5 Beasiswa dengan Tunjangan Keluarga untuk S-2 & S-3

Info Beasiswa, 03 Sep 2022

Halo, Scholarship Hunters! Kamu sudah berkeluarga dan ada rencana untuk kuliah di luar negeri? Ada keinginan juga untuk kuliah tapi bimbang karena faktor biaya? Kamu tidak perlu khawatir karena saat ini sudah banyak beasiswa untuk kuliah di luar negeri yang memberikan tunjangan untuk keluarga. Simak artikel ini sampai selesai ya untuk mengetahui jenis beasiswa tunjangan keluarga yang bisa kamu coba!

Beasiswa Tunjangan Keluarga

Pada dasarnya, masing-masing beasiswa memiliki cakupan tersendiri. Ada beasiswa yang menawarkan biaya pendidikan saja, tetapi ada pula yang cakupannya lebih luas termasuk memberi tunjangan bagi keluarga. Apabila kamu merupakan penerima sebuah beasiswa, di mana pemberi beasiswa juga menyediakan tunjangan untuk keluarga, artinya pemberi beasiswa pun memberikan biaya untuk menunjang kehidupan keluarga kamu. 

          Baca Juga: Kenapa Anda Harus Lanjut S2 dan S3? Berikut Alasannya – Schoters

5 Beasiswa Dengan Tunjangan Keluarga untuk Kuliah S-2 dan S-3

1. DAAD EPOS

Beasiswa DAAD EPOS merupakan beasiswa penuh untuk kuliah S-2 atau S-3 di Jerman. Beasiswa ini memberikan fasilitas dengan cakupan sebagai berikut:

  1. Uang bulanan
  2. Asuransi kesehatan dan kecelakaan
  3. Kursus Bahasa Jerman selama 6 bulan apabila perkuliahan menggunakan bahasa Jerman
  4. Tunjangan perjalanan
  5. Subsidi sewa bulanan (pada situasi tertentu)
  6. Tunjangan bulanan untuk anggota keluarga yang menemani (pada situasi tertentu)

2. LPDP

Beasiswa selanjutnya adalah Beasiswa Lembaga Pengelola Dana Pendidikan (LPDP). Beasiswa ini membiayai biaya kuliah S-2 atau S-3 di berbagai universitas dan negara sesuai ketentuan LPDP. Cakupan beasiswa ini meliputi:

  1. Biaya pendaftaran
  2. SPP/tuition fee
  3. Biaya penelitian tesis/disertasi
  4. Tunjangan seminar internasional
  5. Biaya publikasi jurnal internasional
  6. Tunjangan buku
  7. Biaya transportasi
  8. Aplikasi visa/residence permit
  9. Asuransi kesehatan
  10. Biaya hidup bulanan 
  11. Dana kedatangan
  12. Tunjangan keadaan darurat
  13. Tunjangan keluarga (khusus untuk mahasiswa S-3) sebesar 25% dari biaya hidup bulanan

3. Beasiswa Pendidikan Indonesia (BPI)

Selanjutnya ada Beasiswa Pendidikan Indonesia (BPI) yang merupakan beasiswa untuk kuliah D-4/S-1, S-2, dan S-3 di dalam maupun luar negeri. Fasilitas beasiswa ini meliputi:

  1. Dana pendidikan
  2. Transportasi
  3. Aplikasi visa/izin tinggal
  4. Asuransi kesehatan
  5. Biaya hidup bulanan
  6. Tunjangan kedatangan
  7. Dana darurat
  8. Tunjangan keluarga (Khusus untuk mahasiswa S-3)

Beasiswa Tunjangan Keluarga

          Baca Juga: 10 Universitas Terbaik di Dunia, Cek Daftar Lengkapnya! – Schoters

4. Gates Cambridge

Beasiswa lainnya adalah Beasiswa Gates Cambridge bagi calon mahasiwa S-2 dan S-3 untuk berkuliah di University of Cambridge. Cakupan beasiswa ini berupa:

  1. Biaya kuliah penuh
  2. Tunjangan pemeliharaan
  3. Dana tambahan berdasarkan kebijakan (dana pengembangan akademik untuk menghadiri konferensi dan perkuliahan serta tunjangan untuk keluarga)

5. British Council Women in STEM

Selain empat beasiswa di atas, ada Beasiswa British Council Women in STEM. Beasiswa ini diperuntukkan bagi perempuan yang menempuh pendidikan jenjang S-2 dan berasal dari Asia Tenggara, Asia Selatan, Amerika, Ukraina, Mesir, dan Turki. Selain itu jurusan kuliah yang diambil haruslah di bidang sains, teknologi, teknik dan matematika (STEM). 

Cakupan beasiswa ini adalah sebagai berikut:

  1. Tuition fee
  2. Tunjangan bulanan
  3. Biaya perjalanan dari dan ke Inggris
  4. Visa
  5. Asuransi kesehatan
  6. Dukungan khusus bagi para ibu
  7. Pre-sessional english course

Nah, itulah lima beasiswa yang bisa kamu pertimbangan jika hendak kuliah ke luar negeri dan mengajak serta keluarga kamu. Namun, kamu perlu memahami detail ketentuannya karena terdapat tunjangan yang tidak diberikan kepada penerima beasiswa yang sudah berkeluarga karena sebab tertentu. Misalnya, ada beasiswa tertentu hanya akan memberikan tunjangan untuk keluarga jika salah satu di antara suami atau istri tidak sedang menerima beasiswa lain. Jika keduanya mendapatkan beasiswa maka tunjangan keluarga tidak akan diberikan kepada penerima beasiswa. Oleh karena itu, pastikan kamu membaca ketentuannya dengan cermat ya!

Sudah Siap Daftar Beasiswa Tunjangan Keluarga Incaran Kamu?

Setelah mengetahui jenis beasiswanya, beasiswa mana yang ingin kamu coba?     ->     Dapatkan rekomendasi program terbaik dari konsultan experts Schoters untuk mempersiapkan kamu meraih beasiswa incaran kamu!

Sedang merasa bahwa persiapan kuliah ke luar negeri belum matang?     ->     Temukan program yang paling sesuai dengan kebutuhan kamu di sini!

Beasiswa Tunjangan Keluarga