11 Contoh Culture Shock di Indonesia yang Bikin Bule Kaget

Hunters, pasti tidak asing dengan istilah culture shock, kan? Yap betul! Culture shock dapat diartikan gegar budaya dan sering terjadi ketika seseorang berada di tempat yang baru dikunjungi. Biasanya, seseorang yang berada di luar negeri dengan latar belakang budaya yang berbeda harus menyesuaikan diri dengan hal tersebut. Mari simak culture shock di Indonesia yang bikin bule kaget!

Languages Alive menjelaskan istilah culture shock atau gegar budaya diperkenalkan pada tahun 1960 oleh Kalervo Oberg.

Seperti dalam hal travelling, culture shock biasanya muncul saat seseorang merasa kesulitan untuk beradaptasi dengan kebiasaan – kebiasaan asing di daerah atau negara yang sedang ia kunjungi.

Masyarakat Indonesia, tentu saja memiliki kebiasaan unik yang seringkali membuat orang asing merasa kebingungan. Penasaran? Yuk, intip 11 culture shock di Indonesia!

          Baca Juga: Kenali Culture Shock: Alasan, Proses dan Cara Mengatasinya!

11 Culture Shock di Indonesia

Culture Shock di Indonesia

1. Murah senyum dan sangat ramah

Culture shock di Indonesia yang bikin bule kaget yakni murah senyum dan ramah. Banyak orang asing  yang merasa bahwa masyarakat Indonesia merupakan seseorang yang sangat ramah, baik, dan santai! Orang Indonesia memberikan senyum yang ramah kepada wisatawan asing.

2. Menggunakan gayung di toilet

Berikutnya, culture shock di Indonesia yang bikin bule shock menggunakan gayung di toilet. Toilet di Indonesia masih menggunakan kloset jongkok. Untuk membersihkan diri akan disediakan gayung dan ember berisi air. Toilet dengan kloset jongkok ini mudah ditemukan saat di daerah pinggir kota.

3. Tidak ada tisu di toilet

Tidak adanya tisu di toilet manjadi culture shock di Indonesia yang bikin bule kaget. Banyak wisatawan asing yang terkejut melihat tidak ada tisu di toilet.

4. Banyak pedagang yang menjual es batu

Biasanya, menjual es batu kepada pembeli adalah hal yang biasa. Namun, berbeda dengan wisatawan asing yang menganggap bahwa berjualan es batu hal yang mengejutkan sehingga fakta tersebut menjadi culture shock di Indonesia yang bikin bule kaget.

5. Tetangga dapat berkunjung ke rumah

Bermain ke rumah tetangga sangat menyenangkan, kita dapat berbincang dan bermain kapanpun. Namun, bagi wisatawan asing, berkunjung ke rumah bukan hal yang biasa dan lebih mengejutkannya lagi adalah pemilik rumah menawarkan makanan terlebih dahulu sebelum pergi.

6. Mengajak foto bersama

Faktanya mengajak foto bersama menjadi culture shock di Indonesia yang bikin wisatawan asing kaget. Foto bersama orang asing adalah kebanggaan sebagian masyarakat Indonesia. Hal ini biasanya menjadi bukti bahwa mereka pernah foto bersama dengan bule.

7. Tisu gulung di meja makan

Salah satu negara yaitu Amerika Serikat menggunakan tisu kering untuk membersihkan diri. Sedangkan di Indonesia, banyak tempat makan yang menggunakan tissu gulung untuk membersihkan tangan atau mulut saat sesudah makan.

8. Mandi sehari bisa 2-3 kali dengan durasi cukup lama

Banyaknya aktivitas yang dilakukan oleh masyarakat Indonesia dari pagi hingga sore hari, membuat badan menjadi berkeringat dan tidak bersih. Hal ini membuat seseorang menjadi lebih rajin untuk membersihkan badan sehari dua kali atau lebih. Berbeda dengan wisatawan asing, salah satunya Jepang yang hanya mandi sekali terutama saat musim dingin.

9. Air kobokan di tempat makan

Seringkali kita menjumpai air kobokan saat di tempat makan. Biasanya, saat kita memesan makanan, pelayan menyediakan air untuk mencuci tangan. Tidak jarang wisatawan asing yang mengira bahwa air kobokan adalah air yang dapat diminum karena ada beberapa potongan jeruk nipis.

10. Menyukai makanan pedas

Sebagian orang Indonesia menyukai makanan pedas. Tidak lengkap jika makan nasi tanpa sambal. Berbeda dengan wisatawan asing yang jarang menggunakan cabai untuk makanan mereka. Ketika makanan Indonesia terlalu pedas, orang bule menganggap aneh, karena cita rasa makanannya ditutupi oleh rasa pedasnya cabai.

11. Makan nasi disetiap waktu

Jika makan tidak ada nasi, maka tidak membuat perut menjadi kenyang. Kebiasaan orang Indonesia makan nasi di sepanjang hari membuat wisawatan asing merasa aneh. Sebagian besar orang Eropa, nasi adalah menu yang tidak cocok dimakan saat sarapan. Bahkan, seseorang yang makan nasi dianggap sedang sakit sehingga memerlukan makanan lembut seperti lansia.

          Baca Juga: Culture Shock Kuliah di Korea Bagi Pelajar Indonesia

Nah Hunters, banyak sekali culture shock di Indonesia yang bikin orang asing kaget. Selain penjelasan di atas, masih banyak culture shock lainnya.

Sebagai masyarakat Indonesia ketika sedang berinteraksi dengan wisatawan asing, baiknya berilah penjelasan jujur mengenai khas sebagian orang Indonesia dan mau menghargai budaya di Indonesia. Semoga Hunters sudah paham mengenai culture shock dan dapat membantu wisatawan asing saat berkunjung ke Indonesia, ya!

Siap Mendaftar Beasiswa Impianmu?

Masih ragu atau sudah yakin bisa menaklukkan beasiswa incaran kamu? Konsultasikan keraguan kamu kepada konsultan experts Schoters.

Study Abroad with Schoters

Ingin mendapatkan program bimbingan persiapan beasiswa yang paling tepat untuk kamu? Dapatkan program terbaik di sini.