Jurusan Teknik Informatika: Mata Kuliah dan Prospek Karir

Akhir-akhir ini, jurusan Teknik Informatika banyak diincar karena dianggap memiliki prospek karir yang menjanjikan di era digitalisasi saat ini. Tapi, apakah jurusan Teknik Informatika benar-benar cocok untuk Hunters? Yuk ikuti selengkapnya artikel di bawah ini biar Hunters nggak salah jurusan!

 

Selayang Pandang Jurusan Teknik Informatika

Secara garis besarnya, jurusan Teknik Informatika mempelajari tentang permasalah dan desain solusi untuk sistem digital dari sudut pandang matematika dan teknik. Jurusan Teknik Informatika sendiri masih terkait dengan jurusan Teknik Komputer, Rekayasa Perangkat Lunak, dan lain sebagainya.

Beberapa perbedaan tersebut biasanya mengikuti kebijakan kampus dan kurikulum belajar yang akan dilalui nantinya. 

 

Apa yang dipelajari di Jurusan Teknik Informatika?

Saat belajar di jurusan Teknik Informatika, Hunters akan mempelajari logika dan matematika, hardware, bahasa pemrograman, cyber security, artificial intelligence, robot, dan lain sebagainya. Jadi, jurusan Teknik Informatika tidak hanya terbatas dengan menjadi web developer saja ya, masih banyak bidang dan industri yang membutuhkan jurusan Teknik Informatika saat ini.

 

Skills yang Dimiliki Setelah Lulus dari Jurusan Teknik Informatika

Sebagai mahasiswa jurusan Teknik Informatika, banyak hal di luar buku dan mata kuliah yang harus Hunters pelajari agar bisa tetap relevan, terlebih ketika sedang mencari pekerjaan. Berikut skills yang harus Hunters dapatkan setelah lulus!

1. Bahasa pemrograman

Setiap tahunnya, akan selalu ada bahasa baru. Untuk itu akan sangat berguna bagi Hunters untuk bisa familiar dengan bahasa-bahasa yang sedang trend. Namun, selain mencoba banyak bahasa pemrograman, pastikan kamu memiliki bahasa pemrograman yang benar-benar dikuasai dan portofolio yang mumpuni.

2. Cloud computing

Di era serba online, familiarkan dirimu dengan Amazon Web Services (AWS), Microsoft Azure, dan Google Cloud Platform yang banyak dipakai di dunia kerja. 

3. Pengetahuan di API (Application Programming Interface)

Jika Hunters tertarik untuk masuk ke industri Financial Technology, maka mempelajari API akan sangat berguna untukmu. Jadi, familiarkan dirimu dengan teknologi ini, ya.

4. Memahami alur SDLC

Selain perihal teknis di atas, Hunters sudah memahami alur Software Development Life Cycle atau yang lebih dikenal sebagai SDLC. Dengan memahami konsepnya, akan lebih mudah bagimu untuk beradaptasi dengan projek kantor. 

5. Komunikasi dan kerja sama tim

Hal lain yang tak kalah penting adalah kemampuan komunikasi dan kerja sama tim. Meski terdengar sepele, jangan anggap remeh keterampilan ini ya dan asah dirimu mulai dari sekarang.

 

Tertarik kuliah di jurusan Teknik Informatika dan ingin berkonsultasi lebih lebih lanjut dengan konsultan expert? Schoters bisa bantu kamu mulai dari persiapan memilih jurusan, beasiswa, persiapan dokumen, hingga interview. Silakan klik tombol “Konsultasi Kuliah di Luar Negeri” di bawah ini dan kamu bisa bebas tanya apapun👇

[Schoters] Form Konsultasi Harvester

 

Prospek Karir Jurusan Teknik Informatika

Seperti yang sudah disampaikan di atas, pada saat ini dunia sudah mulai berubah dan makin banyak perusahaan dan lembaga yang beralih ke era digital. 

Hal ini dilakukan untuk menjadikan proses bisnis mereka lebih efektif melalui sistem yang dapat mereka akses di perangkat masing-masing. Permasalah inilah yang akan dipecahkan oleh jurusan Teknik Informatika. Adapun beberapa pilihan posisi yang sedang banyak dicari saat ini antara lain:

  1. Software Engineer
  2. System Analyst
  3. Network Administrator
  4. IT Consultant
  5. Cloud Architect
  6. IT Support Analyst
  7. Computer Forensic Investigator
  8. Database Administrator
  9. Game Developer
  10. Network Engineer
  11. Web Designer
  12. Security Analyst
  13. Security Architect
  14. Security Engineer, dan lain sebagainya

Bagi Hunters yang ternyata tidak terlalu suka dengan bahasa pemrograman, ada jalur karir non-coding yang tetap diperlukan oleh perusahaan, lho! Berikut diantaranya:

  1. QA Engineer
  2. UI/UX Designer
  3. Tech Recruiter
  4. Company Research Analyst

Cukup luas bukan prospek karir di jurusan Teknik Informatika?

 

Baca Juga: Belajar Teknik Informatika di Jerman, Yuk! Cek Info Beasiswanya disini

 

Rekomendasi Bimbingan Persiapan Lolos Universitas Luar Negeri

Ingin mengambil jurusan Teknik Informatika di universitas luar negeri? Yuk konsultasi dengan konsultan expert Schoters agar persiapan studi dan beasiswamu lebih terarah. 

Butuh program lain untuk persiapan beasiswa dan masuk universitas luar negeri? Cek program terbaik dari Schoters untuk bimbingan persiapanmu, dijamin terlengkap.

[Schoters] Form Konsultasi Harvester