10 Prospek Kerja Bidang Teknik di Jepang beserta Lowongannya

 

Saat ini, Jepang sedang banyak membutuhkan lulusan dari beberapa jurusan kuliah loh! Negara yang dikenal dengan negeri sakura ini terkenal dengan perkembangan teknologi canggihnya dan perkembangan industri yang pesat. 

Jika kamu berniat untuk melebarkan sayap dalam dunia karir di Jepang terdapat beberapa hal yang perlu kamu perhatikan, salah satunya memilih jurusan yang tepat. Ini akan menjadi kunci kesuksesanmu, jadi yuk simak penjelasan 10 prospek kerja di bidang teknik di Jepang di bawah ini!

 

Jurusan atau Bidang Teknik yang Biasa Dibuka di Jepang

Dari sekian banyak jurusan yang disediakan, terdapat 10 jurusan yang saat ini paling diminati di Jepang. Hunters bisa menyesuaikan pilihan jurusan dengan minat dan karakteristik yang kamu miliki. Berikut penjelasan tiap jurusan yang sudah Schoters rangkum:

 

1. Ilmu Komputer 

 

Prospek Kerja Bidang Teknik di Jepang

Perkembangan teknologi yang semakin pesat menyebabkan terbuka luasnya prospek kerja teknik di Jepang salah satunya pada jurusan ilmu komputer. Hunters akan dihadapkan dengan tantangan analisis data yang kompleks, pemrograman, AI (kecerdasan buatan, pengembangan aplikasi, dan semacamnya. 

Potensi yang besar serta industri digital yang terus berkembang di Jepang menyebabkan lulusan ilmu komputer sangat dibutuhkan. Dengan skill yang mumpuni Hunters dapat melanjutkan karir menjadi pengembang perangkat lunak, dana analys, keamanan siber, dan lain-lain. Terdapat banyak lowongan pekerjaan yang ditawarkan dengan persaingan yang kompetitif.

Jika sudah memiliki impian untuk bekerja di Jepang, Hunters dapat mempersiapkan diri dari jauh-jauh hari salah satunya dengan mendaftar kuliah di Universitas of Tokyo yang telah menjalankan kerja sama dengan International Business Machines Corp. (IBM) dalam membuat inovasi komputer kuantum komersial pertama di Jepang.

Rekomendasi perusahaan Jepang yang cocok bagi lulusan ilmu komputer adalah Fujitsu Corporation Ltd Tokyo yang merupakan perusahaan nomor tiga terbesar di dunia, melalui perusahaan ini Hunters dapat memperdalam kemampuan profesional. 

 

2. Teknik Elektro 

 

Prospek Kerja Bidang Teknik di Jepang

Prospek kerja bidang teknik di Jepang lain yang saat ini banyak dibutuhkan adalah teknik elektro. Banyak perusahaan industri elektronik di Jepang yang berkembang pesat dan sangat maju. Hal ini dibuktikan dengan reputasi perusahaan-perusahaan seperti Sony, Panasonic, Toshiba yang sangat terkenal di kancah internasional.

Untuk melanjutkan karir di bidang ini dibutuhkan pendidikan minimal lulusan S1 teknik elektro dengan kompetensi profesional yang dibutuhkan. Skill yang dibutuhkan antara lain pemahaman akan cara kerja peralatan elektronik, pemahaman sistem kelistrikan,  dan cara membuat perangkat dan sistem yang menggunakan listrik.

 Prospek kerja yang ditawarkan dapat digunakan di banyak perusahaan seperti bidang industri manufaktur, perusahaan telekomunikasi, perusahaan energi, dan perusahaan lainnya. Bidang ini juga menawarkan gaji yang kompetitif dengan peluang besar berkontribusi pada inovasi global.

 

3. Teknik Mesin 

 

Prospek Kerja Bidang Teknik di Jepang

Jepang merupakan salah satu negara yang unggul dalam industri otomotif. Dengan perkembangan otomotif yang terus maju, profesi di bidang ini sangat dibutuhkan untuk merancang, mengembangkan, dan memproduksi berbagai macam mesin dan peralatan otomotif.

Bidang ini membutuhkan skill matematika dan komputer dengan tingkat kompetensi tertentu. Pekerja bidang ini juga membutuhkan kreativitas agar segala ilmu yang telah dipelajari dapat diterapkan dalam pembuatan mesin.

Terdapat beberapa perusahaan mesin Jepang yang sudah terkenal dalam memproduksi mesin-mesin berkualitas seperti Honda, Toyota, dan Nissan. Keuntungan lain yang didapatkan adalah kemampuan profesional dan pengalaman yang akan sangat dihargai terutama jika kamu dapat bergabung di salah satu perusahaan besar tersebut.

 

Baca Juga: 5 Peluang Kerja di Jepang untuk Lulusan S1

 

4. Teknik Sipil 

 

Prospek Kerja Bidang Teknik di Jepang

Potensi gempa bumi di Jepang yang tinggi menyebabkan dibutuhkannya pekerja jasa yang dapat membuat bangunan kuat, tahan lama, serta aman untuk semua orang. Hal yang dipelajari dalam jurusan teknik sipil adalah prosedur untuk membangun dan merawat infrastruktur,  mulai dari jembatan, jalan, gedung, dan bangunan lain. 

Reputasi teknik sipil di Jepang terkenal sangat baik di dunia karena menghasilkan infrastruktur yang canggih, kuat, dan efisien. Lulusan teknik sipil akan mendapat banyak peluang karir yang di Jepang maupun negara lain. Selain itu, perusahaan konstruksi Jepang sangat dihormati di dunia dan seringkali mencari pekerja professional dari perusahaan-perusahaan terkemuka di Jepang.

Lulusan dari universitas-universitas terkemuka di Jepang juga banyak dicari, beberapa universitas terkemuka di Jepang yang menawarkan program studi teknik sipil antara lain University of Tokyo, Tokyo Institute of Technology, dan Kyoto University.

 

5. Teknik Kimia 

 

Prospek Kerja Bidang Teknik di Jepang

Industri kimia sangat dibutuhkan untuk pengembangan berbagai sektor, termasuk farmasi, bahan kimia, dan energi. Peran lulusan teknik kimia yaitu untuk meningkatkan efisiensi, mengembangkan inovasi baru, dan memastikan kualitas produk. Misalnya proses pembuatan plastik, bensin, obat-obatan, dan makanan.

Jika Hunters ingin memfokuskan karir dalam bidang ini, kamu dapat melamar ke perusahaan seperti Asahi Kasei, Mitsubishi Chemical, dan perusahaan farmasi lainnya. Prospek kerja bidang ini memberi peluang untuk bekerja di laboratorium modern dan mendapat kesempatan untuk pengembangan produk yang bermanfaat bagi masyarakat.

 

6. Teknik Informatika

 

Prospek Kerja Bidang Teknik di Jepang

Lulusan teknik informatika dipersiapkan untuk menjadi pengembang perangkat lunak, sistem analis, konsultan IT dan arsitek perangkat lunak. Berbeda dengan jurusan ilmu komputer yang berfokus pada algoritma dan teori, jurusan teknik informatika fokus pada implementasi solusi teknologi untuk memecahkan masalah praktis. 

Rekomendasi perusahaan di bidang ini antara lain, LINE Corporation, Rakuten, dan perusahaan lainnya. Saat ini banyak terdapat perusahaan startup yang terus berkembang dan membutuhkan lulusan teknik informatika dengan kompetensi yang mumpuni.

Tertarik melanjutkan karir di Jepang dan ingin berkonsultasi lebih lanjut dengan konsultan expert? Yuk konsultasi dengan Schoters untuk bantu persiapan bekerja di Jepang. Kamu juga bisa konsultasi mengenai visa dan prospek kerja bidang teknik yang cocok dengan kamu!

Silahkan klik tombol “Konsultasi Kerja di Luar Negeri” di bawah ini dan kamu bisa bebas tanya apapun.

 

10 Prospek Kerja Bidang Teknik di Jepang beserta Lowongannya

 

7. Teknik Perminyakan

 

Prospek Kerja Bidang Teknik di Jepang

Meskipun Jepang bukan merupakan negara penghasil minyak, namun banyak perusahaan-perusahaan Jepang yang memiliki operasi di luar negeri. Lulusan bidang ini dibutuhkan untuk eksplorasi produksi dan pengolahan minyak bumi.

Membutuhkan kualifikasi pendidikan minimal lulusan S1 dan pemahaman tentang geologi, reservoir engineering, dan produksi minyak bumi. Jika ingin mendalami bidang ini Hunters perlu memiliki kemampuan untuk bekerja di lingkungan yang menantang. 

Dengan risiko dan beban kerja yang berat, gaji yang ditawarkan pada bidang ini sangat tinggi serta memberi peluang karir yang menjanjikan. Perusahaan yang dapat kamu pertimbangkan jika ingin mendaftar antara lain INPEX, JXTG dan Nippon Oil & Gas.

 

8. Manufaktur

 

Prospek Kerja Bidang Teknik di Jepang

Industri manufaktur di Jepang sangat beragam sehingga peluang kerja yang diberikan sangat luas. Pekerja manufaktur bertugas untuk mengoptimalkan proses produksi, meningkatkan kualitas produk, dan mengurangi biaya. 

Dibandingkan dengan Indonesia, pekerjaan manufaktur di Jepang menawarkan gaji yang lebih tinggi. Biasanya bidang ini juga memberikan bantuan untuk memenuhi kehidupan sehari-hari dengan ketentuan sudah bekerja selama minimal 2 tahun. 

Kompetensi yang dibutuhkan, yaitu pemahaman tentang teknik produksi, manajemen operasi, dan pengendalian kualitas. Perusahaan manufaktur besar di Jepang antara lain Canon, Mitsubishi Electric, Fujitsu, Hitachi, dan perusahaan-perusahaan lain.

9. Konstruksi Bangunan

 

Prospek Kerja Bidang Teknik di Jepang

Jepang merupakan negara yang terletak di sabuk gempa Pasifik sehingga sering mengalami gempa bumi. Untuk mengatasi masalah ini dibutuhkan pekerja bidang konstruksi yang bertugas merancang dan membangun bangunan yang lebih aman dan efisien.

Skill yang harus dimiliki oleh pekerja bidang konstruksi bangunan, yaitu pemahaman mengenai struktur bangunan, material konstruksi, dan manajemen proyek. Perusahaan konstruksi besar di Jepang yang direkomendasikan antara lain Shimizu Corporation dan Obayashi Corporation. 

10. Keperawatan

 

Prospek Kerja Bidang Teknik di Jepang

Mempelajari keperawatan di Jepang adalah pilihan yang sangat baik bagi kamu yang ingin berkontribusi dalam bidang kesehatan. Dengan sistem kesehatan yang maju, fokus pada pasien, dan peluang karir yang luas, Jepang adalah tempat yang tepat untuk mengejar impianmu.

Jurusan keperawatan sangat relevan di Jepang mengingat peningkatan signifikan populasi lansia. Hal ini mendorong tingginya permintaan akan tenaga perawat profesional. Lulusan keperawatan memiliki prospek kerja yang luas, mulai dari rumah sakit, klinik, hingga fasilitas perawatan jangka panjang.

 

Syarat Bekerja di Jepang 

Persyaratan Dokumen

  1. Paspor: Sebelum melakukan perpindahan ke Jepang hal yang harus diperhatikan adalah pembuatan paspor. Paspor digunakan sebagai syarat seseorang (yang bukan warga negara) memasuki perbatasan negara lain. Dalam hal ini, paspor yang digunakan adalah paspor kerja dengan masa berlaku minimal 6 bulan.
  2. Visa: Dokumen penting kedua yang harus dipersiapkan adalah visa. Jenis visa yang dibutuhkan akan tergantung pada jenis pekerjaan yang dilakukan. Tetapi, umumnya visa kerja yang digunakan adalah visa Tokutei Ginou.
  3. Sertifikat keahlian: Pelamar disyaratkan untuk mencantumkan sertifikat yang membuktikan keahlian di bidang pekerjaan yang dilamar, seperti sertifikat bahasa Jepang (JLPT), sertifikat keahlian teknis, atau ijazah pendidikan terakhir.
  4. Curriculum vitae (CV): Sama seperti di Indonesia, CV merupakan dokumen penting yang harus dicantumkan pada saat proses pendaftaran. Dokumen ini berisi data diri, pengalaman kerja, dan latar belakang pendidikan.
  5. Surat keterangan sehat: Surat keterangan sehat dari dokter yang menyatakan bahwa pelamar dalam kondisi sehat dan siap bekerja.

 

Baca Juga: Visa Kerja Jepang: Panduan dan Tips Mendapatkannya

 

Persyaratan skill 

  1. Keahlian Bahasa Jepang: Sebagian besar perusahaan di Jepang mengharuskan pekerja asing memiliki kemampuan bahasa Jepang yang baik, baik lisan maupun tulisan. Tingkat kemampuan yang dibutuhkan akan bervariasi tergantung pada jenis pekerjaan. Umumnya, pekerja berketerampilan khusus disyaratkan memiliki sertifikat JLPT level N4 atau JFT basic A2.
  2. Keahlian Teknis: Keahlian teknis yang sesuai dengan pekerjaan yang dilamar, seperti pemrograman, desain, teknik mesin, atau keperawatan. Dapat dibuktikan dengan sertifikat ujian keterampilan. Bagi pekerja penuh waktu yang akan melamar diharuskan mengikuti dan lulus ujian keterampilan untuk dapat bekerja di Jepang.
  3. Keterampilan Interpersonal: Kemampuan berkomunikasi, bekerja sama dalam tim, dan beradaptasi dengan budaya kerja Jepang.

 

Persyaratan Pendidikan

Di Jepang, peluang kerja terbuka untuk semua, terlepas dari latar belakang pendidikan. Namun, semakin tinggi pendidikan, semakin beragam pula pilihan karier yang bisa kamu eksplorasi. Lulusan SMA bisa memulai dari pekerjaan dasar, sementara lulusan perguruan tinggi atau yang memiliki sertifikasi profesional dapat langsung terjun ke bidang yang sesuai dengan keahliannya.

 

Cara Mendaftar Bekerja di Jepang

Mendaftar ke Perusahaannya langsung

Cari informasi tentang prospek kerja bidang teknik di Jepang melalui situs resmi perusahaan atau atau lembaga pemerintah. Hunters dapat mencari melalui platform seperti Linkedin dan situs resmi terpercaya lain.

Biasanya pada saat mendaftarkan diri ke suatu lowongan pekerjaan, pelamar akan melewati proses pendaftaran dan seleksi yang diselenggarakan oleh penyelenggara program magang. Oleh karena itu, penting untuk memperhatikan detail rentang waktu proses pendaftaran kerja. Pastikan untuk melengkapi semua persyaratan yang diminta, seperti dokumen persyaratan, tes bahasa Jepang, dan wawancara.

 

Program Magang Teknik (Technical Intern Training Program)

Technical Intern Training Program dikhususkan bagi warga negara asing yang ingin meningkatkan keterampilan kerja di sektor pabrik, konstruksi, dan pertanian di Jepang selama lima tahun. Program ini bertujuan agar peserta dapat mempelajari keterampilan kerja di Jepang lalu mengaplikasikannya di negara asal.

Alur pendaftaran program diawali dengan pihak union Jepang membuka penawaran pekerjaan, perusahaan memperkenalkan informasi pekerjaan, wawancara dan penerimaan, pra-pendidikan dan keberangkatan ke Jepang, dan step akhir adalah orientasi dan pelatihan setelah kedatangan.

 

Tokutei Ginou atau Specified Skilled Workers (SSW)

Tokutei ginou adalah sistem visa Jepang yang dirancang untuk mengatasi masalah kekurangan tenaga kerja di Jepang. Pekerja yang ditargetkan harus memiliki keterampilan sesuai dengan kebutuhan industri Jepang. Syarat yang dibutuhkan peserta untuk mendapat visa ini adalah penguasaan bahasa Jepang, memiliki keterampilan khusus, dan lulus dalam ujian keterampilan di Jepang.

Schoters menyediakan program pelatihan dan pendampingan kerja di luar negeri bersama konsultan expert agar proses persiapan lebih mudah, terjangkau, dan terarah. Tersedia pendampingan karir yang dipersonalisasi sesuai kondisimu untuk mencapai potensi karir terbaikmu! Tunggu apalagi dengan harga bersaing dan kualitas yang terjamin, yuk persiapkan perjalanan karir kamu bersama Work Abroad Academy Schoters!

 

Tertarik bekerja di Jepang? Yuk, persiapkan dirimu dengan bimbingan dan persiapan dokumen untuk melanjutkan karir di Jepang bersama Schoters!

Butuh bantuan lain untuk memulai karier di luar negeri? Cek program terbaik dari Schoters untuk persiapan kerja di Luar Negeri, dijamin lengkap dan sesuai kebutuhanmu!

10 Prospek Kerja Bidang Teknik di Jepang beserta Lowongannya