7 Jurusan Kuliah dengan Peluang Tertinggi Kerja di Luar Negeri

Jika Hunters ingin kerja di luar negeri, itu berarti, jurusan kuliah ini cocok untuk kamu. Sebab, jurusan ini merupakan jurusan kuliah dengan peluang tertinggi kerja di luar negeri.

Lantas, apa saja, sih, jurusan dengan peluang tertinggi kerja di luar negeri? Untuk mengetahui hal tersebut, yuk, simak ulasannya di bawah ini!

7 Jurusan Kuliah dengan Peluang Tertinggi Kerja di Luar Negeri

1. Hubungan Internasional

Hubungan Internasional merupakan jurusan kuliah yang mempelajari hubungan antaraktor yang ada di dalam aktivitas hubungan internasional. Aktor-aktor tersebut terbagi menjadi dua macam, yakni aktor negara (state actor) dan aktor non-negara (non-state actor)

Hubungan Internasional termasuk jurusan kuliah dengan peluang tertinggi kerja di luar negeri. Sebab, jika Hunters lulus dari jurusan ini, kamu memiliki kesempatan yang besar untuk berkarier sebagai diplomat yang ditugaskan di luar negeri. Selain bekerja sebagai diplomat, saat lulus dari jurusan Hubungan Internasional, Hunters juga bisa bekerja sebagai pegawai di organisasi internasional.

2. Penerbangan

Jurusan Penerbangan merupakan jurusan yang mempersiapkan seseorang untuk menjadi pilot. Jurusan ini juga termasuk jurusan kuliah dengan peluang tertinggi kerja di luar negeri. 

Sebab, jika Hunters menjadi seorang pilot, kamu bisa bekerja di maskapai penerbangan luar negeri yang ada di berbagai negara. Beberapa di antaranya, seperti Fly Emirates, Singapore Airlines, Qatar Airways, dan masih banyak lagi.

3. Sastra dan Bahasa

Jika Hunters masuk jurusan Sastra dan Bahasa, tentunya, kamu akan mempelajari bahasa asing dari suatu negara tertentu. Selain itu, di jurusan ini, kamu juga akan mempelajari kondisi sosial budaya dari suatu negara tertentu.

Sama dengan jurusan Hubungan Internasional dan jurusan Penerbangan, jurusan Sastra dan Bahasa juga termasuk jurusan kuliah dengan peluang tertinggi kerja di luar negeri. Sebab, jika Hunters masuk jurusan ini, kamu bisa menjadi diplomat penerjemah yang bertugas di Kantor Kedutaan Besar Republik Indonesia yang ada di seluruh dunia. 

4. Jurnalistik

Jurnalistik merupakan jurusan kuliah yang mempelajari bagaimana sebuah media, baik luring maupun daring bekerja untuk memproduksi sebuah berita. Selain itu, jurusan ini juga mempelajari teknik reportase berita, penulisan berita, hingga penyuntingan sebuah berita.

Jurusan Jurnalistik juga termasuk jurusan kuliah dengan peluang tertinggi kerja di luar negeri. Sebab, seorang lulusan jurusan Jurnalistik berpeluang untuk bekerja di media-media yang ada di luar negeri, seperti Al Jazeera, VoA News, CNN, Reuters, dan masih banyak lagi.

 

Baca Juga: Info Lengkap Kerja di Luar Negeri

 

5. Teknik Informatika

Jika Hunters masuk jurusan Teknik Informatika, kamu akan mempelajari segala hal yang berbau teknologi, seperti pemrograman, sains data, ilmu komputer, dan lain sebagainya.

Sama dengan jurusan-jurusan sebelumnya, jurusan Teknik Informatika juga termasuk jurusan kuliah dengan peluang tertinggi kerja di luar negeri. Sebab, banyak perusahaan, termasuk perusahaan luar negeri yang membutuhkan kemampuan seorang lulusan Teknik Informatika untuk ,membuat sebuah program komputer.

Jika Hunters berkuliah di jurusan Teknik Informatika, saat lulus nanti, kamu berpeluang untuk bekerja di perusahaan-perusahaan teknologi, seperti Apple, Google, Microsoft, dan lain sebagainya.

6. Perfilman

Jika Hunters masuk jurusan perfilman, kamu akan mempelajari berbagai hal yang terkait dengan proses perencanaan, produksi, hingga perilisan sebuah karya film. 

Jurusan Perfilman juga termasuk salah satu jurusan kuliah dengan peluang tertinggi kerja di luar negeri. Sebab, lulusan jurusan Perfilman berpeluang besar untuk bekerja di rumah produksi film ternama yang ada di luar negeri. Beberapa di antaranya, seperti Walt Disney, Warner Bros, Universal Studio, dan Paramount Pictures.

7. Animasi

Jurusan Animasi merupakan jurusan yang mempelajari teknik pembuatan animasi, baik yang berbentuk 2 dimensi (2D) atau 3 dimensi (3D). Jurusan ini mempersiapkan para mahasiswanya untuk menjadi seorang animator.

Sama dengan jurusan Perfilman, jurusan Animasi juga merupakan jurusan kuliah dengan peluang tertinggi kerja di luar negeri. Sebab, saat kamu menjadi animator, kamu berpeluang untuk bekerja di studio animasi ternama di luar negeri. Beberapa di antaranya, seperti Pixar Animation Studio, Walt Disney Animation Studio, Dreamworks Animation Studio, dan Warner Bros.

Jurusan Lain dengan Peluang Tertinggi Kerja di Luar Negeri

Selain jurusan-jurusan di atas, jurusan kuliah lainnya juga punya peluang yang sama untuk kerja di luar negeri. Itu bergantung pada kualifikasi dan kemampuan yang Hunters kembangankan selama berada di jurusan tersebut. 

Dengan kata lain, jika Hunters memiliki prestasi dan kemampuan kerja yang baik, bukan tidak mungkin kamu bisa bekerja di luar negeri di perusahan yang kamu inginkan. 

Rekomendasi Bimbingan Persiapan Kerja di Luar Negeri

Ingin kerja di luar negeri? Yuk, konsultasi dengan konsultan expert Schoters agar persiapan kerja di luar negerimu makin terarah.

Butuh program lain untuk persiapan kerja di luar negeri? Cek program Work Abroad Academy dari Schoters untuk bimbingan persiapanmu, dijamin terlengkap.