Beasiswa Pendidikan di University of Milano Bicocca Italia

Info Beasiswa, 18 Okt 2022

Kalau kamu tertarik melanjutkan studi di Italia namun belum bisa memutuskan hendak belajar di mana, mungkin kamu bisa melihat deretan perguruan tinggi berkualitas di salah satu pusat fashion dunia, Milan.

Mengenal University of Milano Bicocca

Sebagai tujuan studi, Milan adalah lokasi yang menawarkan berbagai pengalaman budaya yang unik dan menarik di tengah-tengah kota yang dipenuhi jejak sejarah peradaban Romawi kuno. Salah satu perguruan tinggi negeri yang menarik di Kota Milan adalah Universita Degli Studi Di Milano-Bicacco atau biasa juga disebut dengan Universitas Millano-Bicocca.

Universitas Millano-Bicocca adalah salah satu perguruan muda di Italia yang berdiri sejak tahun 1998. Universitas yang banyak berorientasi pada penelitian dan inovasi ini menawarkan beragam program studi di bidang studi Economics and Statistics, Law, Medicine and Surgery, Psychology, Sciences, Educational Sciences dan Sociology untuk tingkat S1, S2 dan S3.

          Baca Juga: List Beasiswa S3 Italia untuk Orang Indonesia

Rekomendasi Beasiswa University of Milano Boccoca

Tentu saja, terdapat beberapa alternatif beasiswa yang bisa dicoba untuk melanjutkan studi di perguruan tinggi ini 

Incentive Programme Scholarship  

Incentive Programme Scholarship adalah beasiswa parsial berbasis prestasi akademik yang ditawarkan oleh Universitas Millano Bicocca kepada mahasiswa tingkat S1, S2 dan S3 yang bersekolah penuh waktu di universitas tersebut.

Untuk mendapatkan beasiswa ini, mahasiswa harus sudah lebih dulu diterima di universitas baik untuk tingkat S1 (periode studi 3 tahun), S2 (periode studi 2 tahun untuk program Master Degree reguler dan 5-6 tahun untuk program Single Cycle Master Degree) dan program Phd.

Beasiswa ini mencakup pembebasan biaya kuliah hingga 50% selama periode studi kepada mahasiswa yang menunjukkan nilai akademik memuaskan. Sebagai catatan, mahasiswa yang sudah menerima beasiswa lain tidak bisa mengikuti beasiswa ini.

          Baca Juga: Alternatif Beasiswa selain Incentive Programme Scholarship di Italia

Beasiswa Invest Your Talent in Italy 

Invest Your Talent in Italy adalah sebuah program beasiswa parsial yang ditawarkan oleh Kementerian Dalam Negeri Italia yang bekerjasama dengan ITA – Italian Trade Agency dan Uni-Italia, kepada mahasiswa pascasarjana yang ingin melanjutkan studi pada universitas yang menjadi bagian dari IYT, termasuk Universitas Millano-Biccoca. Jumlah penerima beasiswa IYT dapat berubah setiap tahunnya, tergantung dari kualitas pendaftar dan ketersediaan beasiswa.

Beasiswa MAECI

Di tahun 2022, program studi yang termasuk dalam daftar IYT adalah engineering, advance technologies, architecture, design dan economics and management. Pelamar beasiswa IYT dapat mengakses daftar program studi dan universitas yang termasuk dalam beasiswa IYT melalui tautan berikut.

Persyaratan Beasiswa

Beasiswa IYT ini mencakup beberapa hal sebagai berikut :

  1. Tunjangan bulanan sebesar 900 euro
  2. Pembebasan biaya kuliah sepenuhnya atau parsial
  3. Persyaratan umum untuk mendaftar IYT adalah :
  4. Memiliki gelar sarjana sesuai yang dipersyaratkan program studi
  5. Melakukan pendaftaran awal (pre-application) ke salah satu program studi yang termasuk dalam beasiswa IYT
  6. Berusia kurang dari 26 tahun
  7. Menunjukkan bukti kemampuan berbahasa Inggris (minimal Level B2 berdasarkan Common European Framework of Reference For Languages (CEFR).

Dokumen pendukung yang dibutuhkan untuk beasiswa IYT adalah :

  1. Ijazah dan transkrip nilai S1 (pelamar yang belum memiliki ijazah dapat menyertakan Surat Keterangan Lulus). Ijazah dan transkrip harus diterjemahkan ke dalam bahasa Inggris, Perancis atau Spanyol.
  2. Sertifikat Bahasa Inggris (IELTS/TOEFL)
  3. Sertifikat Bahasa Italia (apabila diperlukan)
  4. Video Esai dalam Bahasa Inggris, berdurasi kurang lebih 1 menit yang berisi perkenalan diri dan penjelasan mengenai motivasi mengikuti IYT dan belajar di Italia
  5. CV/Resume terbaru
  6. Paspor yang masih berlaku

Beasiswa IYT biasanya dibuka sekitar bulan Januari-Februari dan hasil seleksi akan diumumkan sekitar bulan Juni. 

Persiapan beasiswa ke Italia bersama Schoters

Mau dapat bimbingan persiapan kuliah ke Italia?   –> Yuk konsultasikan rencana kuliahmu ke Italia bersama konsultan kami.

Butuh tempat persiapan daftar beasiswa luar negeri lebih lengkap?   –>   Cari tahu jawabannya di Schoters.

beasiswa maeci