Alasan Kuliah S2 S3, Apa Manfaatnya?

Fakta Menarik, 02 Des 2022

Bagi banyak orang, pendidikan merupakan hal penting yang perlu untuk dikejar. Hal inilah yang menjadi alasan kuliah S2 S3 untuk banyak orang. Bagi sebagian orang, meraih gelar sarjana saja belum cukup.


Ada banyak alasan lanjut S2 dan S3 yang menjadi pertimbangan banyak orang tersebut. Terlebih, saat ini akses pendidikan untuk ke jenjang tersebut cukup mudah dan banyak tersedia. Bahkan ada banyak beasiswa untuk melanjutkan ke jenjang pendidikan tersebut.

Apa Saja Alasan Kuliah S2 S3 bagi Sebagian Orang?

Bagi sebagian orang, gelar S-1 saja sudah cukup. Namun, sebagian orang yang lain lagi menilai bahwa gelar sarjana S-1 saja belum cukup. Terutama ketika sudah banyak orang yang juga memiliki gelar sarjana.

 

Hal tersebut tentunya akan menciptakan persaingan dalam dunia akademis dan kerja semakin ketat. Hal itulah yang menjadi alasan kuliah S2 S3 bagi banyak orang. Dengan pendidikan yang lebih tinggi, tentunya mereka juga berharap kesempatan yang lebih baik.

 

Selain itu, ada beberapa alasan kuliah S2 S3 lainnya yang banyak menjadi pertimbangan Hal tersebut antara lain:

 

Pertumbuhan Intelektual

Alasan banyak orang mengapa lanjut S2 dan S3 adalah karena mereka merasa S1 saja belum cukup. Hal ini terutama dari segi pendidikan, mereka merasa jika ilmu di S1 belum memuaskan bagi mereka.

 

Selain itu, alasan kuliah S2 S3 lainnya adalah masalah pengembangan ilmu. Ketika mengambil tingkat lanjut, maka hal itu berarti Hunters juga akan mengembangkan ilmu yang sudah didapatkan sebelumnya.

 

Dalam hal ini, biasanya Hunters akan mengambil jurusan maupun disiplin ilmu yang sama antara S1 sampai S3. Tujuannya adalah memperdalam ilmu yang sudah Hunters pelajari sebelumnya.

           Baca juga: Mau Kuliah ke Luar Negeri Gratis? Cek Tips Berikut Ini!

Pengalaman

Bagi sebagian orang, pentingnya S2 dan S3 juga akan berkaitan dengan pengalaman yang mereka dapatkan. Ketika Hunters mengambil S2 atau S3 maka dipastikan Hunters akan bertemu dengan banyak orang baru dan melakukan banyak hal baru.

 

Hal inilah yang akan menjadi pengalaman berharga. Apalagi jika Hunters mengambil sekolah lanjutan tersebut di luar negeri maka akan semakin banyak pengalaman yang bisa Hunters dapatkan. Silahkan mencobanya.

 

Pengalaman ini sendiri akan bersumber dari banyaknya kegiatan yang Hunters lakukan selama menempuh pendidikan. Semakin banyak kegiatan yang Hunters lakukan maka semakin banyak pengalaman yang Hunters dapatkan.

 

Mendalami ilmu

Mungkin ini menjadi salah satu alasan lanjut kuliah S2 S3 yang paling banyak dilakukan sebagian orang. Seperti sudah dijelaskan sebelumnya, jika banyak orang yang menilai ilmu yang mereka dapatkan di tingkat S-1 mungkin belum cukup.

 

Pada akhirnya, mereka memutuskan untuk melanjutkan pendidikan mereka ke jenjang yang lebih tinggi. Biasanya alasan ini juga berkaitan dengan masalah karier. Dengan mengenyam pendidikan yang lebih mendalam, berbagai kesempatan pun akan lebih banyak terbuka.

Menambah Ilmu Baru

Perlu Hunters ketahui, bahwa ketika memilih S2 atau S3, Hunters bisa memilih untuk melanjutkan jurusan yang sama dengan S1 atau bahkan memilih jurusan lain. Cukup banyak orang yang mengambil jurusan S2 atau S3 berbeda dengan jenjang sebelumnya.

 

Dalam hal ini banyak orang yang ingin menambah ilmu baru, sehingga mereka mengambil jurusan lain. Selain itu, alasan mengambil S2 S3 berbeda dengan jenjang sebelumnya juga bisa karena tuntutan pekerjaan.

 

Hal ini tidak lepas dari fakta jika banyak sarjana yang bekerja tidak sesuai dengan bidang kuliah mereka. Alasan kuliah S2 S3 inilah yang akhirnya membuat banyak orang memilih jurusan lain di tingkat selanjutnya.

 

Jenjang Karier

Alasan kuliah S2 S3 yang juga cukup banyak menjadi pertimbangan banyak orang adalah masalah karier. Hal ini sudah dibahas sebelumnya, ketika lulusan sarjana semakin umum maka persaingan pun semakin ketat.

 

Hal ini yang membuat banyak orang akhirnya memutuskan untuk kembali ke sekolah dan mengambil jenjang selanjutnya. Alasannya tentu saja agar memiliki karir yang lebih baik atau setidaknya membuka peluang  karier yang lebih luas.

 

Di banyak tempat, mereka yang lulusan S-3 atau S-3 memang memiliki peluang yang lebih tinggi untuk menduduki posisi yang lebih baik. Paling tidak, mereka juga punya kesempatan mendapatkan gaji yang lebih tinggi.

 

Memperluas Jaringan

Selain menambah pengalaman, alasan kuliah S2 S3 lainnya juga adalah untuk menambah jaringan. Hal ini biasanya dilakukan banyak orang dengan mengambil sekolah lanjutan di luar negeri. Konsep semakin banyak teman maka semakin lebar peluang merupakan salah satu alasan penting di sini.

 

Ketika mengambil jenjang S-2 atau S-3 maka otomatis kamu juga akan bertemu dengan banyak orang baru. Orang baru itulah yang bisa saja menjadi jaringan baru untuk kamu. Dengan semakin luasnya jaringan yang Hunters buat.

 

Syarat Profesi

Dalam banyak bidang kerja, lulusan S-2 atau S-3 merupakan syarat minimal yang diperlukan. Salah satu profesi yang memberikan syarat seperti ini contohnya adalah Dosen. Lulusan S-2 akan diperlukan untuk mengajar mahasiswa jenjang diploma dan sarjana.

 

Begitu juga dengan lulusan S3, yang akan diperlukan untuk mengajar mahasiswa magister dan doktor. Selain dosen, beberapa pekerjaan lain juga cukup banyak yang menggunakan syarat seperti ini.

 

Biasanya, lulusan dari S2 ataupun S3 ini akan sangat dibutuhkan untuk mengisi level penting di sebuah perusahaan. Terutama jika perusahaan tersebut mensyaratkan S1 sebagai syarat menjadi karyawan, maka bisa dipastikan level manajerial ke atas akan diisi lulusan S2 dan S3.

Baca juga: 3 Rekomendasi Negara Favorit untuk Kuliah Gratis

Berapa Lama Masa Studi S-2 dan S-3?

Setelah mengetahui semua alasan kuliah S2 S3, mungkin Hunters juga bertanya berapa lama S2 dan S3 tersebut? Apakah akan sama dengan ketika mengambil jenjang S1? Yang perlu diingat adalah semua jenjang tersebut sama-sama diukur dalam sistem SKS.

 

Perbedaannya, ketika S-1 Hunters harus menempuh 144 sampai 160 SKS. Semua SKS tersebut bisa Hunters selesaikan setidaknya dalam 8 semester atau 4 tahun. Itu adalah waktu standar yang bisa Hunters tempuh untuk mendapatkan gelar sarjana.

 

Sementara untuk S-2 atau program magister, jumlah SKS-nya pun lebih sedikit. Program pascasarjana sendiri Hunters akan mendapatkan sekitar 36 SKS. Semua SKS tersebut bisa diselesaikan setidaknya dalam empat semester atau perkiraan akademiknya sekitar dua tahun.

 

Hal berbeda akan Hunters dapatkan ketika menempuh program S-3 atau doktor. Masa studi program S-3 sendiri berkisar antara enam sampai 14 semester, atau sekitar tiga sampai tujuh tahun. Waktu semester pada program S-3 juga tergantung dari kebijakan program studi yang akan Hunters ambil.

 

Jadi, Kapan Harus Lanjut S2 atau S3?

Tidak ada batasan dan patokan yang pasti ketika Hunters ingin melanjutkan ke jenjang S2 atau S3. Jadi jika ada pertanyaan kapan harus S2 atau S3? Maka Hunters bisa melakukannya kapanpun ketika Hunters siap dan membutuhkan.

 

Alasan kuliah S2 S3 yang paling penting adalah ketika Hunters merasa benar-benar membutuhkan hal tersebut. Dengan demikian, Hunters juga akan memiliki semangat untuk bisa menyelesaikan jenjang tersebut.

 

Ini jadi waktu terbaik Hunters untuk Minters perkenalkan kepada Schoters sebagai jasa layanan tes beasiswa yang telah berpengalaman belasan tahun untuk merangkul banyak Scholarship Hunters bisa mendapat beasiswa terbaik sesuai kebutuhan. Schoters pun telah bekerja sama dengan berbagai lembaga beasiswa, hingga perguruan tinggi ternama baik dari dalam maupun luar negeri, sehingga langkah Hunters untuk bisa berkuliah di kampus idaman dan mendapatkan beasiswa kuliah gratis impian akan semakin terealisasi.

 

Schoters telah dipercaya oleh ribuan alumni dan telah berhasil menerbangkan Scholarship Hunters ke 43 negara di dunia. Schoters juga telah bekerja sama dengan berbagai program beasiswa serta berbagai instansi pendidikan dan kampus atau universitas dari berbagai negara di seluruh dunia dengan jaminan mutu berkelas akademik. Ditunjang dengan 500+ mentor terbaik, Hunters akan dibimbing dan didampingi untuk menentukan pilihan studi lanjutan yang sesuai dengan minat dan bakat.

Siap Mendaftar Beasiswa Impianmu?

Masih ragu atau sudah yakin bisa menaklukkan beasiswa incaran kamu? Konsultasikan keraguan kamu kepada konsultan experts Schoters

Ingin mendapatkan program bimbingan persiapan beasiswa yang paling tepat untuk kamu? Dapatkan program terbaik di sini

 

alasan kuliah s2 s3-1