Tips Lolos Beasiswa GKS 2023 Paling Ampuh

Beasiswa Pemerintah Korea merupakan salah satu beasiswa bergengsi yang banyak dicari oleh kalangan pelajar. Oleh karena itu, beasiswa ini cukup kompetitif dan kamu juga masih harus berkompetisi bersama mahasiswa internasional lainnya. Agar kamu tidak salah langkah dan dapat mempersiapkan diri sebaik mungkin. Berikut beberapa tips lolos beasiswa GKS dari Schoters!

DOs: Tips lolos Beasiswa GKS

Beberapa tips lolos beasiswa GKS yang harus kamu lakukan adalah mempersiapkan diri dan dokumen yang dibutuhkan. Beberapa di antaranya adalah:

1. Persiapkan Personal Statement yang powerful

Personal statement yang powerful menjadi salah satu kunci tips lolos beasiswa GKS. Sama seperti tujuan diadakan beasiswa, para juri mencari calon-calon pemimpin dunia yang dapat memberikan dampak kepada lingkungan sekitarnya. Dan tahap awal untuk meyakinkan para juri adalah melalui personal statement. Jadi, persiapkan dirimu sebaik mungkin, ya.

2. Pahami alur pendaftaran Beasiswa GKS

Tips lolos beasiswa GKS selanjutnya adalah harus memahami dan bisa memilih alur pendaftaran mana yang cocok dengan kondisi dan visimu ke depan. Beasiswa GKS sendiri mempunyai 2 jalur yaitu Embassy Track dan University Track.

Kedua alur ini memiliki kelebihan dan keuntungannya masing-masing, tapi semua kembali ke preferensi dan profil kamu saat ini. ya.

 

Baca Juga: Cek Informasi Lengkap Beasiswa GKS University Track

 

3. Mempersiapkan dokumen yang dibutuhkan jauh-jauh hari

Tips lolos beasiswa GKS yang sering dilupakan banyak orang adalah untuk mempersiapkan dokumen jauh-jauh hari. Dokumen yang dibutuhkan beasiswa GKS bisa cukup banyak. Mulai dari esai personal statement, surat rekomendasi, sertifikat bahasa dan lain sebagainya.

4. Rajin riset

Rajin riset adalah hal wajib yang harus kamu lakukan. Kurang riset bisa menjadi faktor kegagalan kamu untuk mendapatkan beasiswa. Hal-hal yang harus kamu ketahui sampai jelas antara lain profil beasiswa, universitas, jurusan, pengajar, metode belajar, masa penelitian, lingkungan sekitar dan lain sebagianya.

 

DON’Ts: Tips Lolos Beasiswa GKS

Setelah melihat beberapa tips lolos beasiswa GKS di atas, Schoters juga punya beberapa tambahan kesalahan yang banyak dilakukan oleh para kandidat beasiswa. Di antaranya:

1. Menulis Personal Statement asal-asalan

Personal statement adalah jendela bagi juri untuk bisa menilai kamu apakah kamu pantas mendapatkan beasiswa atau tidak. Percuma mempunyai IPK yang tinggi tapi personal statement yang kamu buat tidak menunjukkan apa-apa.

2. Asal memilih alur pendaftaran Beasiswa GKS

Asal mendaftar tapi tidak paham prioritas dan alur pendaftaran yang sesuai dengan profil diri sendiri bisa menjadi batu sandungan bagi kamu. Pahami semua alur dan persyaratannya sebelum mendaftar ya!

3. Mempersiapkan dokumen kebut semalam

Salah satu tips lolos beasiswa GKS adalah tidak menyiapkan dokumen kebut semalam. Tidak ada keajaiban bagi kamu yang mempersiapkan diri asal-asalan tapi berharap mendapatkan hasil terbaik.

4. Malas riset dan mudah menyerah

Malas riset adalah jalur efektif bagi kamu untuk gagal. Jika memang masih merasa malas riset dan merasa beberapa dokumen beasiswa membuatmu balik kanan, lebih baik kamu menggunakan waktumu untuk hal yang lain. Lalu, jalur mana yang kamu pilih?

Berikut beberapa informasi mengenai tips lolos beasiswa GKS yang bisa kamu cermati. Cek info lainnya mengenai beasiswa GKS pada link di bawah ini!

Timeline pendaftaran Beasiswa GKS 2023

Pendaftaran Beasiswa GKS untuk tahun 2022 sudah ditutup pada bulan September lalu. Namun, kamu bisa mempersiapkan pendaftaranmu pada tahun 2023 melalui timeline pendaftaran Beasiswa GKS yang ada di website resminya. Berikut detailnya!

Proses Pendaftaran

Sarjana

Pascasarjana

Beasiswa Dibuka dan Proses Pendaftaran

September

Februari

Seleksi Tahap I

Oktober/November

Maret

Seleksi Tahap II

November

April

Seleksi Tahap III (khusus yang melewati kedutaan besar)

Desember

Mei

Pengumuman Awardee

Januari

Juni

Berangkat ke Korea Selatan

Februari

Agustus

Nah, seperti yang disampaikan pada bagan di atas, ada perbedaan antara seleksi menggunakan jalur kedutaan besar dan universitas. Salah satu tips lolos Beasiswa GKS adalah mengetahui kemampuan dan keadaanmu sekarang dan menentukan jalur mana yang akan kamu pilih. Berikut penjelasan lebih lengkapnya di bawah ini!

Tips lolos Beasiswa GKS: Memilih Jalur Universitas dan Kedutaan

Beasiswa GKS University Track merupakan jalur pendafataran program melalui universitasnya langsung. Pada jalur ini, kamu diperbolehkan untuk mendaftar langsung ke satu universitas dan bidang studi lanjutan. Nah jika kamu sudah lolos semua tahap seleksi dan dinyatakan kamu menjadi calon mahasiswa universitas tersebut, kamu bisa mengajukan diri untuk menjadi salah satu awardee Beasiswa GKS.

Sedikit berbeda dengan jalur universita, Beasiswa GKS Embassy Track, memperbolehkan kamu untuk memilih tiga universitas yang berbeda dengan satu bidang studi yang sama. Hal ini menjadi salah satu kelebihan jalur kedutaan, karena kamu bisa mendapatkan lebih banyak pilihan kampus. Namun, dengan jalur ini kamu harus bersaing dengan mahasiswa dunia lainnya.

Secara statistik, tentunya Beasiswa GKS Embassy Track punya peluang masuk yang lebih sedikit, yaitu 2%. Sedangkan Beasiswa GKS University Track mempunyai peluang seditkanya 6% lolos.

Namun di sisi lain, Beasiswa GKS University Track juga sangat selektif memilih kandidatnya. Jika kamu mendaftar di bidang studi teknologi, sains dan tidak masalah untuk kuliah selain di kampus “SKY (Seoul University, Korea National University dan Yonsei University)”, jalur universitas mungkin cocok untukmu. Begitu juga sebaliknya.

Berikut beberapa informasi mengenai tips lolos beasiswa GKS yang bisa kamu cermati. Cek info lainnya mengenai beasiswa GKS pada link di bawah ini!

 

Baca Juga: Informasi Beasiswa GKS/KGSP 2023 Korea Selatan

 

Siap mendaftar beasiswa impianmu?

Masih ragu atau sudah yakin bisa menaklukkan beasiswa incaran kamu? Konsultasikan keraguan kamu kepada konsultan experts Schoters.

Ingin mendapatkan program bimbingan persiapan beasiswa yang paling tepat untuk kamu? Dapatkan program terbaik di sini.

tips lolos beasiswa gks