Beasiswa S1 Vietnam: Informasi Terkini untuk Meraih Pendidikan Tinggi di Vietnam

Benua Asia menawarkan berbagai destinasi studi menarik bagi pelajar internasional yang ingin melanjutkan pendidikan jenjang S1 sekaligus mendapatkan pengalaman belajar baru yang berbeda dari yang pernah didapatkan sebelumnya. Salah satu negara Asia yang bisa menjadi alternatif lokasi studi adalah Vietnam, yang terkenal dengan keindahan alam, masyarakat yang ramah serta kebudayaannya yang eksotis. Selain kualitas pendidikan yang baik, biaya pendidikan dan biaya hidup yang dibutuhkan untuk kuliah di Vietnam jauh lebih terjangkau dibandingkan negara-negara tujuan studi populer lainnya di dunia. Selain itu, masih terdapat banyak pilihan beasiswa S1 Vietnam yang bisa dicoba oleh pelajar internasional yang berminat melanjutkan studi di Vietnam. Apa saja beasiswa tersebut? Simak ulasan singkatnya di bawah ini.

 

Ton Duc Thang University Undergraduate Scholarship

Ton Duc Thang University Undergraduate Scholarship adalah beasiswa S1 Vietnam yang ditawarkan oleh Ton Duc Thang University, universitas pertama di Vietnam yang berhasil masuk dalam deretan 500 besar perguruan tinggi terbaik dunia berdasarkan THE World University Ranking. Program beasiswa S1 Vietnam ini diberikan kepada pelajar internasional yang mendaftar masuk di jenjang S1 untuk 12 program studi berbahasa Inggris dan 28 program studi berbahasa Vietnam di Ton Duc Thang University.

Cakupan Beasiswa

1) Untuk program studi berbahasa Inggris, program beasiswa S1 Vietnam ini dibedakan menjadi 2 (dua) kategori beasiswa yaitu full dan partial scholarship

2) Untuk full scholarship, penerima beasiswa berhak mendapatkan pembebasan biaya kuliah sebesar 100% serta pemberian biaya akomodasi sebesar 100%. Sedangkan untuk partial scholarship, penerima beasiswa berhak mendapatkan kontribusi biaya kuliah sebesar 50%-75% serta pemberian biaya akomodasi sebesar 100%.   

3) Untuk program studi berbahasa Vietnam, program beasiswa S1 Vietnam juga dibedakan menjadi 2 (dua) kategori beasiswa yaitu full dan partial scholarship. 

4) Untuk full scholarship, penerima beasiswa berhak mendapatkan pembebasan biaya kelas bahasa Vietnam sebesar 100%, pembebasan biaya kuliah sebesar 100% dan biaya akomodasi sebesar 100%. Untuk partial scholarship, penerima beasiswa berhak mendapatkan pembebasan biaya kelas bahasa Vietnam sebesar 100%, kontribusi kuliah sebesar 50-75% serta pemberian biaya akomodasi sebesar 100%.

Persyaratan Beasiswa

Untuk mendapatkan beasiswa S1 Vietnam ini, beberapa persyaratan yang dibutuhkan antara lain :

1) Memiliki ijazah sekolah menengah atas atau setara

2) Memiliki nilai akhir jenjang sekolah menengah atas minimal 6.5 (dalam skala 10)

3) Untuk pendaftar program studi berbahasa Vietnam, dapat menunjukkan hasil tes bahasa Vietnam atau mengikuti 1 (satu) tahun Vietnamese Language Study di TDTU dan lulus tes akhir bahasa Vietnam dengan nilai minimal B2 Level.

4) Untuk pendaftar program studi berbahasa Inggris, merupakan warga negara yang menggunakan bahasa Inggris sebagai bahasa pengantar utama atau menunjukkan hasil IELTS dengan skor minimal 5.0 atau mengikuti TDTU English Language Proficiency Test.

5) Untuk pendaftar program Pharmacy, mendapatkan nilai baik pada jenjang sekolah menengah atas dan nilai rata-rata mata pelajaran Kimia minimal 6.5 (dalam skala 10)

6) Untuk pendaftar program Architecture, Graphic Design, Interior Design, Fashion Design dan Industrial Design, pendaftar diminta untuk mengikuti aptitude assessment test oleh TDTU 

 

Baca Juga: Cek 7 Negara Terbaik dalam Dunia Pendidikan di Asia Tenggara

 

Bach Khoa – HCMUT Scholarship

Program beasiswa S1 Vietnam selanjutnya adalah program beasiswa yang ditawarkan oleh Ho Chi Minh City University of Technology (HCMUT) kepada pelajar internasional yang berminat melanjutkan studi di universitas tersebut. Beasiswa ini terbuka untuk seluruh program studi jenjang S1 yang tersedia di HCMUT.

Cakupan Beasiswa

Penerima beasiswa S1 Vietnam ini berhak mendapatkan kontribusi finansial untuk biaya kuliah sebesar 100%, 75%, 50% atau 25%.

Persyaratan Beasiswa   

Untuk mendapatkan beasiswa ini, beberapa persyaratan umum yang dibutuhkan antara lain :

1) Untuk penerima beasiswa biaya kuliah sebesar 100%, harus memiliki nilai akhir di jenjang sekolah menengah atas minimal 95 (dalam skala 100) dan skor IELTS minimal 6.0

2) Untuk penerima beasiswa biaya kuliah sebesar 75%, harus memiliki nilai akhir di jenjang sekolah menengah atas minimal 85 (dalam skala 100) dan skor IELTS minimal 6.0

3) Untuk penerima beasiswa biaya kuliah sebesar 50%, harus memiliki nilai akhir di jenjang sekolah menengah atas minimal 80 (dalam skala 100) dan skor IELTS minimal 6.0

4) Untuk penerima beasiswa biaya kuliah sebesar 25%, harus memiliki nilai akhir di jenjang sekolah menengah atas minimal 70 (dalam skala 100) dan skor IELTS minimal 6.0

Tertarik melanjutkan pendidikan dengan beasiswa S1 Vietnam dan ingin berkonsultasi lebih lanjut dengan konsultan expert? Schoters bisa bantu kamu mulai dari persiapan memilih jurusan, beasiswa S1 Vietnam yang bisa dicoba, persyaratan dokumen hingga interview. Silahkan klik tombol “Konsultasi Kuliah di Luar Negeri” di bawah ini dan kamu bisa bebas tanya apa pun. 

 

Baca Juga: Inilah 10 Universitas Terbaik di Asia Tenggara

 

CIMB Asean Scholarship

Beasiswa S1 Vietnam berikutnya yang bisa dicoba adalah CIMB Asean Scholarship, yang ditawarkan oleh bank CIMB kepada pelajar internasional yang berasal dari negara-negara di ASEAN yang ingin belajar di berbagai universitas terbaik di negara ASEAN, termasuk Vietnam. 

Program beasiswa ini terbuka untuk berbagai program studi, mulai dari business and marketing, finance, social sciences hingga digital and data. Meskipun demikian, karena penerima beasiswa akan terikat kontrak kerja dengan CIMB setelah menyelesaikan studi, maka penerima beasiswa diharapkan dapat memilih program studi yang sesuai untuk industri keuangan dan perbankan. 

Cakupan Beasiswa

Program beasiswa ini mencakup beberapa hal sebagai berikut :

1) Seluruh biaya akademik, termasuk biaya pendaftaran, biaya ujian dan biaya kuliah

2) Biaya hidup (living allowance)

3) Subsidi untuk biaya perjalanan termasuk tiket penerbangan dan dokumen visa 

Persyaratan Beasiswa  

Untuk mendapatkan beasiswa ini, beberapa persyaratan umum yang dibutuhkan antara lain :

1) Warga negara ASEAN yang memulai studi jenjang S1 di salah satu universitas di negara ASEAN, termasuk Vietnam. Mahasiswa yang sudah menempuh studi dengan sisa durasi studi 1 (satu) tahun juga dapat mendaftar program beasiswa ini. 

2) Berusia maksimal 27 tahun

3) Memiliki CGPA minimal 3.25 dengan prestasi akademik baik dan rekam jejak kegiatan ekstrakurikuler

4) Tidak terikat program beasiswa lainnya

 

Rekomendasi Bimbingan Lolos Beasiswa S1 Vietnam

Ingin lolos mendapatkan beasiswa S1 Vietnam? Yuk konsultasi dengan konsultan expert Schoters agar persiapan daftar universitasmu lebih terarah.

Butuh program lain untuk persiapan menembus beasiswa S1 Vietnam? Cek program terbaik dari Schoters untuk bimbingan persiapanmu, dijamin terlengkap. 

Beasiswa S1 Vietnam