10 Rekomendasi Beasiswa S3 Luar Negeri Yang Perlu Kamu Ketahui

Melanjutkan kuliah ke jenjang S3 sudah menjadi keharusan bagi para dosen Indonesia. Dengan beasiswa S3 luar negeri, para dosen dapat lebih terfasilitasi. Jika kalian adalah salah satu dari dosen yang sedang mencari beasiswa S3 luar negeri yang cocok, artikel ini sangat cocok bagi kalian.

Berikut ini 10 rekomendasi beasiswa S3 luar negeri terbaru yang bisa jadi akan kalian dapatkan tahun depan. Yuk simak apa saja!

 

1. Stipendium Hungaricum di Hungaria

Beasiswa S3 luar negeri pertama dalam daftar ini adalah Stipendum Hungaricum di Hungaria. Beasiswa yang diberikan oleh pemerintah Hungaria ini mempersilakan kalian untuk memilih lebih dari 600 program studi di 28 universitas di Hungaria.

Cakupan dari beasiswa ini meliputi biaya pendidikan, biaya hidup, akomodasi, dan asuransi. Pendaftaran untuk beasiswa ini dibuka pada bulan November hingga Januari.

 

Baca juga: Ingin Tahu Cara Apply Beasiswa Stipendium Hungaricum? Simak Artikel Berikut Ini

 

2. DAAD EPOS di Jerman

Beasiswa S3 luar negeri selanjutnya dalam daftar ini adalah DAD EPOS. Bagi kalian yang sudah memiliki pengalaman setidaknya 2 tahun, kalian dapat mendaftar pada beasiswa ini. Diberikan oleh pemerintah Jerman khusus untuk pendaftar pada program studi economics, engineering, urban planning, agriculture, natural and environmental sciences, medicine, social science, dan media studies.

Beasiswa ini mencakup biaya hidup, asuransi, transportasi, dan subsidi tempat tinggal. Biaya kuliah tidak ditanggung karena memang pendidikan tinggi di Jerman itu gratis.

3. Government of Ireland – International Education Scholarship (GOI-IES) di Irlandia

Beasiswa S3 luar negeri ketiga yang bisa Hunters coba ada Goverment of Ireland. Jika mendapat beasiswa ini, kalian dibebaskan untuk memilih berbagai program studi yang ditawarkan di 28 universitas di Irlandia.

Namun, kalian wajib diterima di universitas tujuan terlebih dahulu untuk kemudian direkomendasikan untuk mendapatkan beasiswa ini. Beasiswa ini mencakup biaya biaya kuliah dan biaya hidup sebesar GBP 10.000 selama 1 tahun.

4. Malaysian International Scholarship di Malaysia

Beasiswa ini membebaskan kalian untuk mendaftar pada universitas manapun di Malaysia. Namun, beasiswa ini diprioritaskan untuk pendaftar pada program studi science and engineering, agriculture and fisheries, economics, ICT, biotechnology, biosecurity, infrastructure, environmental studies, dan kesehatan.

Cakupan beasiswa ini adalah biaya kuliah, biaya hidup, tiket pergi pulang, asuransi kesehatan, dan biaya penelitian serta konferensi. Jika kalian berminat, pendaftaran untuk beasiswa ini dibuka pada tanggal 15 Mei hingga 15 Juni setiap tahunnya.

5. Chulalongkorn International Graduate Scholarship di Thailand

Universitas terbaik di negeri gajah putih ini memberikan beasiswa yang mencakup biaya pendidikan, biaya hidup, biaya penelitian, dan biaya konferensi. Selain itu, kesempatan untuk mendapatkan beasiswa lebih melalui program Teaching Assistant dan Research Assistant juga terbuka. Periode pendaftaran beasiswa ini dibuka sepanjang tahun karena kalian dapat memilih untuk masuk pada semester ganjil maupun genap.

6. Chinese Government Scholarship di Tiongkok

Beasiswa ini memungkinkan kalian untuk mendaftar pada lebih dari 207 universitas di Tiongkok. Ada 3 jalur pendaftaran beasiswa ini, yakni melalui rekomendasi dari universitas kalian, langsung mendaftar pada universitas tujuan, dan melalui Kedutaan Besar Tiongkok yang ada di Jakarta. Pendaftaran dibuka pada bulan Desember hingga April.

7. Ministry of Education Taiwan Scholarship di Taiwan

Beasiswa ini terbuka untuk seluruh program studi di Taiwan. Cakupan dari beasiswa ini adalah biaya kuliah dan biaya hidup. Untuk mendaftar, kalian harus mengirimkan seluruh berkas pendaftaran pada kantor perwakilan pemerintah Taiwan yakni Taipei Economic and Trade Office yang ada di Jakarta atau Surabaya.

8. Monbukagakusho (MEXT) Scholarship di Jepang

Beasiswa ini mencakup biaya kuliah, biaya hidup, biaya perjalanan pergi pulang, serta biaya kursus bahasa Jepang selama 1 tahun. Untuk mendaftar, kalian bisa memilih 1 dari 2 jalur yang dibuka: melalui universitas tujuan dan melalui kedutaan besar dan konsulat Jepang yang ada di beberapa kota besar.

 

Baca juga: Ingin Tahu Cara Apply Beasiswa Stipendium Hungaricum? Simak Artikel Berikut Ini

 

9. Global Korea Scholarship (GKS) di Korea Selatan

Kuota beasiswa ini untuk Indonesia sebanyak 69 orang per tahun. Jika diterima, kalian akan mendapat biaya pendidikan, biaya hidup, asuransi kesehatan, kursus bahasa Korea selama 1 tahun, biaya penelitian, hingga dana kelulusan. Pendaftaran dibuka pada bulan Februari setiap tahunnya.

10. Australia Awards Scholarship di Australia

Beasiswa S3 luar negeri terakhir yang ada dalam daftar ini ada Australia Awarsd Scholarship. Beasiswa ini memberikan kesempatan kepada kalian untuk memilih program studi di universitas manapun di Australia.

Dengan cakupan biaya kuliah, biaya perjalanan pergi pulang, biaya kepindahan, biaya hidup, asuransi, hingga biaya kuliah lapangan. Untuk mendaftar beasiswa ini kalian dapat mengisi formulir pendaftaran secara online pada sistem OASIS dari tanggal 1 Februari hingga 29 April setiap tahunnya.

 

Nah, itu dia, Hunters, beberapa rekomendasi beasiswa S3 luar negeri. Jadi, dari daftar beasiswa S3 luar negeri di atas, adakah beasiswa incaranmu?

 

Konsultasikan persiapan kuliah S3 Anda sekarang!

Masih ragu apakah persiapan kamu sudah cukup ampuh untuk lolos seleksi beasiswa diatas? Konsultasikan keraguan kamu kepada konsultan expert Schoters!

Butuh bimbingan dari ahlinya untuk menyiapkan pendaftaran kuliah di luar negeri? Daftar Study Abroad Academy supaya kamu dibantu dari A sampai Z oleh mentor-mentor terbaik Schoters!

Beasiswa S3 luar negeri