Wajib Tahu! Info Lengkap Informasi dan Biaya Tes TOEFL

TOEFL (Test of English as a Foreign Language) adalah ujian untuk mengukur kemampuan berbahasa Inggris seseorang yang bukan penutur asli. 

TOEFL terdiri dari beberapa bagian, termasuk reading (membaca), listening (mendengarkan), speaking (berbicara), dan writing (menulis). 

Skor TOEFL memberikan gambaran tentang sejauh mana seseorang dapat berkomunikasi efektif dalam bahasa Inggris.

 

A. Jenis tes TOEFL

Saat ini ada 4 jenis tes TOEFL yang masih dipakai, yaitu:

1. TOEFL Paper Based Test (PBT) 

TOEFL PBT adalah jenis yang paling terkenal dan sering diselenggarakan oleh berbagai institusi.

TOEFL PBT dikerjakan secara konvensional, dengan mengisi lembar jawaban yang telah diberikan menggunakan pensil. Selain itu, durasi pengerjaannya biasanya berlangsung sekitar tiga jam. 

TOEFL PBT menilai beberapa aspek, termasuk listening, writing, reading comprehension, dan structure and written expression.

2. TOEFL Computer Based Test (CBT)

Sama seperti TOEFL PBT, TOEFL CBT menilai kemampuan bahasa Inggris berdasarkan aspek listening, writing, reading comprehension, dan structure and written expression.

Namun, yang membedakan adalah TOEFL CBT dilakukan menggunakan komputer dan berdurasi sekitar 4 jam.

Saat ini, TOEFL CBT sudah jarang dilakukan dan dipakai di Indonesia.

 

Baca juga: Tips Terbaik Belajar TOEFL untuk Pemula

 

3. TOEFL Internet Based Test (IBT)

TOEFL IBT adalah bentuk perkembangan dari TOEFL CBT. Pasalnya, pelaksanaan TOEFL IBT bisa dilakukan di komputer yang terhubung dengan internet.

Tidak jauh berbeda, aspek yang dinilai dalam TOEFL IBT juga mencakup listening, writing, reading comprehension, dan structure and written expression.

4. TOEFL Institutional Testing Program (ITP)

Sesuai dengan namanya, TOEFL ITP umumnya digunakan oleh sebuah institusi untuk mengukur kemampuan siswa atau pegawai mereka.

Selain itu, TOEFL ITP juga sering digunakan sebagai syarat mendaftar beasiswa, melamar pekerjaan, atau syarat lulus kuliah.

Sayangnya, TOEFL ITP hanya bisa digunakan dalam ranah institusional saja dan tidak diakui secara internasional.

TOEFL ITP menilai kemampuan pasif berbahasa Inggris, karena tesnya hanya mencakup aspek listening, reading, dan structure and written expression.

 

Ingin mendapatkan skor TOEFL maksimal? Persiapkan TOEFL kamu dengan tutor expert lulusan kampus top dunia di Schoters. Silakan klik tombol “Konsultasi Kelas Persiapan TOEFL” di bawah ini dan bisa tanya apapun sebelum bimbingan 👇

biaya tes toefl

 

 

B. Kegunaan tes TOEFL

Ada beragam keuntungan yang bisa Hunters peroleh dengan mengikuti tes TOEFL.

Berikut adalah 4 kegunaan tes TOEFL:

1. Mengukur kemampuan bahasa Inggris

Ketika mengikuti TOEFL, Hunters bisa mendapat gambaran komprehensif tentang sejauh mana Hunters mampu berkomunikasi dalam bahasa Inggris. 

Mengingat TOEFL menguji beragam aspek kebahasaan seperti listening, writing, reading, dan speaking.

2. Meningkatkan kemampuan bahasa Inggris

Selain untuk mengukur kemampuan, mengikuti TOEFL juga bisa menjadi sarana evaluasi untuk meningkatkan kemampuan bahasa Inggris.

Berdasarkan skor akhir yang diberikan, Hunters bisa melihat subtes mana yang nilainya masih rendah dan perlu diperbaiki.

3. Persyaratan kuliah di luar negeri

Banyak universitas di luar negeri yang mengharuskan pendaftar mengikuti ujian TOEFL guna mengevaluasi kemampuan bahasa Inggris mereka. 

Umumnya, perguruan tinggi luar negeri menggunakan TOEFL IBT dengan minimal skor 80.

4. Memperoleh beasiswa

Lembaga pemberi beasiswa, terutama yang menyediakan beasiswa untuk studi di luar negeri, seringkali menetapkan persyaratan TOEFL sebagai bagian dari kualifikasi pelamar. 

TOEFL digunakan untuk memastikan bahwa para calon penerima beasiswa memiliki kemampuan bahasa yang baik agar tidak mengalami kendala komunikasi selama proses perkuliahan.

 

C. Biaya tes TOEFL

Sebelum mendaftar TOEFL, Hunters harus menyiapkan sejumlah biaya untuk proses pendaftarannya. 

Berikut adalah rincian biaya tes TOEFL:

1. TOEFL PBT: 500 ribu sampai 600 ribu rupiah.

2. TOEFL IBT: 2 juta sampai 3 juta rupiah.

3. TOEFL ITP: 400 ribu sampai 600 ribu rupiah.

 

Rekomendasi bimbingan agar tidak ada kesalahan dalam persiapan TOEFL

Butuh bimbingan TOEFL terpercaya? Ikuti kelas persiapan TOEFL by Schoters. Yuk konsultasi dengan konsultan expert Schoters agar persiapan daftar universitasmu lebih terarah.

Butuh program lain untuk persiapan dapat universitas luar negeri? Cek program terbaik dari Schoters untuk bimbingan persiapanmu, dijamin terlengkap.

biaya tes toefl