Tips Lolos Beasiswa GKS 2023 Paling Ampuh

Kuliah di Luar Negeri, 02 Nov 2022

Beasiswa Pemerintah Korea merupakan salah satu beasiswa bergengsi yang banyak dicari oleh kalangan pelajar. Oleh karena itu, beasiswa ini cukup kompetitif dan kamu juga masih harus berkompetisi bersama mahasiswa internasional lainnya. Agar kamu tidak salah langkah dan dapat mempersiapkan diri sebaik mungkin. Berikut beberapa tips lolos beasiswa GKS dari Schoters!

DOs: Tips Lolos Beasiswa GKS

Beberapa tips lolos beasiswa GKS yang harus kamu lakukan adalah mempersiapkan diri dan dokumen yang dibutuhkan. Beberapa di antaranya adalah:

1. Persiapkan Personal Statement yang Powerful

Personal statement yang powerful menjadi salah satu kunci tips lolos beasiswa GKS. Sama seperti tujuan diadakan beasiswa, para juri mencari calon-calon pemimpin dunia yang dapat memberikan dampak kepada lingkungan sekitarnya. Dan tahap awal untuk meyakinkan para juri adalah melalui personal statement. Jadi, persiapkan dirimu sebaik mungkin ya.

2. Pahami Alur Pendaftaran Beasiswa GKS

Tips lolos beasiswa GKS selanjutnya adalah harus memahami dan bisa memilih alur pendaftaran mana yang cocok dengan kondisi dan visimu ke depan. Beasiswa GKS sendiri mempunyai 2 jalur yaitu Embassy Track dan University Track.

Kedua alur ini memiliki kelebihan dan keuntungannya masing-masing, tapi semua kembali ke preferensi dan profil kamu saat ini ya. 

              Baca Juga: Cek Informasi Lengkap Beasiswa GKS University Track

3. Mempersiapkan Dokumen yang Dibutuhkan Jauh-Jauh Hari

Tips lolos beasiswa GKS yang sering dilupakan banyak orang adalah untuk mempersiapkan dokumen jauh-jauh hari. Dokumen yang dibutuhkan beasiswa GKS bisa cukup banyak. Mulai dari esai personal statement, surat rekomendasi, sertifikat bahasa dan lain sebagainya.

4. Rajin Riset

Rajin riset adalah hal wajib yang harus kamu lakukan. Kurang riset bisa menjadi faktor kegagalan kamu untuk mendapatkan beasiswa. Hal-hal yang harus kamu ketahui sampai jelas antara lain profil beasiswa, universitas, jurusan, pengajar, metode belajar, masa penelitian, lingkungan sekitar dan lain sebagianya. 

DON'Ts: Tips Lolos Beasiswa GKS

Setelah melihat beberapa tips lolos beasiswa GKS di atas, Schoters juga punya beberapa tambahan kesalahan yang banyak dilakukan oleh para kandidat beasiswa. Di antaranya:

1. Menulis Personal Statement Asal-Asalan

Personal statement adalah jendela bagi juri untuk bisa menilai kamu apakah kamu pantas mendapatkan beasiswa atau tidak. Percuma mempunyai IPK yang tinggi tapi personal statement yang kamu buat tidak menunjukkan apa-apa. 

2. Asal Memilih Alur Pendaftaran Beasiswa GKS

Asal mendaftar tapi tidak paham prioritas dan alur pendaftaran yang sesuai dengan profil diri sendiri bisa menjadi batu sandungan bagi kamu. Pahami semua alur dan persyaratannya sebelum mendaftar ya!

3. Mempersiapkan Dokumen Kebut Semalam

Salah satu tips lolos beasiswa GKS adalah tidak menyiapkan dokumen kebut semalam. Tidak ada keajaiban bagi kamu yang mempersiapkan diri asal-asalan tapi berharap mendapatkan hasil terbaik.

4. Malas Riset dan Mudah Menyerah

Malas riset adalah jalur efektif bagi kamu untuk gagal. Jika memang masih merasa malas riset dan merasa beberapa dokumen beasiswa membuatmu balik kanan, lebih baik kamu menggunakan waktumu untuk hal yang lain. Lalu, jalur mana yang kamu pilih?

Berikut beberapa informasi mengenai tips lolos beasiswa GKS yang bisa kamu cermati. Cek info lainnya mengenai beasiswa GKS pada link di bawah ini!

           Baca Juga: Informasi Lengkap Cara Mendapatkan Beasiswa Kuliah di Korea

Siap Mendaftar Beasiswa Impianmu?

Masih ragu atau sudah yakin bisa menaklukkan beasiswa incaran kamu? Konsultasikan keraguan kamu kepada konsultan experts Schoters.

Ingin mendapatkan program bimbingan persiapan beasiswa yang paling tepat untuk kamu? Dapatkan program terbaik di sini.

tips lolos beasiswa gks