Beasiswa S1 KAIST untuk Kuliah Gratis ke Korea

Korea Advanced Institute of Science and Technology atau yang biasa disebut dengan sebutan KAIST adalah salah satu perguruan tinggi negeri yang berlokasi di Provinsi Daejeon, Korea Selatan yang berdiri sejak tahun 1971. KAIST memberikan kesempatan yang luas bagi mahasiswa internasional yang ingin kuliah di sana, salah satunya melalui pengadaan beasiswa S1 KAIST.

 

Mengenal Korea Advanced Institute of Science and Technology (KAIST)

Sejak didirikan, KAIST menjadi universitas pertama di Korea yang berorientasi pada penelitian, khususnya di bidang keilmuan teknik (engineering) dan science. Hingga saat ini, teknik (engineering), science dan teknologi tetap menjadi bidang studi utama yang dikelola oleh perguruan tinggi negeri ini – meskipun dalam beberapa tahun terakhir, KAIST juga mengembangkan sayap dan memperoleh akreditasi internasional untuk bidang studi lainnya.

Pelajar internasional di KAIST

KAIST juga bekerjasama dengan berbagai perguruan tinggi dunia lainnya seperti Carnegie Mellon di Amerika Serikat dan The Technical University of Berlin di Jerman untuk menawarkan berbagai program dual degree kepada pelajar internasional yang berminat. Pelajar internasional yang tertarik untuk melanjutkan studi di KAIST juga tidak perlu khawatir dengan kendala bahasa mengingat 80% program yang ditawarkan di KAIST menggunakan bahasa Inggris sebagai bahasa pengantar utama.

Ranking KAIST

Meskipun usia perguruan tinggi ini masih tergolong muda, KAIST menunjukkan kualitas pendidikan yang tidak kalah dengan perguruan tinggi dunia lainnya. Hal ini terbukti dari keberhasilan KAIST menduduki peringkat 99 di ranking perguruan tinggi dunia versi Times Higher Education. Saat ini terdapat sekitar 10.000 murid dari 95 negara yang menempuh pendidikan tinggi selama penuh waktu di KAIST, dengan komposisi 4.000 mahasiswa S1 dan 6.000 mahasiswa pasca sarjana.

Baca Juga: Kampus Terbaik di Korea, KAIST salah satunya

Beasiswa KAIST S1 Full Scholarship

Biaya juga tidak perlu menjadi kendala bagi pelajar internasional yang ingin melanjutkan studi di KAIST karena tersedia berbagai beasiswa yang dapat dicoba untuk calon mahasiswa dari berbagai tingkat.

Untuk pelajar internasional tingkat S1, dapat mencoba KAIST Full Scholarship, yang ditawarkan untuk seluruh pelajar internasional yang diterima bersekolah di KAIST. Beasiswa ini mencakup tuition fee, uang saku bulanan sebesar kurang lebih $300 dan biaya asuransi kesehatan nasional. Untuk dapat terus mendapatkan beasiswa ini hingga periode studi berakhir, pelajar harus mendapatkan nilai baik secara konsisten selama belajar di KAIST. Sebagai catatan, beasiswa ini hanya ditawarkan kepada pelajar yang tidak sedang menerima beasiswa lainnya, baik dari Pemerintah maupun dari organisasi sponsor lainnya.

Seleksi beasiswa s1 KAIST dilakukan bersamaan dengan seleksi masuk KAIST, sehingga calon mahasiswa KAIST yang ingin mendapatkan beasiswa ini dapat menyatakan memilih beasiswa s1 KAIST sebagai sumber pembiayaan (financial resources) di formular aplikasi pendaftaran, dengan menyertakan juga dokumen yang relevan untuk menunjukkan kondisi finansial calon mahasiswa.

Tertarik dengan beasiswa KAIST S1 secara fully funded dan ingin berkonsultasi lebih lanjut dengan konsultan expert? Schoters bisa bantu kamu mulai dari persiapan memilih universitas, beasiswa, persyaratan dokumen hingga interview. Silakan klik tombol “Konsultasi Kuliah di Luar Negeri” di bawah ini dan kamu bisa bebas tanya apapun 👇

[Schoters] Form Konsultasi Harvester

Persyaratan Beasiswa S1 KAIST

Dokumen yang dibutuhkan untuk beasiswa ini antara lain :

  1. Formulir Pendaftaran
  2. 1 (satu) Surat Rekomendasi
  3.  Transkrip Sekolah Menengah Atas atau Universitas
  4. Hasil Skor Bahasa Inggris (Opsional tapi direkomendasikan)
  5. Kopi Kartu Identitas atau Paspor
  6. Dokumen Sumber Pembiayaan Kuliah
  7. Dokumen penghargaan yang pernah diterima (Opsional)
  8. Profil Sekolah Menengah Atas (Opsional)
  9. Hasil Skor SAT/AP/IB/GCE-A Level/ACT (Opsional)

 

Periode Pendaftaran Beasiswa S1 KAIST

Pendaftaran masuk KAIST sendiri dibuka dalam 3 (tiga) periode berbeda, antara lain:

1. Periode Early

  1. Pembukaan pendaftaraan dan batas akhir pengajuan aplikasi : 5 September 2022 – 21 Oktober 2022
  2. Pengumuman hasil : 6 Januari 2023
  3. Mulai perkuliahan : musim semi 2023

2. Periode Regular

  1. Pembukaan pendaftaraan dan batas akhir pengajuan aplikasi : 8 November 2022 – 13 Januari 2023

  2. Pengumuman hasil :31 Maret 2023
  3. Mulai perkuliahan : musim gugur 2023

3. Periode Late

  1. Pembukaan pendaftaraan dan batas akhir pengajuan aplikasi : 1 Maret 2023 – 27 Mei 2023
  2. Pengumuman hasil : 23 Juni 2023
  3. Mulai perkuliahan : musim gugur 2023

 

Baca Juga: Kuliah S2 Dengan LPDP Reguler

 

Rekomendasi bimbingan persiapan beasiswa S1 KAIST

Ingin lolos beasiswa S1 KAIST? Yuk konsultasi dengan konsultan expert Schoters agar persiapan beasiswamu lebih terarah.

Butuh program lain untuk persiapan beasiswa S1 KAIST? Cek program terbaik dari Schoters untuk bimbingan persiapanmu, dijamin terlengkap.

beasiswa s1 kaist

Sumber:

  1. Website resmi KAIST. www.kaist.ac.kr