3 Aturan Baru Kerja di Jerman Tahun 2024, Apa Saja?

Hunters mau kerja di Jerman? Kalau begitu, kamu harus tahu dulu aturan baru kerja di Jerman tahun 2024. Pasalnya, tahun ini, Pemerintah Jerman baru saja memberlakukan aturan baru bagi tenaga kerja domestik maupun tenaga kerja asing yang ingin bekerja di sana.

Lantas, apa saja, sih, aturan baru kerja di Jerman tahun 2024? Untuk mengetahui hal tersebut, yuk, simak ulasannya di bawah ini!

Beberapa Aturan Baru Kerja di Jerman 2024

1. Seminggu hanya 4 hari kerja

Saat ini, tenaga kerja di Jerman, baik tenaga kerja asing maupun tenaga kerja domestik hanya diwajibkan untuk bekerja selama 4 hari dalam sepekan. Ini merupakan aturan baru kerja di Jerman tahun 2024 yang baru saja diterapkan.

Lebih lanjut, aturan 4 hari kerja tersebut juga telah diterapkan oleh banyak perusahaan di Jerman. Menariknya, meski hanya mewajibkan 4 hari kerja, perusahaan di Jerman tidak menetapkan kebijakan pemotongan upah. Dengan kata lain, tenaga kerja di Jerman, baik tenaga kerja asing maupun tenaga kerja domestik tetap menerima upah penuh dari perusahaan masing-masing.

Menurut laman resmi media Jerman, DW, aturan 4 hari kerja dalam sepekan ini menuai respons positif dari berbagai perusahaan di Jerman. Bahkan, pada Februari 2024 lalu, telah ada 45 perusahaan yang menerapkan aturan tersebut.

2. Pekerja berpengalaman tidak butuh sertifikasi

Sebelumnya, orang yang ingin bekerja di Jerman harus memiliki sertifikat kompetensi terlebih dahulu. Peraturan ini berlaku bagi pekerja yang belum atau sudah memiliki pengalaman. 

Namun, saat ini, orang yang ingin bekerja di Jerman tak lagi butuh sertifikat kompetensi. Namun, aturan ini hanya berlaku bagi pekerja yang sudah memiliki pengalaman. Ini juga merupakan aturan baru kerja di Jerman tahun 2024 yang baru diterapkan.

 

Baca Juga: Syarat Kerja di Jerman

 

3. Pekerja asing boleh tinggal di Jerman meski tidak punya sertifikasi keterampilan

Saat ini, pekerja asing yang ingin bekerja di Jerman tak perlu memiliki sertifikat keterampilan agar bisa menetap di Jerman. Ini juga merupakan aturan kerja di Jerman tahun 2024.

Aturan ini berbeda dengan aturan sebelumnya, di mana pekerja asing yang ingin kerja di Jerman harus memiliki sertifikat keterampilan agar bisa menetap di Jerman. Dengan adanya aturan ini, pekerja asing di Jerman bisa mendapatkan tempat tinggal meski mereka belum diterima kerja.

Jerman Kekurangan Tenaga Kerja

Aturan baru kerja di Jerman tahun 2024 diterapkan bukan tanpa alasan. Kelangkaan tenaga kerja jadi alasan utama mengapa negara yang berada di Eropa Barat itu menetapkan aturan-aturan yang telah dijelaskan di atas. Sebab, pemerintah Jerman menilai aturan-aturan tersebut bisa menarik minat tenaga kerja asing maupun domestik untuk bekerja di sana.

Masalah kelangkaan tenaga kerja di Jerman sebetulnya telah terjadi sejak 2018 lalu. Namun, hingga kini, masalah tersebut masih menjadi momok yang mengancam perekonomian Jerman. 

Selain aturan-aturan di atas, pada 2022, Jerman juga telah menetapkan kebijakan Kartu Peluang untuk mengatasi masalah kelangkaan tenaga kerja. Kartu Peluang ini berfungsi untuk mempermudah warga non-Eropa yang ingin bekerja di Jerman.

Nah, itu dia, Hunters, beberapa ulasan mengenai aturan kerja di Jerman tahun 2024. Sebagai informasi, salah satu aturan di atas, yakni penerapan 4 hari kerja dalam sepekan, masih dalam tahap uji coba.Tahap uji coba ini bertujuan untuk melihat apakah sistem tersebut efektif untuk meningkatkan produktivitas tenaga kerja atau tidak.

Rekomendasi Bimbingan untuk Persiapan Kerja di Jerman

Ingin kerja di Jerman? Yuk, konsultasi dengan konsultan expert Schoters agar persiapan kerja di luar negerimu makin terarah.

Butuh program lain untuk persiapan kerja di luar negeri? Cek program Work Abroad Academy dari Schoters untuk bimbingan persiapanmu, dijamin terlengkap.