ISRA Global Scholarship, Beasiswa Untuk Bidang Islamic Finance

Info Beasiswa, 23 Sep 2022

Ingin melanjutkan studi S2 dan S3 dengan beasiswa di bidang Islamic Finance

ISRA Global Scholarship adalah beasiswa yang diberikan oleh ISRA (International Shari’ah Research Academy for Islamic Finance) dengan pendanaan dari Bank Negara Malaysia (BNM) kepada calon mahasiswa S2 dan S3 yang berminat melanjutkan studi di bidang Islamic Finance atau keuangan syariah. Secara garis besar, beasiswa ini diberikan sebagai salah bentuk komitmen BNM untuk mendukung pengembangan industri keuangan syariah melalui pengembangan potensi di bidang pendidikan dan penelitian serta peningkatan publikasi akademik di bidang industri keuangan syariah.

ISRA Global Scholarship terbuka bagi calon mahasiswa S2 dan S3 dari seluruh negara yang berkeinginan untuk menempuh studi di bidang Shari’ah atau keuangan syariah di perguruan tinggi di Malaysia selama paling lama 3 (tiga) tahun untuk pelamar PhD dan 2 (dua) tahun untuk pelamar Master. Sebagai catatan, penerima beasiswa tidak akan terikat dengan ISRA atau BNM setelah periode studi selesai, namun penerima beasiswa diharapkan untuk dapat bekerja di industri terkait keuangan syariah.

Kategori Beasiswa ISRA Global Scholarship

Terdapat 2 jenis kategori beasiswa yang ditawarkan melalui ISRA Global Scholarship yaitu :

  1. Full Scholarship untuk level PhD dan Master

    Penerima full scholarship akan mendapatkan bantuan pembiayaan uang kuliah (tidak termasuk biaya pendaftaran perguruan tinggi, biaya refundable deposit dan biaya jaminan pribadi yang harus dikeluarkan saat mencari akomodasi di Malaysia), bantuan biaya hidup selama periode studi di Malaysia, bantuan biaya buku, bantuan biaya peralatan kuliah lainnya, bantuan biaya mengikuti konferensi serta bantuan biaya penyusunan tesis di akhir masa studi.
  2. Partial Scholarship untuk jenjang Master

    Penerima partial scholarship akan mendapatkan bantuan pembiayaan uang kuliah (tidak termasuk biaya pendaftaran perguruan tinggi, biaya refundable deposit dan biaya jaminan pribadi yang harus dikeluarkan saat mencari akomodasi di Malaysia) dan bantuan biaya buku yang digunakan selama periode studi.

          Baca Juga: Daftar Beasiswa? Hindari Kesalahan Berikut

Persyaratan Umum

  1. Mendapatkan gelar sarjana di bidang Shari’ah dari perguruan tinggi lokal atau internasional yang diakui. Pemegang gelar sarjana di biang Shari’ah, Muamalah, Jurisprudensi, Hukum Islam, Fiqh, Usul al-Fiqh atau bidang lainnya terkait Studi Islam dapat juga melamar untuk beasiswa ini. Pelamar yang memiliki pengalaman kerja minimal 2 (dua) tahun di bidang Shari’ah di institusi keuangan syariah juga akan dipertimbangkan.   
  2. Sudah mendapatkan surat penawaran atau sedang menempuh studi Doktoral penuh waktu di bidang Shari’ah, keuangan syariah atau bidang lainnya yang setara di perguruan tinggi di Malaysia
  3. Memiliki nilai IPK minimal 3.5 (dalam skala 4), 4.5 (dalam skaal 5), 80% (dalam skala 100%), pass with distinction atau yang setara
  4. Memenuhi persyaratan kemampuan bahasa Inggris yang ditetapkan oleh program tujuan masing-masing
  5. Pelamar tidak boleh menjadi penerima beasiswa atau bantuan keuangan lainnya

          Baca Juga: Tips Lolos Seleksi Beasiswa

Dokumen Pendukung Yang Diperlukan

Beberapa dokumen pendukung yang dibutuhkan untuk ISRA Global Scholarship adalah:

  1. Formulir pendaftaran yang sudah diunduh terlebih dahulu
  2. Kopi letter of offer atau surat resmi dari perguruan tinggi negeri tujuan yang menyatakan bahwa pelamar sudah diterima untuk kuliah di bidang studi terkait pada perguruan tinggi tersebut
  3. Kopi ijazah dan transkrip jenjang pendidikan S1 dan S2
  4. Kopi kartu identitas penduduk (dapat menggunakan KTP/Paspor)
  5.  Dua surat rekomendasi
  6. Bagi pelamar program researcher, coursework dan research, menyertakan kopi proposal penelitian untuk thesis yang berhubungan dengan Mualamat atau Keuangan Syariah.

Seluruh dokumen untuk ISRA Global Scholarship dapat dikirimkan secara langsung atau melalui pos dan jasa kurir ke alamat :

ISRA Global Scholarship Award

International Shari’ah Research Academy for Islamic Finance (ISRA)

ISRA@INCEIF, Lorong Universiti A,59100 Kuala Lumpur

lolos beasiswa isra global scholarship

Konsultasikan Persiapan Beasiswa Luar Negeri

Nah, itulah informasi tentang ISRA Global Scholarship untuk Hunters yang ingin melanjutkan S2 maupun S3 di bidang Islamic Finance. Sebagai peneman langkah study abroad Hunters, Minters memperkenalkan Schoters sebagai jasa layanan tes beasiswa yang telah berpengalaman belasan tahun untuk merangkul banyak Scholarship Hunters untuk mencari beasiswa terbaik sesuai kebutuhan. 

Schoters telah dipercaya oleh ribuan alumni dan telah berhasil menerbangkan Scholarship Hunters ke 43 negara di dunia. Ditunjang dengan 500+ mentor terbaik, Hunters akan dibimbing dan didampingi untuk menentukan pilihan studi lanjutan yang sesuai dengan minat dan bakat. Mau rekomendasi beasiswa yang cocok dan sesuai profil kamu? -> Dapatkan rekomendasinya dari mentor expert Schoters!

Dapatkan juga bantuan untuk melengkapi berkas pendaftaran beasiswa lewat berbagai layanan dari Schoters.

bimbingan kuliah luar negeri

Selamat mencoba!