Panduan Lengkap Ausbildung Pertanian di Jerman

Jerman dikenal sebagai salah satu negara dengan sistem pendidikan vokasional terbaik di dunia, dan salah satu program yang menonjol adalah Ausbildung. Untuk kamu yang tertarik pada bidang pertanian, Ausbildung menawarkan kesempatan emas untuk memperoleh pendidikan praktis sekaligus pengalaman kerja bidang pertanian di Jerman. Program ini dirancang untuk mempersiapkan peserta dengan keterampilan dan pengetahuan yang diperlukan untuk sukses dalam industri pertanian yang terus berkembang.

Apa Itu Ausbildung?

Program Ausbildung adalah pendidikan vokasi dari Jerman. Dengan tujuan utama untuk menghasilkan tenaga kerja yang terampil dan siap bekerja di berbagai sektor industri.

Program ini melibatkan kombinasi antara pelajaran teori di sekolah vokasional dengan pelatihan praktis di tempat kerja. Peserta Ausbildung memiliki kesempatan untuk belajar keterampilan khusus yang relevan dengan profesi tertentu. Misalnya, perhotelan, pertanian, mekanik, juru masak, dan lain sebagainya. 

 

Baca Juga: Keuntungan Mengikuti Program Ausbildung

 

Peran Petani Dalam Ausbildung Pertanian di Jerman

Ketika mengikuti program Ausbildung pertanian di Jerman, kamu harus siap berjalan dan beraktivitas di luar ruangan untuk mengurus tanaman ataupun ternak.

Peran kamu dalam program ini yakni memproduksi barang-barang penting dalam industri makanan baik bahan mentah maupun siap makan seperti sayur-sayuran hingga buah-buahan. Selama mengikuti program Ausbildung pertanian, kamu juga selain mendapatkan pendidikan dalam pertanian, kamu juga diajarkan untuk mengolah serta mengawetkan hasil panen dan mitigasi saat cuaca buruk melanda. 

Pelatihan Ausbildung Pertanian di Jerman

Pelatihan petani dalam program ausbildung dapat memakan waktu hingga tiga tahun untuk dapat selesai. Pembelajaran yang didapat meliputi pemeliharaan hewan ternak, mengenal dan menggunakan peralatan pengolahan tanah, mempelajari dan mendalami tentang panen, dan masih banyak lagi. Pelatihan dilakukan di instansi maupun perusahaan pelatihan dan sekolah kejuruan. 

Kamu akan mengenal berbagai pedoman pemeliharaan tanaman dan hewan selama mengikuti pelatihan ausbildung pertanian di Jerman, dan kamu akan menguasai dasar-dasar pemasaran untuk membantu pertanian untuk bisa lebih bersaing. 

Gaji Pertanian di Jerman

Jika Jobbers berminat mengikuti program ausbildung tersebut, kamu akan mendapatkan gaji yang cukup tinggi lho. Rata-rata gaji yang diterima petani di Jerman selama sebulan bisa mencapai angka 2.000 € atau setara dengan 34 juta rupiah. Nominal yang cukup tinggi, bukan?

Selain itu kamu juga akan mendapatkan benefit lainnya yang sangat menarik untuk diikuti.

Syarat Mengikuti Ausbildung Pertanian

Jika Jobbers ingin mengikuti program Ausbildung pertanian ini kamu dapat mengikuti syarat-syarat berikut:

  1. Sertifikat kompetensi bahasa Jerman B1 atau B2 dari Goethe Institute.
  2. Motivation letter yang ditulis dengan bahasa Jerman.
  3. CV yang ditulis dengan bahasa Jerman.
  4. Surat lamaran yang ditulis dalam bahasa Jerman.
  5. Ijazah pendidikan terakhir dan transkrip nilai yang diterjemahkan ke dalam bahasa Jerman oleh penerjemah tersumpah.

Nah itu dia, panduan dan info lengkap mengenai ausbildung pertanian di Jerman. Apakah kamu tertarik mengikuti program tersebut dan bekerja di bidang pertanian dengan gaji tinggi?

 

Baca Juga: Peluang Kerja Pertanian di Korea

 

Rekomendasi Bimbingan Persiapan Kerja di Jerman

Ingin kerja di Jerman? Yuk, konsultasi dengan konsultan expert Schoters agar persiapan kerja di Jerman semakin terarah. Butuh program lain untuk persiapan kerja di luar negeri? Cek program Work Abroad Academy dari Schoters untuk bimbingan persiapanmu, dijamin terlengkap.

Ausbildung pertanian di Jerman