Asuransi Kesehatan Luar Negeri untuk Mahasiswa Internasional

Persyaratan Beasiswa, 17 Mar 2023

Selain berkas beasiswa, seperti tes bahasa Inggris, LoA, hingga study plan, terdapat hal lain yang harus Hunters persiapkan jika ingin kuliah di luar negeri, yaitu asuransi kesehatan luar negeri. Sebagai mahasiswa internasional, penting bagi Hunters memiliki asuransi kesehatan luar negeri. Mau tahu apa saja yang harus disiapkan? Berikut informasi lengkapnya yang telah Schoters rangkum khusus untuk kamu!

 

Overview Asuransi Kesehatan Luar Negeri untuk Mahasiswa Internasional

Sebagai warga negara Indonesia di luar negeri, terdapat dokumen selain visa yang dibutuhkan sebagai jaminan selama Hunters tinggal di sana. Salah satunya adalah asuransi kesehatan luar negeri. 

Asuransi kesehatan luar negeri untuk mahasiswa internasional sangatlah penting untuk menghindari pengeluaran finansial yang tinggi karena biaya pengobatan yang tidak terduga dan memastikan Hunters memiliki akses kesehatan di negara tujuan. 

Asuransi kesehatan luar negeri digunakan untuk membayar konsultasi dokter, rumah sakit, dan obat-obatan. Terlebih, beberapa rumah sakit dan dokter tidak bisa menangani kamu tanpa asuransi kesehatan kecuali kamu memiliki bukti kemampuan untuk membayar biaya pengobatan. Jadi, persiapkan dokumen ini dengan cermat, ya!

 

Cakupan Asuransi Kesehatan Luar Negeri / Internasional

Secara umum, asuransi kesehatan luar negeri mencakup pelayanan kesehatan dasar yang jumlahnya kecil dan juga perlindungan evakuasi medis. Hal-hal yang dibayarkan oleh asuransi kesehatan luar negeri adalah biaya konsultasi dokter, rumah sakit, dan, resep obat yang akan langsung dibayarkan ke penyedia medis. 

Bahkan, beberapa asuransi kesehatan luar negeri juga mencakup pertanggungan tambahan lainnya, seperti kehilangan bagasi, evakuasi politik, reunion, layanan bantuan 24 jam, bantuan menemukan penyedia medis lokal, hingga layanan bantuan bahasa dan paspor yang hilang. Cukup menguntungkan bukan layanan yang diberikan?

 

Cara Memilih Asuransi Kesehatan Luar Negeri

Melalui manfaat dan layanan yang memang dibutuhkan oleh mahasiswa internasional, ada beberapa hal yang harus Hunters perhatikan dalam memilih asuransi kesehatan luar negeri. Berikut beberapa pertimbangannya!

1. Pilih asuransi kesehatan luar negeri yang sesuai dengan persyaratan universitas atau beasiswa

Beberapa beasiswa luar negeri terkadang sudah menyertakan asuransi kesehatan luar negeri sebagai manfaat bagi awardee. Tapi, jika Hunters belum mendapatkan fasilitas tersebut, kamu bisa meminta informasi kepada universitas tujuan tentang asuransi kesehatan luar negeri apa yang sering atau diterima oleh universitas.

2. Pilih asuransi kesehatan luar negeri yang sesuai dengan pengurusan visa

Selain persyaratan beasiswa dan universitas tujuan, pastikan juga asuransi kesehatan luar negeri yang Hunters pilih sesuai dengan ketentuan pengurusan visa dari Pemerintah Indonesia, ya.

3. Cek secara rinci persyaratan asuransi kesehatan luar negeri

Setelah mendapatkan beberapa pilihan asuransi kesehatan luar negeri, pastikan kalau kamu bisa memenuhi semua kebijakan dan membayar asuransinya setiap bulan. Tanyakan pula pada pihak asuransi kesehatan luar negeri, apa yang akan terjadi jika kamu ternyata tidak bisa memenuhi kewajiban tersebut.

4. Cek secara rinci tentang manfaat 

Selain rincian persyaratan, cek pula tentang manfaat atau layanan yang akan kamu dapatkan dari asuransi kesehatan luar negeri pilihanmu, serta apa yang akan terjadi jika ternyata layanan itu tidak bisa didapatkan atau diakses.

5. Sesuaikan persyaratan asuransi kesehatan luar negeri dengan durasi kuliah/tinggal

Agar meminimalisir biaya yang dikeluarkan untuk membayar asuransi kesehatan luar negeri, sesuaikan periode penggunaan asuransi dengan rencana lama tinggal atau kuliah di sana.

 

Rekomendasi Bimbingan Persiapan Kuliah di Luar Negeri

Ingin dibimbing untuk mempersiapkan berkas beasiswa dan universitas tujuan hingga pilihan asuransi kesehatan luar negeri? Yuk konsultasi dengan konsultan expert Schoters agar persiapan studi dan beasiswamu lebih terarah. 

Butuh program lain untuk persiapan beasiswa dan masuk universitas luar negeri? Cek program terbaik dari Schoters untuk bimbingan persiapanmu, dijamin terlengkap.

Banner K2 - Schoters