Panduan Lengkap Beasiswa The Lester B. Pearson International Scholarship: Persyaratan, Tahapan, & Tipsnya

Kanada menjadi incaran banyak mahasiswa internasional karena dikenal sebagai negara yang memiliki keragaman budaya dan menjadi negara teraman di dunia. Selain itu, terdapat universitas top yaitu University of Toronto yang menduduki peringkat 25 sebagai universitas terbaik di dunia.

Toronto wajib dijadikan destinasi pilihan bagi Hunters yang berminat untuk melanjutkan studi di luar negeri. University of Toronto sendiri menawarkan beasiswa full yang dinamakan Beasiswa The Lester B. Pearson International Scholarships. Untuk detail beasiswanya akan kita bahas pada artikel berikut ya Hunters!

 

Apa Itu Beasiswa The Lester B. Pearson International Scholarship

 

Beasiswa The Lester B. Pearson International Scholarship membuka kesempatan bagi calon mahasiswa internasional yang ingin belajar di salah satu universitas terbaik di dunia, yaitu University of Toronto. Letaknya yang berada di salah satu kota paling multikultural di dunia membuat universitas ini cocok bagi Hunters yang ingin mencari suasana baru.

Beasiswa ini diperuntukkan bagi siswa-siswa dari seluruh dunia yang memberikan dampak positif bagi sekolah, baik melalui pencapaian akademik, kreativitas, dan kepemimpinan yang baik. Beasiswa ini juga terbuka bagi siswa internasional yang bersekolah SMA di Kanada dan ingin melanjutkan pendidikan tinggi di Universitas Toronto. 

Peminatnya yang banyak membuat beasiswa ini menjadi beasiswa paling bergengsi dan kompetitif bagi siswa internasional. Cakupan beasiswa yang diberikan juga tergolong lengkap dan didanai selama empat tahun penuh masa studi.

Beasiswa The Lester B. Pearson International Scholarship hanya dibuka untuk mahasiswa yang ingin melanjutkan program studi sarjana (S1). Biasanya hanya membuka kuota sebanyak 37 siswa tiap tahunnya, jadi pastikan untuk melakukan persiapan dengan matang ya Hunters!

 

Kampus dan Jurusan Beasiswa 

 

beasiswa lester b pearson university of toronto

University of Toronto

Berdiri pada tahun 1827, University of Toronto merupakan perguruan tinggi terbesar di Kanada yang dikenal sebagai salah satu institusi yang memimpin dalam bidang pengajaran dan penelitian. Dikenal juga sebagai U of T, universitas ini menempati peringkat 25 berdasarkan QS World University Rankings 2025.

Berada di Toronto yang diakui sebagai kota besar paling aman di dunia, University of Toronto menawarkan pengalaman belajar yang luar biasa. Melalui sistem perguruan tinggi dan divisi akademiknya, U of T menciptakan komunitas belajar yang erat, memberikan dukungan dan kebersamaan bagi para mahasiswanya.

Universitas ini juga memiliki fasilitas kelas dunia yang diakui secara internasional, salah satunya adalah jaringan perpustakaannya yang terdiri dari 44 perpustakaan, menjadikannya sistem perpustakaan terbesar ketiga di Amerika Utara.

Dengan lebih dari 500.000 alumni yang tersebar di seluruh dunia, University of Toronto mendapatkan pengakuan global, dan para lulusannya dikenal sebagai salah satu yang paling mudah mendapatkan pekerjaan di berbagai bidang dan industri di tingkat internasional.

 

Jurusan Unggulan di University of Toronto

University of Toronto menawarkan lebih dari 700 undergraduate program dengan lingkup bidang yang bervariasi. Beberapa jurusan unggulan yang ditawarkan antara lain:

1. Akuntansi

Jurusan ini cocok bagi Hunters yang tertarik dengan angka dan hitung-hitungan. Kemampuan yang akan dikembangkan dalam jurusan ini adalah kemampuan analitis yang kuat. Hunters akan mempelajari mengenai laporan keuangan, pajak dan audit dalam lingkup bisnis.

2. Arsitektur

Jurusan arsitektur memerlukan imajinasi yang luas, jika Hunters suka menggambar jurusan ini layak untuk dipertimbangkan. Program ini akan membekali mahasiswa dengan keterampilan desain, teknik, dan konsep dalam mendesain sebuah lingkungan yang inovatif.

3. Ilmu Komputer

Kompetensi yang dikembangkan dalam jurusan ini mencakup hal-hal yang berkaitan dengan perangkat lunak, kecerdasan buatan, dan keamanan siber. Ilmu yang didapatkan dalam jurusan ini dapat membantu menciptakan inovasi-inovasi baru yang dapat mengubah dunia.

4. Ekonomi

Jurusan ekonomi memberikan pembelajaran tentang perilaku konsumen, perusahaan, dan pemerintah dalam mengatur sistem ekonomi. Mahasiswa juga akan belajar cara menganalisis data ekonomi, membuat model ekonomi, dan mengevaluasi kebijakan ekonomi.

5. Manajemen

Lulusan jurusan manajemen dibentuk untuk menjadi pemimpin bisnis serta mencapai kesuksesan di dunia bisnis. Program ini membekali keterampilan manajerial, strategi bisnis, manajemen operasi bisnis, pemasaran, dan sumber daya manusia.

 

Baca Juga: Panduan Lengkap: 2 Beasiswa S2 Kanada yang Wajib Diketahui!

 

Benefit dan Fasilitas yang Didapatkan

 

Beasiswa ini layak dicoba karena memberikan cakupan beasiswa yang lengkap, antara lain:

  1. Biaya kuliah penuh selama 4 tahun (Tuition fee)
  2. Uang saku untuk buku
  3. Tunjangan tempat tinggal
  4. Biaya incidental lainnya
  5. Kesempatan untuk mendapatkan sesi mentorship eksklusif yang bertujuan untuk membantu siswa dalam mengembangkan kemampuan kepemimpinan
  6. Tergabung dalam komunitas siswa internasional Lester B. Pearson yang berguna dalam pemberian dukungan dan inspirasi selama masa studi

 

Tertarik dengan beasiswa The Lester B. Pearson International Scholarship dan ingin berkonsultasi lebih lanjut dengan konsultan expert? Schoters bisa bantu kamu mulai dari persiapan memilih universitas, beasiswa, dan persyaratan dokumen. 

Silahkan klik tombol “Konsultasi Kuliah di Luar Negeri” di bawah ini dan kamu bisa bebas tanya apapun.

Beasiswa The Lester B. Pearson International Scholarship

 

Persyaratan dan Berkas yang Perlu Disiapkan

 

beasiswa lester b pearson university of toronto

Saat mendaftar Hunters perlu memperhatikan beberapa ketentuan atau persyaratan yang harus dipersiapkan, seperti:

  1. Siswa internasional yang belum pernah terdaftar pada program sarjana di University of Toronto atau di institusi lain
  2. Tidak memiliki kewarganegaraan Kanada
  3. Siswa yang sedang berada di tahun terakhir Sekolah Menengah Atas (SMA) atau yang telah lulus SMA
  4. Memiliki catatan akademik yang baik, biasanya memiliki skor dengan rata-rata yang tinggi atau berada di posisi teratas di kelas
  5. Memiliki skor IELTS minimal 6.5 (dengan masing-masing nilai minimal 6.0) dan TOEFL iBT minimal 89 (dengan minimal skor 22 pada bagian Speaking dan Writing)
  6. Diutamakan memiliki kontribusi dalam kepemimpinan dan pelayanan masyarakat. Hal ini dapat Hunters cantumkan pada saat membuat esai.
  7. Mendaftar di salah satu program sarjana University of Toronto dan memenuhi seluruh persyaratan yang berlaku di tiap-tiap universitas

 

Berkas yang diperlukan untuk mendaftar beasiswa The Lester B. Pearson International Scholarship:

  1. Sertifikat TOEFL dan IELTS sesuai ketentuan yang telah ditetapkan
  2. Ijazah Sekolah Menengah Atas (SMA) atau sertifikat IB (International Baccalaureate)
  3. Visa
  4. Transkrip nilai akademik
  5. University application form
  6. Scholarship application form
  7. Dokumen kesehatan umum

 

Tahap Seleksi

 

Untuk mendaftar pada program ini terdapat beberapa tahap seleksi yang perlu Hunters ikuti untuk mendapatkan beasiswa The Lester B. Pearson International Scholarship:

  1. Siswa harus memperoleh nominasi dari sekolah asal untuk mengajukan beasiswa. Biasanya sekolah memilih siswa yang memiliki prestasi gemilang pada saat bersekolah.
  2. Pengisian formulir nominasi oleh pihak sekolah dengan mengajukan nama-nama siswa sebagai nominee beasiswa The Lester B. Pearson International Scholarship
  3. Setelah mendapatkan nominasi dari pihak sekolah, calon penerima beasiswa diwajibkan untuk mendaftar kuliah pada program S1 di website resmi University of Toronto
  4. Melengkapi syarat-syarat dan dokumen yang dibutuhkan. Perlu dicatat bahwa persyaratan dan dokumen untuk mendaftar kuliah dan program beasiswa berbeda.
  5. Jika sudah mendapatkan nominasi dan mendaftar di website universitas, Hunters dapat melanjutkan ke tahap selanjutnya yaitu dengan melengkapi form atau data secara online

 

Jadwal Seleksi

 

Pastikan untuk selalu memeriksa jadwal seleksi berdasarkan website resmi pendaftaran beasiswa. Perlu diingat bahwa jadwal seleksi dapat berubah sesuai ketentuan Universitas, cek secara berkala ya Hunters! 

  1. Pendaftaran nominasi dari sekolah asal: 1 Juli – 11 Oktober
  2. Pendaftaran mahasiswa pada portal resmi University of Toronto: Batas akhir 18 Oktober
  3. Pendaftaran beasiswa The Lester B. Pearson International Scholarship dan submit seluruh dokumen: Batas akhir 8 November
  4. Pengumuman penerima beasiswa The Lester B. Pearson International Scholarship: akhir Januari s/d Mei

 

Baca Juga: Kuliah di Kanada: Biaya sampai Rekomendasi Beasiswa

 

Study Abroad Program di Schoters merupakan langkah tepat bagi kamu yang ingin mempersiapkan diri untuk studi di universitas luar negeri. Program ini memberikan keuntungan mulai dari bimbingan seluruh tes dan persiapan yang dibutuhkan. 

Hunters akan dibimbing oleh para konsultan handal yang akan membantu menyelesaikan kesulitan-kesulitan yang dihadapi saat proses pendaftaran. Jadi bagi Hunters yang ingin mendapatkan pengalaman terbaik dan mudah dalam mendaftar beasiswa, yuk bergabung dengan Study Abroad Program di Schoters!

 

Tertarik dengan program tersebut? Yuk ikut bimbingan persiapan Beasiswa The Lester B. Pearson International Scholarship!

Kamu akan dibantu dengan konsultan expert Schoters agar persiapan daftar beasiswa mu lebih terarah. Butuh program lain untuk persiapan daftar beasiswa ke luar negeri?
Cek program terbaik dari Schoters untuk bimbingan persiapanmu, dijamin terlengkap.

Beasiswa The Lester B. Pearson International Scholarship