Alternatif Beasiswa Profesor Korea, Raih Potensimu di Korea!

Beasiswa profesor Korea adalah salah satu jenis beasiswa yang ditawarkan oleh universitas kepada calon mahasiswa. Berbeda dengan Global Korea Scholarship yang dananya berasal dari pemerintah, beasiswa profesor Korea berasal dari universitas. Seperti namanya, seleksinya pun langsung dilakukan oleh profesor di tiap laboratorium yang mereka pimpin. 

Beasiswa ini umumnya diberikan untuk jenjang S2, S3, maupun Postdoc karena para profesor ini mencari kandidat dengan pengalaman bekerja di laboratorium. Kalian akan direkrut oleh profesor menjadi research assistant (RA) untuk mengerjakan proyek penelitian di laboratorium mereka dan sebagai gantinya, kalian akan diberikan beasiswa di universitas. 

Mencari beasiswa profesor Korea

Karena beasiswa ini ditawarkan oleh profesor, maka ketersediaannya juga tergantung pada proyek yang dimiliki oleh laboratorium. Untuk itu, cukup jarang pengumuman beasiswa profesor Korea dipasang di situs universitas. Kalian dapat bertanya langsung kepada profesor melalui email terkait ketersediaan beasiswa di masing-masing laboratorium di jurusan atau departemen yang kalian tuju. 

Beasiswa profesor Korea

Berikut adalah 3 beasiswa profesor Korea yang wajib kalian ketahui sebagai alternatif beasiswa GKS!

1. GIST Scholarship

Gwangju Institute of Science Technology yang terletak di bagian selatan pulau Korea ini menyediakan beasiswa profesor Korea dalam bentuk Research Assistantship bagi setiap mahasiswa yang terlibat dalam sebuah proyek penelitian. Untuk itu, beasiswa ini terbuka bagi jurusan apa saja yang tersedia di GIST baik untuk jenjang S2 maupun S3. Beasiswa yang diberikan berupa sokongan biaya hidup bulanan sebesar:

  1. Untuk mahasiswa S2: KRW 5.429.249 per tahun
  2. Untuk mahasiswa S3: KRW 12.513.688 per tahun

Berikut beberapa persyaratan yang wajib kalian penuhi untuk mendaftar sebagai calon mahasiswa GIST:

  1. Membuat akun dan mengisi formulir pendaftaran di sistem penerimaan mahasiswa baru GIST;
  2. Ijazah;
  3. Transkrip akademik;
  4. 2 buah surat rekomendasi;
  5. Sertifikat kecakapan berbahasa Inggris:
    1. TOEFL iBT 80;
    2. TOEFL PBT 550;
    3. IELTS 6.5;
    4. TOEIC 750NEW TEPS 285.
  6. Paspor;
  7. Surat rekomendasi untuk tidak mengikuti matrikulasi (jika ada);

 

Terdapat 2 gelombang penerimaan mahasiswa baru di GIST. Berada pada Musim Semi (Spring Semester) yang dimulai pada bulan Maret dan Musim Gugur (Fall Semester) yang dimulai pada bulan September. Berikut adalah tanggal-tanggal pentingnya:

  1. Tenggat waktu pendaftaran:
    1. Musim Semi: 14 Oktober
    2. Musim Gugur: 14 April
  2. Seleksi administrasi: selama maksimal 45 hari setelah tenggat waktu pendaftaran
  3. Pengumuman hasil seleksi:
    1. Musim Semi: 16 Juni
    2. Musim Gugur: 9 Desember
  4. Registrasi untuk mahasiswa baru:
    1. Musim Semi: Awal Januari
    2. Musim Gugur: Akhir Juni

 

Baca Juga: Simak Info Lengkap Beasiswa GIST

 

2. Korea University Scholarship

Beasiswa jenis Research Assistantship di Korea University hanya diberikan untuk jenjang S2. Setiap tahunnya diberikan kepada setidaknya 30 mahasiswa baru, beasiswa ini memberikan remunerasi berupa biaya hidup sebesar KRW 800.000. 

Persyaratan untuk mendaftar beasiswa ini bervariasi tergantung kebutuhan setiap laboratorium dan profesor yang memimpinnya. Namun, setidaknya berikut adalah persyaratan umum untuk mendaftar sebagai mahasiswa baru di Korea University:

  1. Mengirimkan semua dokumen fisik yang diminta melalui pos ke Korea University GSIS Administration Office yang berada di kampus mereka di Seoul;
  2. Memiliki rekening koran dengan setidaknya USD 20.000 atau sekitar Rp300.000.000;
  3. Mengisi formulir pendaftaran secara daring kemudian juga mencetaknya untuk diisi dengan tulisan tangan;
  4. Ijazah;
  5. Statement of Purpose;
  6. 2 buah surat rekomendasi;
  7. Sertifikat kecakapan berbahasa Inggris:
    1. IELTS
    2. TOEFL iBT
  8. Paspor.

 

Semua dokumen di atas harus diisi secara daring pada tanggal 10 hingga 21 April dan versi cetaknya harus sampai di Korea Selatan antara tanggal 10 hingga 28 April. Pengumuman akhir akan disampaikan sekitar tanggal 9 Juni. 

 

3. Yonsei University Scholarship

Salah satu universitas swasta kenamaan Korea Selatan ini juga menawarkan beasiswa Research Assistantship kepada setidaknya 30 mahasiswa baru setiap tahunnya. Beasiswa yang diberikan kepada calon mahasiswa S2 dan S3 ini dikoordinir langsung oleh profesor yang berwenang pada tiap laboratorium. Sehingga syarat untuk mendapat beasiswa ini juga beragam. Jika kalian berhasil mendapatkan beasiswa ini, kalian akan mendapat sokongan biaya hidup sebesar KRW 3.000.000 per semester.

Meski berbeda-beda, berikut adalah syarat wajib yang harus dimiliki calon pendaftar Yonsei University:

  1. Mengisi formulir pendaftaran secara daring;
  2. Ijazah;
  3. Transkrip akademik;
  4. Study plan;
  5. 2 buah surat rekomendasi;
  6. Paspor;
  7. Memiliki rekening koran dengan setidaknya USD 20.000 atau sekitar Rp300.000.000;
  8. Sertifikat Kecakapan berbahasa Inggris dan Korea:
    1. TOPIK Level 3
    2. IELTS 5.5
    3. TOEFL iBT 71
    4. TOEIC 750
    5. TEPS 285
  9. Paspor orang tua;
  10. Akta lahir.

 

Masa pendaftaran di Yonsei University dibuka pada tanggal 21 hingga 31 Oktober. Setelah itu, jika kalian lolos, kalian akan menerima undangan untuk mengikuti wawancara pada tanggal 25 November. Wawancara akan dilakukan pada tanggal 3 Desember. Pengumuman akhir akan diberikan pada tanggal 16 Desember. 

 

Baca Juga: Kenali Lebih Dalam Yonsei University

 

Rekomendasi bimbingan lolos beasiswa profesor Korea

Ingin lolos beasiswa luar negeri? Yuk konsultasi dengan konsultan expert Schoters agar kamu lebih tahu informasi selengkapnya bersama Schoters!

Butuh program lain untuk persiapan menembus beasiswa profesor korea? Cek program terbaik dari Schoters untuk bimbingan persiapanmu, dijamin terlengkap.

beasiswa profesor korea