Mengenal Kartu Peluang untuk Tenaga Kerja Asing di Jerman

Saat ini, Jerman dikabarkan sedang kekurangan jumlah tenaga kerja, baik tenaga kerja domestik maupun tenaga kerja asing. Bahkan, pada Januari 2024 lalu, Menteri Perekonomian Jerman, Robert Habeck, menyebut bahwa masalah kekurangan tenaga kerja yang kini dialami negaranya masih menjadi momok menakutkan yang mengancam perekonomian. 

Untuk mengatasi masalah kekurangan tenaga kerja domestik maupun tenaga kerja asing, Jerman sebetulnya telah mengeluarkan sebuah kebijakan yang disebut Kartu Peluang pada 2022 lalu. Namun, sebenarnya, apa, sih, yang disebut Kartu Peluang?   

Pengertian Kartu Peluang untuk Tenaga Kerja Asing yang Ingin Kerja di Jerman

Kartu Peluang (Chancenkarte) merupakan sebuah kebijakan yang dibuat oleh Pemerintah Jerman untuk mengatasi kelangkaan tenaga kerja, terutama tenaga kerja asing. Kebijakan ini dibuat oleh Pemerintah Jerman melalui Kementerian Tenaga Kerja.

Kartu Peluang ini dibuat dengan tujuan untuk memenuhi permintaan tenaga kerja asing terampil di Jerman. Nantinya, kartu ini berfungsi untuk memudahkan warga negara non-Jerman dan warga negara non-Uni Eropa lainnya untuk datang bekerja atau mencari pekerjaan di Jerman.

Cara Mendapatkan Kartu Peluang bagi Tenaga Kerja Asing yang Ingin Kerja di Jerman

Untuk mendapatkan Kartu Peluang, Hunters bisa melakukan pendaftaran di kantor kedutaan atau kantor konsulat Jerman terdekat. Nantinya, petugas kedutaan atau konsulat yang Hunters datangi akan membantumu untuk mengisi formulir pendaftaran dan mengecek dokumen persyaratan yang diperlukan.

 

Baca Juga: Aturan Kerja di Jerman Tahun 2024

 

Syarat Tenaga Kerja Asing di Jerman yang Ingin Mendapatkan Kartu Peluang 

Bagi warga Non-Jerman dan Non-Uni Eropa yang ingin mendapatkan Kartu Peluang, tentu ada sejumlah persyaratan yang harus dipenuhi. Ada pun beberapa persyaratan tersebut adalah sebagai berikut:

  1. Gelar universitas atau kualifikasi profesional;
  2. Pengalaman profesional minimal 2 tahun;
  3. Keterampilan bahasa Inggris dan/atau bahasa Jerman;
  4. Berusia produktif maksimal 40 tahun.

 

Syarat Poin bagi Tenaga Kerja Asing yang Ingin Mendapatkan Kartu Peluang

Selain harus memenuhi syarat di atas, tenaga kerja asing yang ingin kerja di Jerman juga harus memenuhi syarat poin untuk mendapatkan Kartu Peluang. Sebab, pemberian Kartu Peluang ini didasarkan pada sistem poin. Dengan kata lain, makin banyak poin yang Hunters dapatkan, maka makin besar pula kans kamu untuk mendapatkan Kartu Peluang. 

Lebih lanjut, perhitungan poin bagi tenaga kerja asing yang ingin mendapatkan Kartu Peluang didasari oleh beberapa kriteria. Untuk rinciannya adalah sebagai berikut:

  1. Lancar berbahasa Jerman. Ini harus dibuktikan dengan sertifikat internasional level B2  (3 poin), level B1 (2 poin), atau level A2 (1 poin).  
  2. Lancar berbahasa Inggris. Ini harus dibuktikan dengan sertifikat International C1 (1 poin).
  3. Berusia produktif di bawah 35 tahun (2 poin).
  4. Memiliki kualifikasi profesional atau izin menjalankan profesi guru, perawat, dokter, insinyur, farmasi, IT, atau profesi-profesi lain yang sangat dibutuhkan di Jerman (4 poin).
  5. Memiliki pengalaman kerja minimal 5 tahun (3 poin) atau 2 tahun (2 poin) yang didukung oleh latar belakang pendidikan atau pelatihan kejuruan yang relevan.

 

Bagi Hunters yang mendapatkan poin lebih dari atau sama dengan enam, maka peluang kamu untuk mendapatkan Kartu Peluang terbuka lebar. 

Kegunaan Kartu Peluang untuk Tenaga Kerja Asing yang Ingin Kerja di Jerman

Jika Hunters berhasil mendapatkan Kartu Peluang, maka kamu bisa mengajukan visa nasional untuk pekerja terampil di kantor kedutaan atau konsulat Jerman terdekat meski belum mendapatkan pekerjaan dari perusahaan di Jerman. Dengan begitu, Hunters bisa mendapatkan izin tinggal di Jerman selama 1 tahun penuh untuk mencari pekerjaan.

Nah, itu dia, Hunters, informasi lengkap mengenai Kartu Peluang untuk tenaga kerja asing yang ingin kerja di Jerman. Jadi, gimana, nih? Apakah kamu jadi tertarik untuk kerja di Jerman? Tulis di kolom komentar, ya!

Rekomendasi Bimbingan Persiapan Kerja di Jerman

Ingin jadi tenaga kesehatan di Jerman? Yuk, konsultasi dengan konsultan expert Schoters agar persiapan kerja di luar negerimu makin terarah.

Butuh program lain untuk persiapan kerja di luar negeri? Cek program Work Abroad Academy dari Schoters untuk bimbingan persiapanmu, dijamin terlengkap.