3 Beasiswa S1 Finlandia, Raih Mimpimu Sekarang Juga!

Raih Beasiswa S1 Finalndia kalau kamu tertarik untuk melanjutkan pendidikan jenjang S1 di Eropa namun masih bingung memilih belajar di negara mana, kamu mungkin bisa mempertimbangkan Finlandia sebagai salah satu negara yang menarik untuk menjadi pilihan destinasi studi. Salah satu negara di Eropa Utara yang berbatasan dengan Swedia, Norwegia dan Rusia ini terkenal sebagai salah satu negara yang memiliki sistem pendidikan terbaik di dunia, dengan setidaknya 20.000 pelajar internasional menempuh studi di berbagai institusi pendidikan di Finlandia. Bahasa juga tidak perlu menjadi kendala untuk belajar di Finlandia, karena Finlandia menawarkan lebih dari 500 program studi berbahasa Inggris baik di jenjang sarjana dan pascasarjana di banyak universitas yang ada di Finlandia.

Khawatir dengan masalah biaya? Kamu bisa mencoba berbagai alternatif beasiswa S1 Finlandia bagi pelajar internasional yang berminat untuk menempuh studi di Finlandia. Apa saja beasiswa S1 Finlandia tersebut? Simak ulasan singkatnya di bawah ini.

 

1. Beasiswa S1 Finlandia: Tampere University Tuition Fee Scholarship

Tampere University Tuition Fee Scholarship adalah beasiswa S1 Finlandia yang dibuka oleh Tampere University, salah satu universitas di kota Tampere – Finlandia, yang sudah berdiri sejak tahun 2019. Universitas ini merupakan gabungan dari University of Tampere dan Tampere University of Technology yang sudah berdiri sebelumnya. Beasiswa ini terbuka untuk seluruh program studi jenjang S1 yang tersedia di Tampere University.

Cakupan beasiswa

Di bawah beasiswa S1 Finlandia ini, pelajar internasional mendapatkan pembebasan biaya kuliah sepenuhnya (100%) selama durasi program studi. Untuk jenjang sarjana, durasi program studi di Tampere University berlangsung selama 3 (tiga) tahun.

Persyaratan beasiswa

Beberapa persyaratan yang harus dipenuhi untuk mendapatkan beasiswa ini antara lain :

1. Mendaftar di salah satu program studi berbahasa Inggris jenjang S1 di Tampere University

2. Memiliki kemampuan berbahasa Inggris baik dengan menunjukkan skor TOEFL iBT minimal 70 (skor writing minimal 20) atau skor IELTS minimal 6.0 (dengan skor writing minimal 5.5) atau skor PTE Academic minimal 54 (skor writing minimal 42) atau hasil tes bahasa Inggris lainnya yang setara

3. Untuk terus mempertahankan beasiswa ini selama durasi program studi, penerima beasiswa harus menyelesaikan setidaknya 55 kredit perkuliahan selama tahun akademik berlangsung sesuai dengan rencana belajar pribadi yang sudah disusun sebelumnya. Apalagi penerima beasiswa hanya menyelesaikan 50-54 kredit selama tahun akademik, maka nilai beasiswa akan dikurangi sebesar 50% pada tahun akademik selanjutnya. Apabila penerima beasiswa menyelesaikan kurang dari 50 kredit selama tahun akademik, maka penerima beasiswa wajib untuk membayar biaya kuliah secara penuh.

 

2. Beasiswa S1 Finlandia: Aalto University Scholarship – International Undergraduate Program   

Beasiswa S1 Finlandia selanjutnya adalah beasiswa yang ditawarkan oleh Aalto University, salah satu universitas yang berlokasi di kota Espoo, Finlandia. Beasiswa ini dibuka untuk pelajar internasional yang berminat untuk mendaftar program jenjang sarjana berbahasa Inggris di Aalto University. Beasiswa ini sendiri akan diberikan kepada pelajar internasional berdasarkan prestasi akademik (merit based), selama periode studi berlangsung. Keputusan pemberian beasiswa akan diinformasikan bersamaan dengan penerimaan mahasiswa baru di Aalto University Scholarship.

Cakupan beasiswa

Terdapat 2 (dua) kategori penerima beasiswa di bawah beasiswa S1 Finlandia ini antara lain :

1. Kategori A, dimana penerima beasiswa akan mendapatkan pembebasan biaya kuliah sebesar 50%

2. Kategori B, dimana penerima beasiswa akan mendapatkan pembebasan biaya kuliah sebesar 100%

Beasiswa ini tidak mencakup biaya hidup yang dibutuhkan selama studi di Finlandia.

Persyaratan beasiswa

Beberapa persyaratan umum untuk mendapatkan beasiswa ini antara lain:

1. Mendaftar salah satu program studi di Aalto University

2. Lulus dari jenjang pendidikan sebelumnya atau dapat menggunakan kualifikasi akademik lainnya seperti International Baccalaurette (IB), SAT dengan nilai minimal 1200 atau ACT dengan nilai minimal 25

3. Memiliki kemampuan berbahasa Inggris baik. Sebagian besar program studi tidak membutuhkan hasil tes bahasa Inggris, namun khusus untuk program studi Design, harus menunjukkan skor bahasa Inggris TOEFL iBT minimal 92 atau IELTS Academic minimal 6.5

4. Beasiswa akan diberikan berdasarkan urutan prestasi akademik terbaik pendaftar yang masuk ke Aalto University

 

Baca Juga: Simak Beasiswa S2 ke Finlandia!

 

3. Beasiswa S1 Finlandia: University of Oulu Tuition Fee Scholarship

Beasiswa S1 Finlandia lainnya yang bisa dicoba adalah Tuition Fee Scholarship yang diberikan oleh University of Oulu, salah satu universitas di Finlandia yang berlokasi di kota Oulu, Finlandia. Beasiswa ini diberikan kepada pelajar internasional yang mendaftar program studi berbahasa Inggris di University of Oulu.

Cakupan beasiswa

Penerima beasiswa ini berhak mendapatkan pembebasan biaya kuliah selama minimal 1 (tahun) akademik. Untuk terus mendapatkan beasiswa ini selama durasi studi, penerima beasiswa harus menyelesaikan minimal kredit perkuliahan yang sudah disebutkan dalam admission letter

Persyaratan beasiswa

Beberapa persyaratan umum yang dibutuhkan untuk mendaftar beasiswa ini antara lain :

1. Mendaftar salah satu program studi berbahasa Inggris jenjang S1 di University of Oulu

2. Sudah menyelesaikan jenjang pendidikan SMA atau kualifikasi akademik internasional lainnya seperti International Baccalaurette (IB)

3. Memiliki kemampuan bahasa Inggris baik dengan menunjukkan hasil TOEFL iBT dengan skor minimal 78 atau IELTS Academic dengan skor minimal 6.0 atau PTE Academic dengan skor minimal 54 atau hasil tes bahasa Inggris lainnya yang setara.

 

Baca Juga: Simak Info Universitas Jurusan Seni Terbaik, Ada Aalto University

 

Rekomendasi Bimbingan Lolos Beasiswa S1 Finlandia

Ingin lolos mendapatkan beasiswa S1 Finlandia? Yuk konsultasi dengan konsultan expert Schoters agar persiapan daftar universitasmu lebih terarah.

Butuh program lain untuk persiapan menembus beasiswa S1 Finlandia? Cek program terbaik dari Schoters untuk bimbingan persiapanmu, dijamin terlengkap.

beasiswa s1 finlandia

Sumber:

  1. Website resmi Tampere University. www.tuni.fi
  2. Website resmi Aalto University. www.aalto.fi
  3. Website resmi University of Oulu. www.oulu.fi