Zurich University: Informasi Terbaru, Program Studi, Biaya

Kalau kamu penasaran bagaimana rasanya melanjutkan kuliah di salah satu perguruan tinggi terbaik di Eropa, kamu mungkin bisa mencari tahu lebih lanjut soal Zurich University, salah satu universitas terbesar dan terbaik Eropa yang berlokasi di kota Zurich, Swiss.

Mengapa banyak mahasiswa mendaftar ke Zurich University? Persyaratan apa saja yang diperlukan untuk mendaftar masuk ke Zurich University?

Simak ulasan lengkapnya di bawah ini.

General Info Tentang Zurich University

Zurich University adalah salah satu universitas negeri berorientasi riset di Swiss yang sudah berdiri sejak tahun 1833. Terkenal sebagai salah satu universitas terbesar di Swiss dengan program akademik yang paling komprehensif, Zurich University saat ini memiliki kurang lebih 28.121 mahasiswa yang mempelajari 100 bidang ilmu yang tersebar di 150 divisi akademik dan 7 (tujuh) fakultas yang tersedia di Zurich University.

Saat ini, Zurich University menduduki peringkat 27 terbaik di Eropa dan peringkat 83 dalam daftar perguruan tinggi terbaik dunia versi QS yang dirilis pada tahun 2023. Menariknya, Zurich University juga merupakan salah satu universitas pertama di Eropa yang menekankan pentingnya pendidikan bagi perempuan, termasuk melalui pemberian gelar doktoral pertama kepada mahasiswa perempuan di Eropa.

Zurich University juga terkenal sebagai salah satu universitas yang melahirkan lulusan terbaik di Swiss, yang diminati oleh banyak perusahaan global. Setidaknya 80% lulusan dari Zurich University kini bekerja secara permanen di perusahaan Swiss. Tidak hanya itu, Zurich University juga memiliki 12 (dua belas) lulusan yang menjadi pemenang Nobel Prize, termasuk di antaranya Albert Einstein dan Wilhelm Conrad Rontgen, sang penemu X-Rays.

Baca Juga: Lihat 10 Daftar Negara Terbaik Untuk Kamu yang Ingin Melanjutkan Studi Ke Luar Negeri

Program Studi Yang Ditawarkan Zurich University

Zurich University membuka berbagai program studi di seluruh jenjang pendidikan untuk banyak disiplin ilmu, termasuk di antaranya :

  1. Social Sciences and Education
  2. Law and Economics
  3. Language and Literature
  4. Natural Sciences
  5. Mathematics and Computing
  6. History and Cultural Studies
  7. Medicine and Health
  8. Theology and Religious Studies

Yang menarik adalah bahasa pengantar yang digunakan untuk program studi yang dibuka di Zurich University bisa berbeda-beda, tergantung jenjang pendidikan dan program studi yang dituju. Beberapa bahasa yang digunakan di Zurich University antara lain Jerman, Inggris, Perancis, Italia dan Spanyol.

Tertarik melanjutkan pendidikan di Zurich University dan ingin berkonsultasi lebih lanjut dengan konsultan expert? Schoters bisa bantu kamu mulai dari persiapan memilih jurusan di Zurich University, beasiswa yang bisa dicoba, persyaratan dokumen hingga interview. Silahkan klik tombol “Konsultasi Kuliah di Luar Negeri” di bawah ini dan kamu bisa bebas tanya apa pun.

Persyaratan Masuk Zurich University

Untuk mendaftar masuk ke Zurich University, terdapat beberapa persyaratan umum yang harus dipenuhi sesuai dengan jenjang pendidikan yang dituju.

Tertarik dengan beasiswa Zurich University dan ingin berkonsultasi lebih lanjut dengan konsultan expert? Schoters bisa bantu kamu mulai dari persiapan memilih universitas, beasiswa, persyaratan dokumen hingga interview.

Silakan klik tombol “Konsultasi Kuliah di Luar Negeri” di bawah ini dan kamu bisa bebas tanya apapun 👇

[Schoters] Form Konsultasi Harvester

Persyaratan Masuk Jenjang Sarjana

Untuk jenjang sarjana, pendaftar harus memiliki beberapa persyaratan umum sebagai berikut :

  1. Memiliki Ijazah Sekolah Menengah Atas (SMA) jurusan IPA dengan nilai rata-rata minimal 75%
  2. Menunjukkan hasil selama 3 (tiga) tahun terakhir untuk beberapa mata pelajaran berikut :
    1. Bahasa Indonesia (Bahasa Pertama)
    2. Bahasa lainnya sebagai bahasa kedua
    3. Matematika
    4. Ilmu Pengetahuan Alam (Biologi, Kimia atau Fisika)
    5. Ilmu Pengetahuan Sosial (Geografi, Sejarah atau Ekonomi/Hukum)
    6. Mata pelajaran pilihan baik dari bidang IPA, IPS, computer science atau philosophy
  3. Mengikuti ujian Complementary Examination yang diselenggarakan oleh Swiss Higher Education Institutions (ECUS)
  4. Karena bahasa pengantar utama untuk jenjang S1 adalah Jerman, calon mahasiswa juga harus memiliki kemampuan bahasa Jerman yang baik minimal Level C1 yang dibuktikan dengan sertifikat tes bahasa Jerman.

Persyaratan Masuk Jenjang Master

Untuk jenjang Master, pendaftar harus memiliki beberapa persyaratan umum sebagai berikut :

  1. Sudah lulus dan memiliki ijazah S1 yang diselesaikan dalam waktu minimal 3 (tiga) tahun
  2. Karena bahasa pengantar utama untuk jenjang S2 bisa berbeda-beda tergantung program studi yang dituju, calon mahasiswa harus memiliki kemampuan bahasa yang baik minimal Level C1, sesuai persyaratan program studi. Beberapa bahasa yang digunakan di jenjang S2 Zurich University antara lain Jerman, Inggris, Perancis, Italia dan Spanyol.  

Persyaratan Masuk Jenjang Doktoral

Untuk jenjang Doktoral, pendaftar harus memiliki beberapa persyaratan umum sebagai berikut :

  1. Sudah lulus dan memiliki ijazah S2.
  2. Sudah mendapatkan Principal Supervisor dari Zurich University yang setuju menjadi pembimbing disertasi.
  3. Di beberapa program studi tertentu, mahasiswa jenjang Doktoral juga akan bekerja di Zurich University sebagai doctoral students atau teaching and research assistant.  

 

Beasiswa Zurich University Yang Dapat Dicoba

Berikut adalah program beasiswa yang bisa kamu coba kalau kamu tertarik melanjutkan studi di Zurich University.

Beasiswa LPDP

Beasiswa Lembaga Pengelola Dana Pendidikan (LPDP) adalah program beasiswa fully funded yang dibuka oleh Pemerintah Indonesia kepada pelajar Indonesia yang ingin melanjutkan pendidikan di jenjang pasca sarjana, baik Master maupun Doktoral, di berbagai universitas di luar negeri, termasuk Zurich University.

Baca Juga: Tertarik Dengan Beasiswa LPDP? Yuk Cek Lebih Lanjut Disini

Swiss Government Excellence Scholarship

Program beasiswa yang dibuka oleh Pemerintah Swiss ini ditujukan kepada pelajar internasional yang berminat melanjutkan studi di jenjang pascasarjana, baik Master maupun Doktoral, di berbagai universitas di Swiss, termasuk Zurich University.

Digital Society Initiative (DSI) Excellence Program

Program beasiswa yang satu ini dibuka oleh Zurich University kepada mahasiswa jenjang Doktoral di Zurich University, yang melakukan riset di bidang ICT atau Digital Technology. Nilai beasiswa yang diterima setara dengan remunerasi untuk pekerjaan full time/part time di Zurich University.

UBS Center Scholarship

Program beasiswa ini ditujukan untuk mahasiswa jenjang Doktoral di Graduate School of Economics, Zurich University. Beasiswa ini termasuk dalam kategori beasiswa fully funded, yang mencakup biaya kuliah dan tunjangan hidup.

Rekomendasi Bimbingan Lolos Zurich University

Ingin lolos masuk ke Zurich University? Yuk konsultasi dengan konsultan expert Schoters agar persiapan daftar universitasmu lebih terarah.

Butuh program lain untuk persiapan menembus Zurich University? Cek program terbaik dari Schoters untuk bimbingan persiapanmu, dijamin terlengkap.

[Schoters] Form Konsultasi Harvester