Universitas Hongkong: Kampus Unggulan Bidang Penelitian Ilmiah

Universitas Hongkong atau The University of Hongkong (HKU) adalah universitas negeri penelitian yang terletak di Pokfulam, Hongkong. Didirikan pada tahun 1911, institusi ini merupakan perguruan tinggi tertua di Hongkong. Menempati posisi ke-21 top global universities, berdasarkan QS World University Rankings 2023. Universitas ini maju dalam penelitian ilmiah dan pendidikan dalam bidang akuntansi & keuangan, biomedik, kedokteran gigi, ilmu budaya, hukum, ilmu-ilmu sosial, dan ilmu politik. Salah satu keberhasilan penelitian ilmiah di universitas ialah HKU merupakan tim pertama di dunia yang berhasil mengisolasi virus Corona, agen penyebab dari SARS.

 

Sejarah Universitas Hongkong

Gubernur Sir Frederick Lugard telah mengusulkan untuk mendirikan sebuah universitas di Hongkong agar bisa bersaing dengan perguruan tinggi di Tiongkok. Pemerintah Hongkong dan pebisnis di Cina selatan, keduanya sama-sama bersemangat untuk mempelajari “rahasia sukses Barat”, juga memberikan dukungan. Charles Eliot diangkat sebagai Wakil Rektor pertama.

Sebagai Gubernur Hongkong, Lugard meletakkan batu pondasi dari bangunan utama pada tanggal 16 Maret 1910 dan berharap bahwa universitas ini akan mendidik lebih banyak orang-orang Cina di Inggris dengan “nilai-nilai imperial”, sebagai lawan dari negara-negara Barat lainnya. The University of Hongkong resmi dibuka pada 11 Oktober 1912. Universitas ini awalnya didirikan sebagai lembaga khusus laki-laki. Mahasiswa perempuan pertama diterima sepuluh tahun kemudian.

 

Program Studi yang tersedia di The University of Hongkong

HKU menerima undergraduate dan postgraduate program. Saat ini, HKU memiliki 10 fakultas akademik dengan bahasa Inggris sebagai bahasa pengantar, antara lain:

  1. Faculty of Architecture
  2. Faculty of Arts
  3. HKU Business School
  4. Faculty of Dentistry
  5. Faculty of Education
  6. Faculty of Engineering
  7. Faculty of Law
  8. Li Ka Shing Faculty of Medicine
  9. Faculty of Science
  10. Faculty of Social Sciences
  11. Graduate School

 

Tingkat Penerimaan Universitas Hongkong

Masuk ke HKU sangat kompetitif. Pada tahun 2012, universitas ini menerima lebih dari 70.946 pelamar untuk studi jenjang sarjana, 23.852 berasal dari luar sistem sekolah Hongkong. Untuk pelajar internasional, rata-rata pendaftaran adalah 1 tiap 12 mahasiswa, sedangkan penerimaan untuk mahasiswa dari Tiongkok Daratan 1 tiap 31 mahasiswa. Profil Penerimaan Global terbaru, dengan informasi dan data tentang penerimaan tahun lalu dan Brosur Penerimaan Internasional, dengan informasi tentang aplikasinya, tersedia di situs HKU.

 

Penelitian

Universitas ini adalah anggota pendiri Universitas 21, sebuah konsorsium internasional dari universitas berbasis penelitian. HKU disokong oleh anggaran operasi yang besar dari pemerintah, jauh bila dibandingkan dengan banyak negara-negara barat. Profesor HKU digaji dengan bayaran tertinggi di dunia, jauh melebihi dari rekan-rekan mereka di perguruan tinggi swasta di Amerika Serikat.

Hasil penelitian, peneliti, proyek, paten dan tesis HKU diprofilkan dan tersedia untuk umum di Hub Akademisi HKU. Universitas ini juga memiliki jumlah penelitian mahasiswa pascasarjana terbesar di Hongkong, sekitar 10% dari total populasi mahasiswa. Semua fakultas dan jurusan yang memberikan pengajaran dan pengawasan untuk siswa penelitian (MPhil dan PhD) diadministrasi oleh Sekolah Pascasarjana.

 

Beasiswa Studi di The University of Hongkong

HKU Scholarships

Beasiswa ini merupakan fully funded, dengan kelayakan sebagai berikut:

  1. Ujian SMA Nasional, IELTS 6.5, TOEFL IBT 93
  2. Penyelesaian Ujian Nasional SMA dengan rata-rata keseluruhan 85% pada keempat mata pelajaran, dengan syarat tidak ada mata pelajaran yang kurang dari 60%.

 

Baca Juga: Simak Perbedaan Penilaian IELTS dan TOEFL untuk Daftar Universitas Luar Negeri

 

Adapun keuntungan yang diperoleh yaitu:

  1. Beasiswa masuk HKU Foundation
  2. Beasiswa berbasis prestasi yang diberikan kepada siswa berprestasi yang diterima di program sarjana HKU atau program kolaboratif universitas.

Dokumen yang perlu disiapkan:

  1. Paspor
  2. Transkrip SMA diterjemahkan dalam bahasa Inggris
  3. Kecakapan bahasa Inggris
  4. Ijazah, SKHUN, dokumen resmi lainnya dari sekolah diterjemahkan dalam bahasa Inggris
  5. Visa
  6. CV, sertifikat, dan penghargaan
  7. Pernyataan pribadi
  8. Referensi (diutamakan)
  9. Dokumen lain berdasarkan program

 

Baca Juga: Hal-Hal yang Wajib Kamu Ketahui Seputar Jasa Penerjemahan Dokumen, Yuk Simak!

 

Bagaimana cara daftar beasiswanya:

  1. Lengkapi persyaratan yang diminta oleh pihak universitas
  2. Melakukan pendaftaran secara online dengan membuat akun di website resmi universitas
  3. Mengunggah dokumen yang dibutuhkan
  4. Membayar biaya pendaftaran
  5. Setelah pembayaran pendaftaran berhasil, kamu akan mendapat nomor pendaftaran dan segera kirimkan formulir online

 

Rekomendasi Bimbingan Persiapan Lolos Universitas Hongkong

Ingin lolos Universitas Hongkong? Yuk konsultasi dengan konsultan expert Schoters agar persiapan daftar universitasmu lebih terarah.

Butuh program lain untuk persiapan dapat Universitas Hongkong? Cek program terbaik dari Schoters untuk bimbingan persiapanmu, dijamin terlengkap.

Banner CTA K2- Schoters (Feb 27, 2023 11:04 AM)