Beasiswa KAIST S1 Fully Funded

Info Beasiswa, 28 Sep 2022

Korea Advanced Institute of Science and Technology atau yang biasa disebut dengan sebutan KAIST adalah salah satu perguruan tinggi negeri yang berlokasi di Provinsi Daejeon, Korea Selatan yang berdiri sejak tahun 1971.

Mengenal Korea Advanced Institute of Science and Technology (KAIST)

Sejak didirikan, KAIST menjadi universitas pertama di Korea yang berorientasi pada penelitian, khususnya di bidang keilmuan teknik (engineering) dan science. Hingga saat ini, teknik (engineering), science dan teknologi tetap menjadi bidang studi utama yang dikelola oleh perguruan tinggi negeri ini – meskipun dalam beberapa tahun terakhir, KAIST juga mengembangkan sayap dan memperoleh akreditasi internasional untuk bidang studi lainnya.

          Baca Juga: Kampus Terbaik di Korea, KAIST salah satunya

Pelajar Internasional di KAIST

KAIST juga bekerjasama dengan berbagai perguruan tinggi dunia lainnya seperti Carnegie Mellon di Amerika Serikat dan The Technical University of Berlin di Jerman untuk menawarkan berbagai program dual degree kepada pelajar internasional yang berminat. Pelajar internasional yang tertarik untuk melanjutkan studi di KAIST juga tidak perlu khawatir dengan kendala bahasa mengingat 80% program yang ditawarkan di KAIST menggunakan bahasa Inggris sebagai bahasa pengantar utama.

Ranking KAIST

Meskipun usia perguruan tinggi ini masih tergolong muda, KAIST menunjukkan kualitas pendidikan yang tidak kalah dengan perguruan tinggi dunia lainnya. Hal ini terbukti dari keberhasilan KAIST menduduki peringkat 99 di ranking perguruan tinggi dunia versi Times Higher Education. Saat ini terdapat sekitar 10.000 murid dari 95 negara yang menempuh pendidikan tinggi selama penuh waktu di KAIST, dengan komposisi 4.000 mahasiswa S1 dan 6.000 mahasiswa pasca sarjana.

Beasiswa KAIST S1 Full Scholarship

Biaya juga tidak perlu menjadi kendala bagi pelajar internasional yang ingin melanjutkan studi di KAIST karena tersedia berbagai beasiswa yang dapat dicoba untuk calon mahasiswa dari berbagai tingkat. 

Untuk pelajar internasional tingkat S1, dapat mencoba KAIST Full Scholarship, yang ditawarkan untuk seluruh pelajar internasional yang diterima bersekolah di KAIST. Beasiswa ini mencakup tuition fee, uang saku bulanan sebesar kurang lebih $300 dan biaya asuransi kesehatan nasional. Untuk dapat terus mendapatkan beasiswa ini hingga periode studi berakhir, pelajar harus mendapatkan nilai baik secara konsisten selama belajar di KAIST. Sebagai catatan, beasiswa ini hanya ditawarkan kepada pelajar yang tidak sedang menerima beasiswa lainnya, baik dari Pemerintah maupun dari organisasi sponsor lainnya.

Seleksi KAIST Full Scholarship dilakukan bersamaan dengan seleksi masuk KAIST, sehingga calon mahasiswa KAIST yang ingin mendapatkan beasiswa ini dapat menyatakan memilih KAIST Scholarship sebagai sumber pembiayaan (financial resources) di formular aplikasi pendaftaran, dengan menyertakan juga dokumen yang relevan untuk menunjukkan kondisi finansial calon mahasiswa.

          Baca Juga: Kisah Delna, Orang Indonesia yang Tembus Beasiswa Korea Walaupun Gagal SBMPTN

Persyaratan Beasiswa KAIST

Dokumen yang dibutuhkan untuk beasiswa ini antara lain :

  1. Formulir Pendaftaran
  2. 1 (satu) Surat Rekomendasi
  3.  Transkrip Sekolah Menengah Atas atau Universitas
  4. Hasil Skor Bahasa Inggris (Opsional tapi direkomendasikan)
  5. Kopi Kartu Identitas atau Paspor
  6. Dokumen Sumber Pembiayaan Kuliah
  7. Dokumen penghargaan yang pernah diterima (Opsional)
  8. Profil Sekolah Menengah Atas (Opsional)
  9. Hasil Skor SAT/AP/IB/GCE-A Level/ACT (Opsional)

Periode Pendaftaran Beasiswa

Pendaftaran masuk KAIST sendiri dibuka dalam 3 (tiga) periode berbeda, antara lain:

  1. Periode Early

    1. Pembukaan pendaftaraan : Awal September
    2. Deadline pendaftaran dan pengiriman dokumen : Akhir Oktober
    3. Deadline pengiriman surat rekomendasi : Akhir Oktober
    4. Pengumuman hasil : Awal Januari
  2. Periode Regular

    1. Pembukaan pendaftaraan : Awal November
    2. Deadline pendaftaran dan pengiriman dokumen : Pertengahan Januari
    3. Deadline pengiriman surat rekomendasi : Akhir Januari
    4. Pengumuman hasil : Akhir Maret
  3. Periode Late

    1. Pembukaan pendaftaraan : Awal Maret
    2. Deadline pendaftaran dan pengiriman dokumen : Akhir Mei
    3. Deadline pengiriman surat rekomendasi : Akhir Mei
    4. Pengumuman hasil : Akhir Juni

Ikuti Bimbingan Beasiswa KAIST S1

Ingin kuliah ke Korea Selatan dengan beasiswa? --> Ikuti bimbingan persiapan beasiswa bersama mentor lulusan Korea Selatan di Schoters!

kuliah di korea selatan

Selamat mencoba!