Tips Efektif Cara Mengatur Waktu Kuliah Sambil Kerja

Kuliah di Luar Negeri, 09 Nov 2022

Membayangkan kuliah sambil kerja kok rasanya capek banget ya? Selain capek, bisa-bisa nilai bisa turun karena terlalu sibuk kerja dan tidak bisa membagi waktu dengan belajar. Tapi itu dulu! Sekarang, kamu bisa membagi waktu kamu dengan lebih baik dengan beberapa cara mengatur waktu kuliah sambil bekerja berikut ini loh!

1. Buat Daftar Prioritas

Kuliah sambil kerja artinya kamu punya banyak hal yang harus dikerjakan dengan waktu yang sempit! Agar tidak ada yang terlewat, buatlah daftar pekerjaan dan urutkan berdasarkan prioritas yang paling penting atau tenggat waktu yang paling pendek.

Daftar prioritas ini akan membantu kamu stay on track dan memanfaatkan waktu seefisien mungkin. Hal ini akan lebih mudah dilakukan dengan bantuan aplikasi seperti Evernote atau Google Tasks. 

2. Atur Jadwal dengan Aplikasi Kalender

Aplikasi kalender bawaan dari telepon genggam kalian maupun aplikasi lainnya seperti Google Calendar akan sangat membantu kalian dalam penjadwalan aktivitas serta pengingat waktu. Aplikasi ini akan membuat kalian merasa lebih termotivasi dalam melakukan aktivitas secara beruntun dan mengingatkan kalian pada waktu yang kalian tentukan. Terkadang, jika hanya ditulis di buku catatan atau diingat-ingat, hal penting pun bisa terlewat karena kalian lupa, loh!

3. Paksa Diri untuk Tepat Waktu

Orang Indonesia katanya terkenal suka molor. Ini bukan tanpa sebab. Mungkin banyak dari teman kita yang suka molor dan kita menganggap hal ini sudah biasa. Padahal ini salah. Paksa diri kalian untuk selalu tepat waktu apapun aktivitasnya agar kalian dapat memanfaatkan waktu yang kalian miliki sebaik mungkin. 

Cara untuk membentuk kebiasaan tepat waktu tentu tidak mudah. Paksakan paling tidak selama 21 hari dan kalian akan melihat perubahan yang signifikan dalam manajemen waktu kalian. Termasuk dalam membagi waktu dalam bekerja dan belajar. 

             Baca Juga: Perbandingan Biaya Hidup di Jepang untuk Mahasiswa

4. Pilih Pekerjaan dengan Waktu yang Fleksibel

Pekerjaan paruh waktu di jaman digital ini sangat banyak. Sehingga jika kalian ingin menghemat waktu dan uang untuk berangkat dan pulang kerja, mencari pekerjaan yang dapat dilakukan secara remote merupakan pilihan terbaik. 

Namun, jika kalian memilih untuk bekerja secara langsung, carilah pekerjaan yang memungkinkan kalian untuk berganti shift sewaktu-waktu kalian membutuhkannya. Selain itu, kalian bisa pilih pekerjaan yang hanya dilakukan pada akhir pekan sehingga tidak mengganggu waktu belajar kalian. Ingat, prioritas kalian sebagai mahasiswa adalah belajar ya!

5. Berdiskusi dengan Teman

Jika kalian kewalahan mengejar materi perkuliahan karena bekerja, ajak teman kalian untuk berdiskusi tentang materi perkuliahan yang tidak kalian pahami. Berdiskusi akan mempermudah dan mempercepat pemahaman kalian. Selain itu, kalian bisa mencari celah yang mungkin terlewat ketika kalian belajar sendiri. 

              Baca juga: 10 Negara Terbaik Buat Kuliah di Luar Negeri 

Konsultasikan Persiapan Kuliah ke Luar Negeri

Berikut negara dengan kuliah gratis untuk mahasiswa internasional yang bisa kamu pertimbangkan. Untuk informasi lebih banyak tentang beasiswa dunia, yuk konsultasi dengan pakar beasiswa di sini.

cara mengatur waktu kuliah sambil kerja