Beasiswa MEXT University Recommendation untuk Kuliah di Jepang

Info Beasiswa, 20 Okt 2022

Kapan kamu tahu kalau pemerintah Jepang memberikan beasiswa di beberapa jenjang pendidikannya? Kalau belum tahu, berarti kamu membaca artikel yang benar! Berikut Schoters rangkumkan informasi terbaru Beasiswa MEXT university recommendation yang bisa kamu coba untuk lanjut studi ke Jepang. 

Apa itu Beasiswa MEXT?

Beasiswa Monbukagakusho atau MEXT merupakan bantuan pendidikan dari pemerintah Jepang yang memberikan bantuan penuh merupakan biaya pendidikan dan biaya hidup tanpa adanya ikatan dinas. Beberapa pilihan program beasiswa MEXT University recommendation adalah sebagai berikut.

Research Students untuk Pascasarjana

Program beasiswa MEXT University recommendation ini diperuntukkan kepada mahasiswa peneliti di bawah bimbingan profesor di bidang tertentu. Sama seperti namanya, program ini bertujuan untuk mempersiapkan kualitas dan standar kemampuan penelitian untuk para awardee, terlebih yang ingin melanjutkan ke jenjang Magister atau Doktor. 

Persyaratan yang harus kamu persiapkan untuk beasiswa MEXT University recommendation ini antara lain:

  1. Usia tidak lebih dari 34 tahun.
  2. Lulusan D-4/S-1/S-2 dengan IPK minimal 3.2
  3. Bidang studi tujuan sama dengan program yang dipelajari di jenjang sebelumnya.
  4. Sertifikat bahasa Inggris atau Jepang
  5. Sehat jasmani dan rohani.
  6. Bersedia belajar bahasa Jepang

Bagi kamu yang lolos, kamu bisa menerima manfaat biaya kuliah, tunjangan biaya hidup 143.000 yen per bulan, tiket pesawat PP, pengurusan visa pelajar hingga asrama.

Program beasiswa MEXT University recommendation ini juga memungkinkan kamu untuk masuk lewat jalur U to U (University to University) tanpa melalui Kedutaan Besar Jepang. 

GAKUBU atau Program Undergraduate

Program beasiswa MEXT University recommendation  ini ditargetkan bagi lulusan SMA/SMK untuk melanjutkan sekolah S-1 di Jepang. Sebelum sepenuhnya belajar di universitas Jepang, para awardee akan mendapatkan pelajaran bahasa Jepang, pelajaran sains untuk IPA, dan pelajaran ilmu sosial untuk IPS.

Persyaratan untuk mengikuti program beasiswa MEXT University recommendation antara lain:

  • Lulusan formal SMA/SMK.
  • Usia maksimal 24 tahun.
  • Memiliki nilai minimal 84 untuk semester 4 dan 5.
  • Bagi yang memiliki nilai EJU dalam mata pelajaran apapun bisa mendapatkan poin tambahan.

Sedangkan untuk manfaat yang bisa kamu dapatkan antara lain biaya kelas persiapan dan kuliah penuh, tiket pesawat pulang pergi, visa pelajar, dan tunjangan hidup sebesar 117.000 yen/bulan. 

          Baca Juga: Beasiswa MEXT-Undergraduate (Gakubu) untuk Kuliah di Jepang

KOSEN atau College of Technology

Program beasiswa MEXT University recommendation ini juga ditujukan kepada lulusan SMA/SMK sederajat yang ingin melanjutkan pendidikan ke College of Technology (Koto Senmon Gakko).

Sistem pelajarannya sendiri akan lebih berfokus pada praktikum dan eksperimen. Yang mana diharapkan setiap lulusannya akan menjadi insiyur. Total masa belajarnya sendiri adalah 4 tahun dengan 1 tahun kelas persiapan. Persyaratannya antara lain:

  1. Lulusan IPA dari SMA/SMK.
  2. Usia maksimal 24 tahun.
  3. Memiliki nilai minimum 80 untuk semester 4 dna 5.
  4. Bagi yang memiliki nilai EJU dalam mata pelajaran apapun bisa mendapatkan poin tambahan.

Manfaat yang bisa kamu dapatkan dari program beasiswa MEXT University recommendation ini antara lain,  biaya kelas persiapan dan kuliah penuh, tiket pesawat pulang pergi, visa pelajar, dan tunjangan hidup sebesar 117.000 yen/bulan. 

SENSHU atau Specialized Training College

Hampir sama dengan KOSEN, program beasiswa MEXT University recommendation ini juga ditawarkan untuk siswa lulusan SMA/SMK yang ingin mendapatkan keahlian khusus di bidang tertentu. Pada program ini, awardee dapat melanjutkan S1 langsung pada tahun ketiga. 

Persyaratannya antara lain:

  • Lulusan SMA/SMK dari jurusan apapun.
  • Usia maksimal 24 tahun.
  • Memiliki nilai minimum 80 untuk semester 4 dna 5.
  • Bagi yang memiliki nilai EJU dalam mata pelajaran apapun bisa mendapatkan poin tambahan.

Fasilitas yang bisa kamu dapatkan dari program beasiswa MEXT University recommendation ini adalah biaya kelas persiapan dan kuliah penuh, tiket pesawat pulang pergi, visa pelajar, dan tunjangan hidup sebesar 117.000 yen/bulan. 

Program Teacher Training 

Selain untuk para siswa, beasiswa MEXT University recommendation juga membuka kesempatan untuk para guru yang ingin meningkatkan kualitas mengajar pada bidang studi tertentu. Masa studinya sendiri berkisar 1 tahun dengan 6 bulan belajar bahasa Jepang di awal. 

Sedikit berbeda dengan beberapa persyaratan untuk program beasiswa MEXT University recommendation lain, kamu harus memiliki syarat di bawah ini:

  1. Usia maksimal 34 tahun.
  2. Minimal lulusan S-1/D-4
  3. Seorang guru yang aktif mengajar.
  4. Memiliki pengalaman minimal 5 tahun.
  5. Sehat jasmani dan rohani.
  6. Memahami bahasa Inggris atau Jepang.
  7. Harus kembali ke Indonesia dan melanjutkan karir menjadi guru (WAJIB).

Selama belajar, kamu juga akan dijamin dengan beberapa fasilitas seperti biaya kelas persiapan dan kuliah penuh, tiket pesawat pulang pergi, visa pelajar, dan tunjangan hidup sebesar 143.000 yen/bulan. 

Japanese Studies

Program beasiswa MEXT University recommendation satu ini memang dikhususkan bagi mahasiswa S-1/D-4 yang sedang belajar tentang sastra Jepang untuk belajar selama 1 tahun di universitas Jepang. Beberapa syarat wajib yang harus ketahui antara lain:

  • Mahasiswa aktif S-1/D-4 di bidang Sastra Jepang.
  • Usia maksimal 29 tahun.
  • Sehat jasmani dan rohani.
  • Menguasai bahasa Jepang.
  • Direkomendasikan oleh kampus belajar saat ini.
  • Belum dalam proses sidang skripsi.
  • Harus kembali ke Indonesia.

Selama satu tahun, proses belajarmu juga akan dijamin dengan beberapa fasilitas seperti biaya kelas persiapan dan kuliah penuh, tiket pesawat pulang pergi, visa pelajar, dan tunjangan hidup sebesar 117.000 yen/bulan. 

Bagi kamu yang merasa cocok dengan salah satu program beasiswa yang ditawarkan di atas, persiapkan dirimu untuk “bertempur” dengan curi start di program Konseling Study Abroad di bawah ini!

          Baca Juga: Wajib Kamu Tahu! Perbandingan Biaya Kuliah di Jepang

Siap Mendaftar Beasiswa Impianmu?

Masih ragu atau sudah yakin bisa menaklukkan beasiswa incaran kamu? Konsultasikan keraguan kamu kepada konsultan experts Schoters

Ingin mendapatkan program bimbingan persiapan beasiswa yang paling tepat untuk kamu? Dapatkan program terbaik di sini.

beasiswa mext university recommendation