Ketahui 20 Prospek Kerja Teknik Industri yang Menjanjikan

Ujian masuk universitas sudah di depan mata, apakah Hunters sudah tahu jurusan apa yang mau diambil? Atau sebenarnya Hunters sudah punya pilihan jurusannya saat ini? Nah, bagi Hunters yang memilih jurusan Teknik Industri atau sedang mempertimbangan bidang studi ini, berikut Schoters kupas tuntas seputar kuliah dan prospek kerja Teknik Industri. Yuk simak!

Overview kuliah Jurusan Teknik Industri

Secara garis besar, teknik industri adalah bidang ilmu yang mempelajari dan membahas kegiatan produksi, pengelolaan, dan ekonomi dari perkembangan pabrik, desain, dan bahan untuk menciptakan manajemen perusahan yang baik. 

Teknik Industri sendiri merupakan jurusan yang menggabungkan berbagai ilmu lainnya, mulai dari matematika, fisika, ilmu sosial hingga manajemen. Adapun mata kuliah yang umum diberikan pada jurusan Teknik Industri sendiri terdiri dari:

  1. Analisis Finansial;
  2. Analisis Keputusan;
  3. Strategi Industri;
  4. Manajemen K3;
  5. Manajemen Proyek;
  6. Kapita Selekta Manajemen.

 

Jadi, memang mata kuliah yang diberikan pada jurusan ini akan sangat luas, bukan hanya ilmu tentang material dan bahan saja. Apakah Hunters tertarik dengan jurusan ini?

 

Keahlian lulusan dan prospek kerja Teknik Industri

Sebagai salah satu jurusan yang diminati karena prospek kerja Teknik Industri yang luas, ada beberapa keahlian atau soft skills yang harus dimiliki oleh semua lulusan Teknik Industri agar dapat bersaing di dunia kerja. Beberapa dari keahlian tersebut diantaranya:

1. Pemecahan Masalah

Keahlian pertama ini sangat penting dan mendasar, karena peran utama seorang insinyur adalah membuat sistem dan membuat proses sistem itu menjadi lebih efisien. Oleh karena itu, kemampuan pemecahan masalah menjadi hal yang krusial. Beberapa permasalahan yang harus diselesaikan oleh seorang insinyur industri adalah mendeteksi masalah, menganalisis penyebab dan merancang sistem permasalahannya. 

2. Perencanaan Proyek

Berhubungan dengan keahlian pemecahan masalah di atas, seorang sarjana Teknik Industri harus punya kemampuan manajemen proyek yang baik beserta dengan kemampuan teknikal lainnya. Kemampuan yang dimaksud adalah keahlian untuk merencanakan, mengorganisir, mengelola, dan menyelesaikan proyek dengan efisien dan efektif. 

3. Detail Oriented

Ketika membuat sebuah sistem, tentunya seorang insinyur industri hari teliti dan detail dalam menemukan masalah, penyebab dan membuat solusinya. Selain itu para insinyur juga harus memikirkan bagaimana sistem yang dibuat itu berkelanjutan. 

4. Komunikasi

Selain kemampuan teknis di atas, tentunya seorang insinyur harus mempunyai kemampuan komunikasi yang baik. Dalam pembuatan suatu proyek, insinyur akan bertemu dengan banyak kepentingan mulai dari klien, pekerja, ataupun manajemen. Oleh karena itu, dengan kemampuan komunikasi yang baik maka seorang insinyur dapat menjelaskan ide dan proyeknya kepada banyak kalangan agar dapat dipahami.

5. Kepemimpinan

Jika Hunters ingin punya karir yang lebih bertahan lama, kemampuan kepemimpinan akan sangat membantu. Karena sudah banyak orang yang pintar tapi jarang ada orang yang memiliki kemampuan kepemimpinan yang baik. 

6. Paham dengan Model Bisnis

Karena pekerjaan insinyur Teknik Industri tidak akan jauh-jauh dari klien dan perusahaan-perusahaan, mengetahui berbagai model bisnis akan sangat membantu proses pengembangan proyek karena akan mudah bagi insinyur untuk tahu apa yang sebenarnya klien ingin dan butuhkan. Terlebih ketika berbicara kepada pemangku kepentingan.

 

Baca Juga: Yuk Kuliah Teknik Industri di Korea Selatan! Simak Info Beasiswanya disini

 

20 prospek kerja Teknik Industri

Karena Hunters akan banyak mempelajari hal yang berhubungan dengan pengoptimalisasi kegiatan produksi, pengelolaan dan ekonomi, pilihan prospek kerja Teknik Industri cukup luas. Beberapa pilihan prospek kerja Teknik Industri antara lain:

  1. Product Manager;
  2. Bagian Pengendalian Mutu Produk dan Kesehatan;
  3. Teknisi dan Operator Pabrik;
  4. Quality Assurance (QA);
  5. Quality Control (QC);
  6. System Analyst;
  7. Bagian Operasi dan Logistik;
  8. Market Researcher;
  9. Data Scientist;
  10. Bagian Personalia (HRD);
  11. Dosen;
  12. Manajemen Tenaga Kerja;
  13. Pengembang Produk;
  14. Supply Chain and Operation Control;
  15. Perancang Produksi;
  16. Manajemen dan Perencanaan Distribusi;
  17. Konsultasi Manajemen;
  18. Konsultan Berkelanjutan;
  19. Pengusaha;
  20. Peneliti.

 

Apakah ada prospek kerja Teknik Industri yang Hunters inginkan dari 20 daftarnya di atas? Sebagai salah satu jurusan yang paling diincar di Indonesia, ada baiknya Hunters menyiapkan rencana cadangan ya. Salah satu strategi yang Hunters bisa coba adalah kuliah ke luar negeri. Terlebih jika Hunters memang punya passion di jurusan ini dan menginginkan prospek kerja Teknik Industri yang lebih luas dan berskala internasional. 

Eits, jangan minder dulu Hunters. Kuliah S1 ke luar negeri bukan lagi mimpi semata loh. Bahkan, Hunters bisa dapat kuliah secara gratis dengan beasiswa-beasiswa yang tersedia. 

Nah, jika Hunters tertarik, Schoters punya bimbingan perencanaan kuliah ke luar negeri yang bisa Hunters coba. Hunters akan dipandu untuk memilih negara tujuan, universitas, beasiswa hingga persiapan berkas-berkas yang dibutuhkan bersama dengan para mentor yang juga lulusan dari universitas luar negeri terbaik loh! 

 

3 Universitas luar negeri terbaik di bidang Teknik Industri

Selain memberikan bimbingan konseling perencanaan studi luar negeri yang cocok untuk Hunters, berikut Schoters rangkumkan 3 universitas luar negeri terbaik dengan prospek kerja Teknik Industri yang cemerlang. Berikut daftar universitas terbaiknya yang diambil dari QS World University Ranking 2023.

1. Massachusetts Institute of Technology (MIT) – US

Massachusetts Institute of Technology (MIT) adalah sebuah universitas swasta terkemuka yang terletak di Cambridge, Massachusetts, Amerika Serikat. Didirikan pada tahun 1861, MIT memiliki reputasi yang sangat baik di bidang teknik, sains, dan teknologi.

MIT terkenal dengan pendekatannya yang sangat praktis dan inovatif dalam pengajaran, penelitian, dan pengembangan teknologi. Banyak inovasi terkemuka yang lahir dari MIT, termasuk World Wide Web, GPS, dan teknologi radar. Kampus MIT juga dikenal sebagai pusat inovasi dan wirausaha, dengan banyak startup teknologi yang didirikan oleh lulusannya.

2. Delft University of Technology – Belanda

Delft University of Technology atau Technische Universiteit Delft (TU Delft) adalah sebuah universitas teknologi yang terletak di kota Delft, Belanda. TU Delft didirikan pada tahun 1842 dan saat ini merupakan universitas teknologi terbesar di Belanda.

TU Delft memiliki reputasi yang sangat baik di bidang teknik, arsitektur, dan ilmu pengetahuan alam. Universitas ini memiliki staf pengajar yang terkenal di dunia akademik dan industri, serta fasilitas penelitian yang canggih. 

TU Delft juga sangat fokus pada pengembangan teknologi yang berkelanjutan dan inovatif. Universitas ini memiliki pusat penelitian dan pengembangan teknologi hijau yang terkenal di dunia, seperti Inisiatif Energi Delft dan Instituut Klimatechnologie.

3. University of California, Berkeley (UCB) – US

University of California, Berkeley (UCB) adalah sebuah universitas riset publik yang terletak di kota Berkeley, California, Amerika Serikat. Didirikan pada tahun 1868, UCB merupakan salah satu universitas yang paling terkemuka di dunia.

UCB memiliki reputasi yang sangat baik di bidang ilmu pengetahuan, teknologi, dan sains sosial. UCB dikenal sebagai pusat inovasi dan riset yang terkemuka di dunia. Banyak penelitian terkemuka lahir dari UCB, seperti pengembangan teknologi CRISPR-Cas9, penemuan unsur kimia plutonium, dan pengembangan teknologi Google. 

 

Baca Juga: Tertarik Kuliah Teknik Industri di Universitas Luar Negeri? Simak Info Beasiswa LPDP S1 disini!

 

Nah, itu, dia Hunters, beberapa prospek kerja Teknik Industri yang bisa kamu gapai setelah lulus. Jika diperhatikan, prospek kerja Teknik Industri punya cahaya cerah. Sebab, beberapa di antaranya kini merupakan pekerjaan paling dibutuhkan serta pekerjaan dengan gaji paling tinggi. Jadi, gimana? Tertarik masuk Jurusan Teknik Industri?

 

Rekomendasi bimbingan persiapan lolos beasiswa dan universitas Jurusan Teknik Industri

Ingin dapat lebih banyak tips untuk lolos beasiswa, universitas hingga prospek kerja Teknik Industri? Yuk konsultasi dengan konsultan expert Schoters agar persiapan daftar universitasmu lebih terarah.

Butuh program lain untuk persiapan dapat universitas luar negeri? Cek program terbaik dari Schoters untuk bimbingan persiapanmu, dijamin terlengkap.

prospek kerja teknik industri