4 Beasiswa Tanpa Surat Rekomendasi yang Cocok Untukmu

Info Beasiswa, 17 Nov 2022

Surat rekomendasi atau recommendation letter adalah surat yang diberikan oleh seseorang yang mengenal kamu dengan baik. Surat ini bertujuan untuk menjelaskan kemampuan kalian secara akademik maupun non akademik. Surat rekomendasi biasanya diberikan oleh dosen maupun atasan di tempat bekerja. Namun, mungkin karena suatu hal kalian tidak bisa mendapat surat rekomendasi. Jangan khawatir, karena ada beasiswa tanpa surat rekomendasi yang bisa kalian coba. Apa saja? Simak penjelasan dibawah ini ya!

1. Graduate Research Scholarship – University of Melbourne

Kalian akan secara otomatis dipertimbangkan untuk mendapat beasiswa ini jika kalian telah dinyatakan diterima di program apapun di program pascasarjana (S-2 dan S-3) jalur riset di Univesity of Melbourne.

Beberapa program yang tersedia adalah:

  1. Life Sciences and Technology
  2. Health and Medical Sciences
  3. Engineering
  4. Humanities and Social Sciences
  5. Arts
  6. Finance and Economics
  7. ICT
  8. Business
  9. Environmental Studies
  10. Architecture
  11. Education
  12. Political Science

Beasiswa ini mencakup biaya kuliah (tuition fee) hingga AUD 110.000 per tahunnya. Selain itu, kalian juga akan mendapatkan biaya hidup, asuransi kesehatan, biaya kepindahan sebesar AUD 3.000, dan biaya penelitian.

Masa pendaftaran untuk program ini dibuka sepanjang tahun dengan tenggat waktu pada tanggal 31 Oktober. 

2. Manaaki New Zealand Scholarship

Beasiswa ini diberikan oleh pemerintah Selandia Baru untuk berkuliah di program-program khusus seperti climate change and resilience, disaster risk management, food security and agriculture, renewable energy, dan good governance. 

Jika kalian berminat mendaftar pada beasiswa ini, kalian harus membuat akun pada website beasiswa Selandia Baru, mengisi data yang diminta, dan mengunggah semua dokumen yang diminta. Periode pendaftaran dibuka pada tanggal 1 Februari dan ditutup pada tanggal 28 Februari. 

Cakupan beasiswa ini adalah biaya kuliah, biaya hidup sebesar NZD 531 per minggu, biaya kepindahan sebesar NZD 3.000, asuransi kesehatan, biaya transportasi pergi pulang dari Indonesia ke Selandia Baru, asuransi bepergian, biaya mudik sebanyak 1 atau 2 kali selama masa studi, hibah kelulusan sebesar NZD 1.000, dan biaya penelitian.

        Baca juga: 7 Beasiswa Tanpa TOEFL untuk Kuliah di Luar Negeri

3. Russian Government Scholarship

Untuk mendaftar beasiswa ini, ada 7 langkah utama yang diperlukan:

  1. Mencari informasi mengenai syarat pendaftaran yang terdapat pada laman studyrussia.ru
  2. Mengontak kedutaan besar Rusia di Jakarta, kantor perwakilan Rossotrudnichestvo untuk mencari tahu beasiswa yang tersedia dan program studi yang ditawarkan.
  3. Membuat akun pada laman pendaftaran beasiswa, mengisi formulir elektronik, dan mengunggah dokumen-dokumen yang diminta. Kalian dapat memilih hingga 6 universitas pada pendaftaran kalian. 
  4. Tunggu surat undangan yang dikirimkan melalui surel untuk mengikuti proses seleksi wawancara dan ujian tertulis.
  5. Tunggu pengumuman hasil seleksi wawancara dan ujian tertulis. Jika kalian diterima, kalian harus belajar bahasa Rusia dan mata kuliah dasar seperti matematika, fisika, kimia, biologi dan lainnya selama 1 tahun.
  6. Jika kalian lolos seleksi wawancara, sediakan dokumen tambahan seperti surat dokter dan salinan dokumen yang telah diterjemahkan ke bahasa Rusia dan dilegalisir. Setelah itu, kirim dokumen-dokumen tersebut ke kedutaan Rusia. 
  7. Tunggu surat atau pemberitahuan dari universitas di Rusia tentang langkah-langkah yang harus kalian siapkan selanjutnya. Contohnya seperti mempersiapkan visa dan keberangkatan.

Cakupan beasiswa ini adalah biaya kuliah dan biaya akomodasi.

4. Invest Your Talent in Italy

Program yang diberikan oleh gabungan beberapa organisasi pemerintah dan non pemerintah ini diberikan kepada calon mahasiswa jenjang S-2 pada beberapa progam studi selama 9 bulan, seperti:

  1. Engineering - High Technologies
  2. Management - Economics
  3. Design - Architecture

Kalian diberikan kebebasan untuk memilih universitas mana yang kalian inginkan. Untuk mendaftar beasiswa ini, kalian harus membuat akun di laman pendaftaran beasiswa Invest Your Talent pada tanggal 14 Januari hingga 15 Februari.

Cakupan beasiswa ini adalah biaya kuliah, asuransi kesehatan, dan biaya hidup sebesar EUR 900 per bulan.

        Baca juga: 7 Beasiswa Tanpa Wawancara untuk Kuliah di Eropa

Siap Mendaftar Beasiswa Impianmu?

Masih ragu atau sudah yakin bisa menaklukkan beasiswa incaran kamu? Konsultasikan keraguan kamu kepada konsultan experts Schoters.

Ingin mendapatkan program bimbingan persiapan beasiswa yang paling tepat untuk kamu? Dapatkan program terbaik di sini.

beasiswa tanpa surat rekomendasi