Panduan Lengkap Skill yang Diperlukan untuk Kerja di Jepang

 

Bercita-cita untuk membangun karir di Jepang? Bagi sebagian orang, bekerja dan menetap di Jepang merupakan impian besar. 

Saat ini perusahaan-perusahaan Jepang sedang banyak membuka kesempatan bagi tenaga kerja asing. Hal ini dibuktikan dengan perubahan kebijakan pemerintah Jepang yang membuat warga negara asing lebih mudah mendapat izin untuk tinggal dan bekerja di negara tersebut.

 

Untuk bekerja di Jepang, Hunters perlu mempersiapkan skill atau kemampuan khusus. Terdapat beberapa skill kerja di Jepang yang harus dikuasai, berikut akan dibahas lebih lanjut mengenai skill kerja di Jepang yang dibutuhkan.

 

Syarat dan Cara Daftar Kerja di Jepang

Sebagai tenaga kerja yang ingin melamar pekerjaan di negara asing, Hunters perlu mengetahui persyaratan dan tata cara pendaftaran untuk bekerja di Jepang.

Berikut informasi mengenai syarat-syarat melamar pekerjaan dan cara mendaftar kerja di Jepang

 

Persyaratan untuk Daftar Kerja di Jepang

Skill yang Diperlukan untuk Kerja di Jepang - Visa Kerja di Jepang

Sama seperti negara-negara lain, negeri sakura ini juga memiliki beberapa syarat-syarat yang perlu dipenuhi oleh tenaga kerja asing. Berikut syarat untuk mendaftar kerja di Jepang yang sering diminta perusahaan

 

1. Visa Kerja

Visa kerja merupakan persyaratan utama yang harus dipenuhi oleh tenaga kerja asing yang ingin bekerja di Jepang. Visa merupakan bentuk rekomendasi yang diberikan pada warga negara asing agar dapat masuk ke negara Jepang.

 

Untuk mendapatkan visa kerja Jepang Hunters dapat mengajukan permohonan ke kantor kedutaan besar Jepang atau Konsulat Jenderal Jepang. Ada beberapa jenis visa kerja yang dikategorikan berdasarkan jenis pekerjaan yang akan dilakukan.

Perlu diingat bahwa untuk mendapatkan visa kerja, Hunters harus memiliki tawaran pekerjaan terlebih dahulu dari perusahaan di Jepang dan telah memenuhi syarat dan ketentuan yang berlaku.

 

Baca juga: Visa Kerja Jepang: Panduan dan Tips Mendapatkannya

 

2. Kemampuan Bahasa Jepang

Memiliki kemampuan bahasa Jepang yang baik diharuskan oleh sebagian besar perusahaan Jepang. Level kemahiran yang diminta berbeda-beda tergantung perusahaan yang dituju. Kemampuan ini akan membantu pekerja dalam menjalin komunikasi yang baik di lingkungan kerja.

 

3. Skill dan Pengalaman Kerja yang Relevan

Dengan memiliki skill dan pengalaman kerja yang relevan, pekerja akan mudah beradaptasi pada posisi yang ditawarkan. Akan lebih mudah untuk bersaing di dunia kerja Jepang yang kompetitif jika kamu memiliki sertifikat kompetensi atau gelar sarjana sesuai sektor industri yang dituju.

 

4. Medical Check Up

Cek kesehatan fisik merupakan salah satu syarat penting yang harus disertakan saat melamar kerja di Jepang. Pelamar kerja tidak diperbolehkan memiliki penyakit-penyakit kronis seperti jantung dan hipertensi.

 

5. Perizinan Kerja

Terdapat beberapa perusahaan yang memerlukan perizinan khusus untuk bekerja di Jepang, diantaranya bidang kesehatan dan pendidikan. Oleh karena itu, Hunters perlu menyimak detail persyaratan yang telah ditetapkan masing-masing perusahaan.

 

Cara untuk Daftar Kerja di JepangSkill yang Diperlukan untuk Kerja di Jepang - Daftar Kerja di Jepang

 

Banyak cara yang ditawarkan agar Hunters bisa bekerja di Jepang. Berikut ulasan beberapa cara untuk bekerja di Jepang:

 

1. Program Pemerintah

Indonesia dan Jepang menjalin kerjasama bilateral yang membuka kesempatan untuk para pelamar kerja yang ingin bekerja di Jepang. Program ini cocok bagi kamu yang ingin melakukan magang kerja di Jepang.

Jika kinerja kamu bagus, kemungkinan besar kamu akan direkrut untuk menjadi karyawan tetap loh! Hunters dapat mendaftarkan diri ke Dinas Ketenagakerjaan terdekat jika tertarik dengan program tersebut. 

 

2. Jalur Swasta

Selain melalui program pemerintah terdapat jalur swasta yang ditawarkan oleh Perusahaan Penempatan Pekerja Migran Indonesia (P3MI). Perusahaan ini menghubungkan perusahaan Jepang dengan pelamar kerja di Indonesia.

Keuntungan yang akan kamu dapatkan adalah mendapatkan program pelatihan yang diselenggarakan langsung oleh P3MI sebelum melakukan keberangkatan ke Jepang. Perlu dicatat bahwa terdapat biaya yang perlu dibayarkan jika kamu ingin mengikuti jalur ini.

 

Ingin bekerja di Jepang, tapi bingung mulai darimana?

Yuk konsultasi dengan Schoters untuk bantu persiapan kamu bekerja di Jepang.

Klik tombol di bawah ini dan kamu bisa bebas tanya apapun 👇

Panduan Lengkap Skill yang Diperlukan untuk Kerja di Jepang

 

 

Skill Kerja yang Dibutuhkan untuk Bekerja di Jepang

1. Skill Kerja di Jepang pada Bidang Pendidikan

Di bidang pendidikan umumnya diwajibkan untuk memiliki gelar sarjana, terutama di bidang pendidikan atau bahasa asing. Di Jepang guru bahasa asing banyak dicari oleh berbagai lembaga di Jepang. 

Jika kamu memiliki skill bahasa asing setara dengan native speaker atau memiliki latar belakang pendidikan bahasa atau sastra bahasa Inggris, kesempatan ini bisa kamu coba. Kemampuan untuk berbicara dalam bahasa Jepang juga dibutuhkan untuk berkomunikasi dengan siswa, jadi direkomendasikan untuk mencantumkan sertifikat JPLT (Japanese Language Proficiency Test).

 

Skill kerja lain yang dibutuhkan adalah keterampilan mengajar dan melaksanakan kurikulum seperti membuat materi pembelajaran. Lowongan pekerjaan yang dibuka pada bidang ini antara lain guru, tutor, staff akademik, dan konsultan pendidikan.

Perkembangan industri Jepang yang semakin internasional meningkatkan peluang di bidang pendidikan. Banyak lembaga yang membutuhkan guru bahasa asing ataupun bahasa Jepang yang berpengalaman.

Hal yang perlu Hunters persiapkan yaitu latar belakang pendidikan yang mendukung, keterampilan mengajar, keterampilan teknologi, dan sertifikat JPLT.

 

2. Skill Kerja di Jepang pada Bidang Pendidikan Medis

Selain membutuhkan sertifikasi atau skill khusus yang dilatih di perguruan tinggi, bidang medis juga merupakan pekerjaan jasa yang membutuhkan  kepedulian dan kesabaran saat menjalankannya. Pengalaman kerja juga dibutuhkan untuk posisi ini.

Beberapa lowongan pekerjaan pada bidang ini adalah perawat, careworker, dan pekerjaan lain yang berkaitan. Hal-hal yang harus dipersiapkan adalah sertifikat kemampuan bahasa Jepang, dokumen pendukung seperti paspor dan surat keterangan, dan melakukan pendaftaran online melalui platform resmi.

 

3. Skill Kerja di Jepang pada Bidang Pertanian

Untuk terjun di bidang ini Hunters perlu memiliki skill kerja teknis berupa pengetahuan tentang jenis tanaman, pengolahan, dan budidaya tanaman. Peluang kerja bidang ini sangatlah besar di Jepang, dengan tunjangan yang baik.

Hunters bisa menjadi orang yang membudidayakan tanaman, pemeliharaan hewan, panen, penyortir hasil tanaman, hingga melakukan distribusi produk pertanian. Sertifikat kemungkinan dibutuhkan dalam bidang ini, Hunters bisa mencantumkan sertifikat SSW dan Senmonkyu (3kyuu/Hyouka Chousho) untuk bidang pertanian.

 

Hunters perlu mempersiapkan dokumen pendidikan (ijazah, cv, sertifikat keterampilan dan sertifikat bahasa. Pengalaman kerja yang diperoleh akan mempengaruhi gaji dan posisi saat bekerja, jadi pastikan untuk mempersiapkan pengalaman kamu ya Hunters.

 

4. Skill Kerja di Jepang pada Bidang Teknologi

Sektor teknologi saat ini sedang mengalami pertumbuhan pesat yang menciptakan banyak peluang kerja. Skill yang dibutuhkan untuk bekerja di bidang teknologi Jepang adalah kemampuan pemrograman, kemampuan pengembangan web, dan kemampuan bahasa jepang.

Lowongan kerja yang ditawarkan pada bidang ini beragam, diantaranya posisi back end engineer, server side engineer, dan game localizer. Umumnya hal yang perlu dipersiapkan adalah dokumen pendidikan, sertifikat bahasa Jepang, dan pengalaman kerja dalam pengembangan perangkat lunak atau proyek sejenisnya. 

 

5. Skill Kerja di Jepang pada Bidang Teknik

Skill khusus sangat dibutuhkan dalam bidang ini, Hunters perlu mendalami bidang teknik spesifik seperti teknik mesin, listrik, sipil, dan bidang lainnya yang setara. Soft skill yang dibutuhkan adalah dapat menganalisis masalah dan menemukan solusi yang efektif.

Posisi pekerjaan bidang ini menawarkan gaji yang cukup tinggi, dengan potensi kenaikan tiap tahunnya. Kamu perlu mempersiapkan dokumen pendidikan, sertifikat bahasa jepang dan sertifikat keterampilan untuk membuktikan kemahiran.

 

Tunjangan gaji yang tinggi dengan budaya kerja yang efisien menjadikan Jepang sebagai destinasi idea bagi para pencari kerja. Nah, buat Hunters yang tertarik dan ingin mempersiapkan diri untuk bekerja di Jepang, kamu dapat melakukan persiapan bersama Schoters.

 

Rekomendasi bimbingan persiapan kerja di Jepang

Ingin lolos kerja di Jepang? Yuk konsultasi dengan konsultan expert Schoters agar persiapan kerja di luar negerimu lebih terarah.

Butuh program lain untuk persiapan kerja di luar negeri? Cek program Work Abroad Academy dari Schoters untuk bimbingan persiapanmu, dijamin terlengkap.

Panduan Lengkap Skill yang Diperlukan untuk Kerja di Jepang