8 Universitas dengan Perpustakaan Terbaik di Dunia

Kuliah di Luar Negeri, 30 Nov 2022

Bagi sebagian orang, perpustakaan bukan hanya tempat baca dan pinjam buku. Melainkan juga sebagai tempat belajar, tempat bersejarah, suaka buku-buku antik dan lain sebagainya. Karena itu 8 universitas dengan perpustakaan terbaik di dunia ini akan memberikan pengalaman belajar yang berbeda dari yang pernah kamu rasakan. Cek infonya di bawah ini ya!

1. Oxford University - Bodleian Library

Bodleian Library menjadi daftar wajib list 8 universitas dengan perpustakaan terbaik di dunia. Menjadi salah satu perpustakaan terbesar di Eropa dan terkoneksi dengan Redcliffe Camera, perpustakaan ini memiliki tiga ruangan baca bersejarah yaitu Lower Reading Room, Upper Reading Room dan Duke Humfrey’s Library. 

Perpustakaan ini buka setiap harinya, di hari Senin sampai Jumat di jam 9 pagi hingga 9 malam. Hari Sabtu pukul 10 pagi hingga 4 sore, dan hari Minggu di jam 11 siang hingga 5 sore.

2. University of Cambridge - St. John’s College Old Library

List 8 universitas dengan perpustakaan terbaik di dunia selanjutnya ada di University of Cambridge. Dibangun pada 1624, perpustakaan ini menyimpan manuskrip kuno, buku-buku langka hingga karangan pribadi. 

Selain sebagai tempat belajar, St. John’s College Old Library juga memberikan fasilitas seperti ruang seminar, printer, peminjaman buku, komputer dan beberapa fasilitas lain yang bisa kamu dapatkan secara online. Kamu juga bisa berkunjung setiap Senin hingga Jumat di jam 9 pagi hingga 5 sore. Namun, perpustakaan ini akan tutup di hari-hari besar.

3. Yale University - Beinecke Rare Book and Manuscript Library

Seperti namanya, perpustakaan ini menyimpan lebih dari satu juta buku langka, manuskrip kuno, koleksi foto, peta dunia, poster, lukisan dan objek seni yang berpengaruh pada perkembangan ilmu dunia. Selain koleksinya, perpustakaan ini juga memiliki arsitektur yang menakjubkan dan dibangun oleh alumni dari Yale University sendiri.

List 8 universitas dengan perpustakaan terbaik di dunia ini, juga mendukung para mahasiswa untuk melakukan penelitian di sini dan buka setiap hari untuk semua warga Yale University.

          Baca juga: 10 Negara Terbaik Buat Kuliah di Luar Negeri 

4. Johns Hopkins University - The George Peabody Library

List 8 universitas dengan perpustakaan terbaik di dunia kita ini sudah dibuka sejak 1878 dan didesain oleh arsitek Baltimore, Edmund G. Lind yang berkolaborasi dengan Institut Peabody, Dr. Nathaniel H. Morison. Perpustakaan ini juga menyimpan 300.000 volume dari abad ke-19 di bidang studi, agama, seni, arsitektur, topography, sejarah, geografi, bahasa Roma, dan lain sebagainya.

The George Peabody Library buka setiap hari sejak jam 10 pagi dan tutup pada hari Jumat dan Sabtu. Selain itu kamu bisa reservasi tempat belajar secara online lewat website resmi mereka. 

5. University of California San Diego - Geisel Library

List 8 universitas dengan perpustakaan terbaik di dunia kita satu ini juga tidak kalah unik. Geisel Library memiliki beberapa bagian dalam koleksi mereka. Mereka adalah koleksi umum, koleksi spesial, kurasi data penelitian, koleksi digital, informasi mengenai beasiswa yang tersedia, hingga pameran digital.

Sedangkan bagi mahasiswa yang ingin belajar di perpustakaan ini, sudah disediakan sistem reservasi online di sistem perpustakaan kampus. 

6. University of Pennsylvania - Fisher Fine Arts Library

List 8 universitas dengan perpustakaan terbaik di dunia kita kali ini merupakan surga bagi para pecinta seni. Fisher FIne Arts Library menyimpan materi untuk tujuan penelitian di bidang seni dan arsitektur. Namun juga tersedia untuk bidang fotografi, perencanaan kota, urban design, dan lain sebagainya. 

Perpustakaan ini berada di 220 South 34th Street Philadelphia dan buka dari jam 9 pagi hingga 6 sore.

7. University of Washington Seattle - Suzzallo and Allen Libraries

List 8 universitas dengan perpustakaan terbaik di dunia kali ini, memperkenalkan dirinya sebagai tempat untuk belajar, meneliti dan dikunjungi. Terletak di Seattle, Suzzallo and Allen Libraries ini menyediakan 2 juta volume dari segalah bidang dan tersebar dengan berbagai format. Selama belajar di perpustakaan ini kamu juga akan dibantu dengan staff profesional dan ruangan besar dan luas.

Perpustakaan ini buka setiap hari (kecuali hari Sabtu) pada pukul 9 pagi hingga 8 malam. Namun jadwal ini bisa berubah sewaktu-waktu ya, untuk lebih tepatnya kamu bisa cek website resminya secara berkala. 

8. Musashino Art University Library, Tokyo

List 8 universitas dengan perpustakaan terbaik di dunia kali ini ada di Jepang! Perpustakaan ini kurang lebih 320 ribu buku dan 5 ribu penelitian yang mayoritas membahas seni, desain, dan arsitektur. Lebih dari 50 ribu katalog, 5.500 buku foto dan 1.000 koleksi unik lainnya. Tak lupa, perpustakaan ini juga mempunya Nara ehon (buku ilustrasi tangan) dan ukiyo zoshi (fiksi popular dari abad 17 hingga 18). 

Karena bagian dari pusat seni, Musashino Art University menyediakan banyak pameran dan seminar yang jadwalnya bisa kamu lihat di website resmi mereka. 

Dari 8 universitas dengan perpustakaan terbaik di dunia di atas, mana yang jadi favoritmu? Kalau ada, yuk gapai mimpimu untuk sekolah ke luar negeri dan datangi 8 universitas dengan perpustakaan terbaik di dunia lewat bimbingan Study Abroad Schoters dengan klik link dibawah ini.

               Baca Juga: 7 Universitas Seni Terbaik Dunia dan Informasi Beasiswanya

Persiapan Kuliah di Luar Negeri Bersama Schoters

Masih ragu atau sudah yakin bisa menaklukkan kampus luar negeri incaran kamu? Konsultasi dan persiapkan bersama konsultan experts Schoters.

Ingin mendapatkan program bimbingan persiapan beasiswa yang paling tepat untuk kamu? Dapatkan program terbaik di sini.

8 Universitas dengan Perpustakaan Terbaik di Dunia