3 Universitas Desain Terbaik di Dunia, Raih Potensimu Sekarang!

Apakah kamu punya banyak ide, senang menyelesaikan masalah dan punya kreativitas yang tinggi? Kalau iya, salah satu jurusan yang barangkali sesuai dengan kepribadian kamu adalah jurusan desain dimana kamu bisa mengembangkan kreativitas kamu di berbagai industri kreatif yang kamu minati. Terdapat banyak sekali pengetahuan dan keahlian di bidang desain yang bisa kamu pelajari mulai dari graphic design, interior design, fashion design, product design, jewellery design, theatre design sampai computer games design.

Tertarik melanjutkan pendidikan desain di luar negeri tapi bingung harus kemana? Simak informasi tentang berbagai alternatif universitas desain terbaik di dunia yang bisa kamu pilih di bawah ini.

 

Rhode Island School of Design

Salah satu universitas desain terbaik di dunia adalah Rhode Island School of Design atau yang biasa disingkat menjadi RISD, yang berlokasi di Rhode Island, Amerika Serikat. RISD didirikan oleh seorang wanita bernama Adelia Rowe Metcalf pada tahun 1977, yang ingin memberikan perempuan di Rhode Island lebih banyak akses ke pendidikan di bidang desain. Saat ini, salah satu universitas seni dan desain pertama di Amerika Serikat ini memiliki setidaknya 2.620 mahasiswa aktif dan 31.000 alumni yang mengikuti berbagai program studi yang dibuka oleh RISD. Terdapat setidaknya 44 program studi penuh waktu yang ditawarkan oleh RISD saat ini di berbagai jenjang pendidikan, termasuk di antaranya program studi di bidang apparel design, architecture, computation, technology and culture, design engineering, graphic design dan masih banyak lagi.

Menariknya lagi, RISD juga memiliki museum pribadi yang terintegrasi dengan universitas dan menampung setidaknya 100.000 karya seni, mulai dari yang kuno hingga kontemporer. Selain itu, museum RISD juga sering menyelenggarakan berbagai pameran, kuliah, tur, workshop hingga publikasi untuk membantu para seniman menunjukkan karyanya kepada khalayak ramai.

 

Baca Juga: Tips Memilih Kampus Luar Negeri

 

Royal College of Art

Universitas desain terbaik di dunia selanjutnya adalah Royal College of Art atau RCA yang berlokasi di London, Inggris. Berdiri sejak tahun 1837, RCA awalnya memiliki status sebagai Government School of Design, sebelum kemudian berganti status menjadi universitas pada tahun 1967. Saat ini, RCA menjadi salah satu institusi pendidikan paling prestisius di dunia di bidang seni dan desain. Berdasarkan daftar yang dirilis oleh QS, RCA terus dinobatkan menjadi universitas terbaik di dunia untuk bidang seni dan desain selama 9 (sembilan) tahun berturut-turut.

Berbeda dengan RISD, RCA hanya menawarkan program studi di jenjang pascasarjana baik Master maupun Doktoral di bidang seni dan desain. Beberapa program studi khusus desain yang ditawarkan RCA antara lain :

1. Design

2. Experience design

3. Graphic design

4. Industrial design

5. Product design

 

Politecnico di Milano

Masih dari benua Eropa, universitas jurusan desain terbaik di dunia lain yang bisa menjadi pilihan adalah Politecnico di Milano yang berlokasi di salah satu kota fashion dunia, Milan. Universitas terbesar dan tertua di Milan yang sudah berdiri sejak tahun 1863 ini, kini memiliki setidaknya 42.000 mahasiswa yang menempuh studi di berbagai jenjang pendidikan, baik sarjana maupun pascasarjana, di berbagai program studi di bidang engineering, arsitektur dan desain. Beberapa program studi khusus desain yang ditawarkan oleh universitas ini antara lain :

1. Architectural Design

2. Communication Design

3. Fashion Design

4. Interior and Spatial Design

5. Integrated Product Design

6. Digital and Interaction Design

7. Naval and Nautical Design

8. Product Service System Design

9. Urban Planning and Policy Design 

10. Design and Engineering

Bahasa pengantar utama yang digunakan di Politecnico di Milano berbeda-beda tergantung program studi yang dituju. Beberapa program studi menggunakan bahasa Italia sebagai bahasa pengantar utama, sementara program studi lainnya menggunakan bahasa Inggris sebagai bahasa pengantar utama. Meskipun demikian, pelajar internasional yang mendaftar masuk ke Politecnico di Milano tidak perlu khawatir dengan kendala bahasa mengingat universitas juga menyediakan Italian Language Course gratis untuk membantu pelajar internasional beradaptasi dengan studi dan kehidupan sehari-hari di Italia.  

 

Baca Juga: Kuliah di Kampus Impian dengan Beasiswa, Simak Tips Menulis CV-nya

 

Rekomendasi Bimbingan Lolos Universitas Desain Terbaik di Dunia

Ingin lolos masuk ke berbagai universitas jurusan desain terbaik di dunia? Yuk konsultasi dengan konsultan expert Schoters agar persiapan daftar universitasmu lebih terarah.

Butuh program lain untuk persiapan dapat universitas jurusan desain terbaik di dunia? Cek program terbaik dari Schoters untuk bimbingan persiapanmu, dijamin terlengkap.

universitas desain terbaik di dunia