Ragam Informasi Menarik Tentang The University of Queensland

Bagi mahasiswa Indonesia, Australia senantiasa menjadi salah satu negara tujuan studi paling populer setiap tahunnya. Selain lokasi yang relatif dekat dari Indonesia, kualitas pendidikan kelas dunia yang ditawarkan oleh berbagai universitas di Australia serta lingkungan yang aman dan multikultural, membuat banyak pelajar Indonesia terus menjatuhkan pilihan untuk melanjutkan pendidikan di Negeri Kangguru ini.

Berbicara tentang kualitas pendidikan, salah satu universitas terkemuka Australia yang bisa menjadi pilihan adalah The University of Queensland (UQ) yang berlokasi di Brisbane, ibukota negara bagian Queensland, Australia. Berdasarkan daftar perguruan tinggi terbaik dunia yang dirilis oleh QS 2023, The University of Queensland berhasil menduduki peringkat 50 dunia dan peringkat 5 di seluruh Australia.

Tertarik untuk lebih tahu lebih lanjut tentang The University of Queensland? Simak berbagai informasi lengkapnya di bawah ini.

Fun Fact tentang The University of Queensland

The University of Queensland (UQ) adalah salah satu universitas tertua di Australia yang sudah berdiri sejak tahun 1909. Sebagai salah satu universitas terbaik di dunia dan Australia, UQ juga merupakan salah satu dari tiga universitas di Australia yang menjadi anggota Universitas 21 (U21), yaitu salah satu asosiasi universitas global yang memberikan kesempatan kepada mahasiswa UQ untuk berpartisipasi dalam berbagai kegiatan pertukaran pelajar (student exchange) dan kegiatan kemahasiswaan lainnya di seluruh dunia. Sejauh ini, melalui asosiasi Universitas 21, mahasiswa UQ sudah berpartisipasi di kegiatan seperti Summer School Program di Mexico, Undergraduate Research Conference di Jepang, dan program The Social Entrepreneurship di Guatemala.

UQ memiliki tiga kampus utama (St. Lucia, Gatton, dan Herston) yang tersebar di sekitar Brisbane, kota ketiga terbesar di Australia setelah Sydney dan Melbourne. Kampus UQ juga dilengkapi dengan berbagai fasilitas off-campus untuk mendukung proses pembelajaran di UQ, seperti marine research station, mineral research center, veterinary and agricultural science teaching and research center, social science research dan masih banyak lagi. Selain itu, UQ juga memiliki lebih dari 200 klub dan komunitas mahasiswa, serta 11 residential colleges yang dibuka untuk mahasiswa dari Australia dan juga pelajar internasional lainnya dari seluruh penjuru dunia.

Di luar kegiatan akademik, mahasiswa UQ juga bisa menikmati berbagai aktivitas kebudayaan dengan melihat berbagai koleksi yang tersedia di banyak museum di lingkungan kampus, termasuk the UQ Art Museum di kampus St. Lucia, Museum of Medical History di kampus UQ Herston, dan Past Student Association Museum di kampus Gatton. 

Jurusan di The University of Queensland

UQ membuka berbagai program studi untuk seluruh jenjang pendidikan, dari Sarjana, Master, hingga Doktoral untuk banyak bidang studi termasuk di antaranya :

  • Business, Economics and Law
  • Engineering, Architecture and information technology
  • Health and Behavioural Sciences
  • Humanities and Social Sciences
  • Medicine
  • Science 

Tersedia kurang lebih 128 program studi di jenjang sarjana dan 172 program studi di jenjang pascasarjana.

Persyaratan Masuk The University of Queensland

Persyaratan masuk ke UQ dapat berbeda-beda tergantung dari program studi dan jenjang pendidikan yang dituju. Jenjang pendidikan yang tersedia di UQ dibedakan menjadi jenjang Undergraduate, Postgraduate Coursework, dan Higher Degree by Research.

Persyaratan masuk jenjang Sarjana (Undergraduate)

Secara umum, berikut adalah tahapan dan persyaratan masuk yang dibutuhkan untuk mendaftar program studi jenjang S1 di UQ :

  1. Calon mahasiswa dapat memilih program studi di universitas yang sesuai dengan minat, bakat atau tujuan karier
  2. Memenuhi persyaratan masuk yang sesuai dengan program studi tujuan antara lain :
    1. Memiliki kualifikasi pendidikan minimal setara dengan Queensland Year 12
    2. Memenuhi skor minimal untuk persyaratan masuk program studi
    3. Memenuhi persyaratan subject pre-requisites atau mata pelajaran yang harus dipelajari di jenjang pendidikan sebelumnya sesuai dengan persyaratan yang telah ditentukan oleh program studi tujuan
    4. Memenuhi skor minimal kemampuan bahasa Inggris dengan menunjukkan skor IELTS minimal 6.5 (dengan skor minimal 6.0 pada masing-masing sub-band) atau skor lainnya yang setara
    5. Memenuhi syarat lainnya yang ditentukan oleh program studi tujuan
  3. Memilih skema pendaftaran masuk (admissions schemes)
  4. Memilih jalur pendaftaran masuk (pathway options) yang tersedia
  5. Memilih sumber pembiayaan yang tersedia
  6. Melihat kelayakan pembebasan dari kewajiban untuk mempelajari mata kuliah tertentu di UQ dengan melihat unit studi atau mata kuliah yang dipelajari di jenjang pendidikan sebelumnya (credit eligibility
  7. Memasukkan berkas ke dalam portal pendaftaran akademik

Persyaratan masuk jenjang Master by Coursework (Postgraduate Coursework)

Secara umum, berikut adalah tahapan dan persyaratan masuk yang dibutuhkan untuk mendaftar program studi jenjang Postgraduate Coursework di UQ :

  1. Calon mahasiswa dapat memilih program studi di universitas yang sesuai dengan minat, bakat atau tujuan karier
    1. Memenuhi persyaratan masuk yang sesuai dengan program studi tujuan antara lain :
    2. Memenuhi persyaratan minimal kualifikasi atau pengalaman kerja sesuai dengan program studi tujuan
    3. Memenuhi Indeks Prestasi Kumulatif (IPK) minimal 4 (dari skala 7) atau yang setara
    4. Memenuhi skor minimal kemampuan bahasa Inggris. Rata-rata program studi Postgraduate Coursework di UQ mensyaratkan skor IELTS minimal 6.5 (skor minimal 6.0 pada masing-masing sub-band) atau skor lainnya yang setara
  2. Memilih jalur pendaftaran masuk (pathway options) yang tersedia
  3. Memilih sumber pembiayaan yang tersedia
  4. Melihat kelayakan pembebasan dari kewajiban untuk mempelajari mata kuliah tertentu di UQ dengan melihat unit studi atau mata kuliah yang dipelajari di jenjang pendidikan sebelumnya (credit eligibility)
  5. Memasukkan berkas ke dalam portal pendaftaran akademik

Persyaratan masuk jenjang Master by Research, Doctoral and Professional Doctorate (Higher Degree By Research)

Secara umum, berikut adalah tahapan dan persyaratan masuk yang dibutuhkan untuk mendaftar program studi jenjang Higher Degree by Research (HDR) di UQ :

  1. Calon mahasiswa dapat mencari informasi tentang beasiswa yang bisa digunakan untuk program studi HDR
  2. Mencari dan menghubungi supervisor di UQ yang sesuai dengan minat penelitian 
  3. Mempersiapkan dokumen yang dibutuhkan sesuai dengan persyaratan yang telah ditentukan oleh program studi tujuan
  4. Memasukkan berkas pendaftaran ke dalam portal pendaftaran akademik

 

Tertarik kuliah di The University of Queensland dan ingin berkonsultasi lebih lebih lanjut dengan konsultan expert? Schoters bisa bantu kamu mulai dari persiapan memilih jurusan, beasiswa, persiapan dokumen, hingga interview. Silakan klik tombol “Konsultasi Kuliah di Luar Negeri” di bawah ini dan kamu bisa bebas tanya apapun👇

[Schoters] Form Konsultasi Harvester

Beasiswa di The University of Queensland

Kendala biaya juga tidak perlu menjadi halangan untuk melanjutkan pendidikan tinggi di The University of Queensland karena terdapat banyak program beasiswa yang dapat dicoba oleh calon mahasiswa yang ingin belajar di UQ. Berikut adalah beberapa program beasiswa yang dapat diikuti di UQ.

Australia Awards Scholarship

Australia Awards Scholarship (AAS) adalah program beasiswa yang dibuka setiap tahunnya oleh Pemerintah Australia kepada pelajar internasional, termasuk dari Indonesia, yang tertarik untuk belajar di jenjang pascasarjana baik Master by Coursework, Master by Research and Doctoral di Australia, termasuk The University of Queensland. Beasiswa ini mencakup beberapa hal sebagai berikut :

  1. Biaya pelatihan pra-keberangkatan sebelum studi ke Australia dan biaya pelatihan sebelum memulai studi di Australia
  2. Uang saku selama menjalani pelatihan pra-keberangkatan di Indonesia
  3. Biaya penerbangan dari dan menuju Australia
  4. Biaya pengurusan visa ke Australia
  5. Biaya asuransi kesehatan mahasiswa internasional di Australia
  6. Tunjangan kedatangan ketika tiba di Australia
  7. Uang saku selama berada di Australia
  8. Biaya kuliah selama di Australia
  9. Biaya tambahan lainnya selama kuliah dan biaya studi lapangan (fieldwork) apabila dibutuhkan

Setiap tahunnya, AAS menentukan tema untuk area prioritas program studi yang bisa dipilih di bawah skema AAS termasuk tema utama beberapa tahun terakhir, Covid 19 Development Response Plan dengan area prioritas Health Security, Stability and Economic Recovery. Beasiswa ini biasanya dibuka pada bulan Februari–April setiap tahunnya. 

Baca Juga : Simak Info Terlengkap Seputar Beasiswa AAS!

Graduate School Scholarship (termasuk Research Training Program)

Program beasiswa Graduate School Scholarship adalah program beasiswa yang ditawarkan oleh Pemerintah Australia kepada pelajar internasional yang berminat mengambil program studi Postgraduate Research (HDR) di UQ. Beasiswa ini mencakup uang saku (living stipend) selama menjalani riset untuk program HDR di UQ. Beasiswa ini umumnya dibuka pada bulan Mei setiap tahunnya.

Untuk mendapatkan beasiswa ini, beberapa persyaratan yang harus dipenuhi antara lain :

  1. Menghubungi profesor yang sesuai dengan minat penelitian dan setuju untuk mendukung riset yang akan dilakukan
  2. Memenuhi persyaratan untuk mengikuti program PhD atau Master by Research di UQ

International High Achievers Scholarship

Program beasiswa International High Achievers Scholarship adalah program beasiswa yang dibuka oleh Pemerintah Australia untuk pelajar internasional dari beberapa negara termasuk Indonesia yang berminat melanjutkan pendidikan tinggi di jenjang pendidikan S1, S2 maupun S3 untuk hampir seluruh program studi di UQ. 

Secara khusus, beasiswa ini diberikan kepada mahasiswa yang memenuhi persyaratan skor akademik yang telah ditentukan oleh universitas. Program beasiswa ini memiliki nilai berkisar sekitar AUD$10.000 yang diberikan dalam bentuk keringanan biaya kuliah dalam 2 (dua) semester awal.  

Untuk mendapatkan beasiswa ini, mahasiswa harus memenuhi beberapa persyaratan sebagai berikut :

  1. Memenuhi persyaratan skor akademik yang sudah ditentukan
  2. Sudah diterima untuk belajar penuh waktu di UQ di program studi yang dapat diterima di bawah beasiswa ini
  3. Memenuhi persyaratan bahasa Inggris dan persyaratan bahasa Inggris lainnya yang sudah ditentukan
  4. Tidak sedang menerima beasiswa lain dari UQ atau menerima beasiswa penuh dari organisasi lainnya

Destination Australia Scholarship (International Students)

Program beasiswa Destination Australia Scholarship adalah program beasiswa yang dibuka untuk mahasiswa yang berminat melanjutkan pendidikan tinggi jenjang S1 (Undergraduate) di Kampus Gatton untuk bidang studi agricultural science, equine science, veterinary science, veterinary technology, dan wildlife science. Selain itu, program beasiswa ini juga dibuka untuk calon mahasiswa jenjang S2 (Postgraduate Coursework) untuk bidang studi agribusiness, agricultural science, dan animal science.

Selain persyaratan program studi, program beasiswa ini khususnya dibuka untuk calon mahasiswa yang tinggal di salah satu daerah regional di Australia. Beasiswa ini bernilai sebesar hingga AUD$ 15.000 per tahun.

UQ International Excellence Scholarship

Program beasiswa lainnya yang dibuka di UQ adalah program UQ International Excellence Scholarship yang dibuka untuk pelajar internasional yang ingin melanjutkan studi di tingkat S1 (Undergraduate) dan S2 (Postgraduate Coursework) untuk seluruh program studi yang ada di UQ. 

Secara khusus, program beasiswa ini diberikan kepada calon mahasiswa yang berhasil mendapatkan hasil terbaik dalam ujian masuk UQ serta memiliki indeks prestasi kumulatif yang setara dengan GPA minimal 6.75 (dalam skala 7.00). Beasiswa ini sendiri diberikan dalam bentuk pengurangan biaya kuliah sebanyak 25% setiap semester.

Selain persyaratan umum di atas, beberapa persyaratan lainnya yang harus dipenuhi untuk mendapatkan beasiswa ini adalah sebagai berikut :

  1. Sudah menerima unconditional offer untuk belajar penuh waktu di UQ
  2. Sudah memenuhi persyaratan akademik dan persyaratan skor kemampuan bahasa Inggris yang telah ditetapkan
  3. Bersedia untuk menempuh studi penuh waktu
  4. Tidak sedang menerima beasiswa lainnya dari UQ atau menerima beasiswa penuh lain dari organisasi lainnya

 

Baca Juga : Tips Memaksimalkan Esai untuk Apply Beasiswa

 

Raih Beasiswa ke The University of Queensland Bersama Schoters

Ingin lolos studi di UQ? Yuk konsultasi dengan konsultan expert Schoters agar persiapan daftar universitasmu lebih terarah.

Butuh program lain untuk persiapan dapat universitas luar negeri? Cek program terbaik dari Schoters untuk bimbingan persiapanmu, dijamin terlengkap.

the university of queensland-1