran. Pohon tersebut sebagian besar alami karena Unand dibangun dengan mengkonversi Bukit Karamuntiang Limau Mani. Tidak heran juga di belakang kampus tersebut memiliki banyak hutan bahkan jurang.

Siap Mendaftar di Salah Satu Universitas Manajemen Terbaik di Indonesia?

Hunters, kuliah di dalam negeri atau luar negeri itu sama saja bagusnya kok, tergantung dimana kamu ingin mencapai mimpi kamu! Jika kamu masih ragu di mana untuk melanjutkan studimu, yuk segera konsultasikan bersama mentor expert Schoters! 

Banner CTA K2- Schoters (Feb 27, 2023 11:04 AM)